Loading...

Wisata menarik di sekitar gunung Merapi. (Foto: laurence ashdown/unsplash)Wisata menarik di sekitar gunung Merapi. (Foto: laurence ashdown/unsplash)

Merapi punya segudang cerita. Selain sejarah panjang tentang proses erupsinya dari masa ke masa, Gunung Merapi juga jadi tujuan wisata karena panoramanya yang selalu memukau, meski setelah awan panas dan semburan abu meluluhlantakkan kehidupan di sekitarnya.

RedTraveler pernah menjelajah wisata Gunung Merapi? Kalau kamu berkunjung 2-3 tahun sekali, rasanya kamu bakal ketinggalan banyak tempat baru, sih. Di bawah ini ada beberapa tempat wisata baru di sekitaran Merapi. Coba cek yuk, lalu tandai mana yang sudah kamu kunjungi, mana yang belum, dan mana yang jadi favoritmu

##1. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi. (Foto: Eugenia Clara/unsplash)Lava Tour Merapi. (Foto: Eugenia Clara/unsplash)

Pascaerupsi 2010 lalu, Lava Jeep Tour di kawasan Wisata Merapi ini amat berkembang. Memang wisatawan harus merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati opsi yang satu ini, tapi sesekali menikmati Merapi dengan sedikit tantangan mobil offroad gini, boleh lah.

Harga: Rp350.000,- sampai Rp600.000,- tergantung rute.

##2. Merapi Park

Merapi Park berisi berbagai miniatur landmark negara dari seluruh penjuru dunia, yang terletak dalam satu taman yang luas. Miniatur tersebut dikelilingi oleh rerumputan dan bunga yang tertata rapi. Suasananya jadi nyaman, cocok juga buat piknik tipis-tipis, RedTraveler.

Harga: Rp20.000,- untuk masuk area world landmark. Rp10.000,- untuk masuk kids waterpark.

##3. Museum Gunung Merapi

Tempat wisata di kaliurangTempat wisata di kaliurang : Museum Gunung Merapi

Bukan sekadar bersenang-senang, di Museum Gunung Merapi kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang sejarah erupsi Gunung Merapi yang lebih komprehensif dalam berbagai medium. Selain itu, ada ruang teater khusus yang memutarkan film dokumenter tentang erupsi gunung Merapi, lho. Wajib kamu tonton, RedTraveler!

Harga: tiket masuk Rp5.000,- tiket theater Rp5.000,-

Nginep di RedDoorz near Museum Gunung Merapi

##4. The Lost World Castle

Berlokasi di Cangkringan, The Lost World Castle menyajikan keindahan lanskap Gunung Merapi di belakang benteng. Ada banyak spot menarik di area ini, di antaranya; taman koboi, sayap bidadari, awan putih, hingga sepeda motor terbang. Tempat ini juga asyik buat foto-foto, lho!

Harga: Rp60.000,-

##5. Stonehenge Merapi Cangkringan

tempat wisata di Kaliurangtempat wisata di Kaliurang : Stonehenge Merapi

Stonegenge Merapi adalah replika Stonehenge, susunan batu prasejarah yang terletak di Inggris. Di sini, kamu nggak akan kehabisan spot bagus buat difoto!

Harga: tiket masuk Rp10.000,-

##6. Museum Ullen Sentalu

Masih di kawasan wisata Merapi, cobalah mampir ih Ullen Sentalu untuk melihat perkembangan peradaban seni dan budaya Jawa. Bangunan klasik di antara rimbun pepohonan di sana memberikan suasana nyaman saat berkeliling mendengarkan pemandu menjelaskan barang-barang bersejarah yang terpajang di sana.

Harga: Wisatawan domestik Rp40.000,- (dewasa), Rp20.000 (anak). Mancanegara Rp100.000,- (dewasa), Rp60.000,- (anak).

##7. Taman Wisata Kaliurang

Terletak di kaki Gunung Merapi, Taman Wisata Kaliurang cocok banget buat kamu yang mau santai atau piknik beramai-ramai. Ada banyak fasilitas di sana, mulai dari area outbond sampai pusat kuliner.

Harga: Tiket masuk; Rp8.000,-

Cari RedDoorz di Sekitar Jalan Kaliurang

##8. Bunker Kaliadem

Ruang dalam tanah dengan balutan struktur beton yang kukuh jadi andalan kala Merapi sedang erupsi. Namun, pada erupsi 2006 silam dua relawan yang berlindung di sini ditemukan meninggal dunia, dan bunker ini tak lagi diandalkan termasuk pada erupsi 2010 lalu. Kini bunker Kaliadem jadi salah satu destinasi wisata. Kamu bisa mendatanginya kalau menyewa jeep untuk Lava Tour Merapi.

Harga: Tidak dikenakan biaya

##9. Museum Sisa Hartaku

https://www.instagram.com/p/BGMsZ1YzKbP/

Rumah seorang warga yang habis disapu awan panas pada erupsi 2010 silam, kini jadi saksi betapa dahsyatnya letusan Merapi. Dindin yang terbakar, barang-barang hangus dan meleleh, bahkan tulang belulang hewan ternak yang tak mampu selamatkan diri kala itu, ada di sana. Datang ke sana, hawa sedih pasti nggak terhindarkan, RedTraveler.

Harga: gratis.

##10. Makam Mbah Maridjan

Juru Kunci Merapi ini turut jadi korban erupsi Merapi 2010. Ia bersikukuh enggan dievakuasi karena harus "menjaga" area tersebut sesuai perintah yang diberikan kepadanya. Mbah Maridjan adalah sosok yang dihormati, termasuk oleh sang Raja. Kini ia dimakamkan di sisi kakeknya yang dulunya juga seorang kuncen Merapi.


Pagi ini, Selasa 3 Maret 2020, Gunung Merapi erupsi lagi. Warga Yogyakarta dan sekitarnya mungkin sudah 'terbiasa' menghadapi situasi seperti ini, dan tetap melanjutkan aktivitas seperti biasa selagi belum ada larangan dari pemerintah.

Berbeda dengan wisatawan, RedTraveler. Kalau kamu berencana berwisata ke Yogyakarta, khususnya area Gunung Merapi, baiknya cek status keamanan dari badan resmi pemerintahan, serta cari informasi apakah lokasi wisata tersebut masih melayani turis, atau ditutup sementara waktu. Sayang banget, kan, kalau kamu sudah menempuh perjalanan jauh ke atas, ternyata nggak bisa menikmati apa-apa karena ditutup?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×