Loading...

*Manfaatkan teknologi video call buat silaturahmi sama keluarga saat nggak bisa mudik lebaran. (Foto: Photo by Gabriel Benois on Unsplash)

Mudik lebaran nggak bisa direalisasikan pada Idulfitri 1441 tahun ini akibat pandemi, tapi tenang aja! Silaturahmi masih tetap bisa dilakukan meski nggak bertatap wajah langsung kok. Berbeda? Tentu. Nggak usah dipikirin bedanya, anggap aja ini salah satu cara kita beradaptasi untuk bertahan melewati masa pandemi.

Nah, biar tetep bisa 'kumpul' sama keluarga meski nggak bisa mudik lebaran, dari sekarang coba kamu siapin aplikasi yang bisa dipake video call rame-rame pas Hari Raya Idulfitri nanti, deh. Selain sebagai pengganti meeting resmi untuk urusan profesional, kamu juga bisa manfaatkan video call itu buat silaturahmi online sama keluarga. Pada dasarnya kan, teknologi memang diciptakan untuk memudahkan hidup manusia. Setuju nggak, RedTraveler?

Baca: Ramadan Segera Berakhir, Ini yang Harus Dipersiapkan Anak Kost untuk Idulfitri

Buat memudahkan kamu, berikut ini RedDoorz rekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan buat video call sama keluarga sebagai pengganti mudik lebaran. Lengkap sama caranya! Yuk simak.

##Aplikasi Video Call Buat Pengganti Mudik Lebaran

###Zoom

Aplikasi yang satu ini sepertinya paling jadi andalan selama ada kebijakan WFH beberapa bulan belakangan. Kamu bisa pakai secara gratis dengan anggota percakapan sampai dengan 1000 orang. Perlu diingat, aplikasi video call Zoom yang gratis ini memiliki batas waktu 40 menit sekali percakapan. Tapi untuk silaturahmi sama keluarga, segitu lebih dari cukup lah.

###Google Meet

Aplikasi ini juga udah cukup OK buat video call meski gratisan. Nilai plusnya, untuk menggunakan aplikasi ini kamu nggak perlu mendaftar akun baru di platform baru lagi. Karena kalau sudah pakai smartphone, semua pasti punya akun Google, kan? Nah, tinggal download aplikasinya, lalu sign in deh.

###Skype

Skype ini semacam pemain lama di video call. Sampai sekarang masih bisa kamu pakai secara gratis tanpa batas peserta, serta memiliki durasi waktu yang panjang. Tapi kurangnya, aplikasi yang satu ini akan melambat jika selama video call fitur emoji dan chat juga digunakan.

###WhatsApp Video

Aplikasi ini juga umum dipakai kebanyakan masyarakat di Indonesia. Sayangnya, WhatsApp call cuma bisa menampung empat peserta saja. Jadi kalau untuk silaturahmi keluarga besar yang lebih dari empat anggota, hmmm, nggak bisa. Pakai aplikasi yang sebelumnya RedDoorz sebut aja.

Gimana persiapan Idulfitri tanpa mudik lebaran versi kamu, RedTraveler?