Loading...

Tips menghindari stres selama social distancing. (Photo by Ethan Sykes on Unsplash)Tips menghindari stres selama social distancing. (Photo by Ethan Sykes on Unsplash)

Pandemi coronavirus bukan cuma menimbulkan ancaman bagi kesehatan fisik kita semua, tapi juga kesehatan mental. Penyebaran yang kian luas, berita-berita di tv atau media online, juga beragam informasi dari media sosial akan turut menyumbang stres bagi segelintir orang secara signifikan, terutama bagi mereka yang punya masalah kesehatan mental. Belum lagi, kita mau nggak mau harus social distancing alias jaga jarak dengan orang lain dan membuat interaksi jadi terbatas. Pasti rasanya mumet banget! Kamu udah mulai ngerasa gitu atau belum, RedTraveler?

Baca juga: Tips Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dalam 5 Langkah

Nah, terkait hal tersebut, WHO memberikan tips menghindari stres selama social distancing, yakni;

1) Coba untuk ngobrol dengan orang yang kamu percaya, entah itu pasangan, keluarga, atau sahabat. Nggak perlu secara langsung, kamu bisa chat, telp, atau video call biar terasa lebih seperti lagi ngobrol langsung. Ngobrolin apa aja, yang penting kamu berkomunikasi dengan orang lain dan fokusmu bisa teralihkan.

2) Usahakan terapkan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan sampai pola tidur. Jangan bablas nonton serial sampai pagi mentang-mentang kamu nggak mesti berangkat ke kantor. Usahakan tidur di jam normal dengan durasi cukup, makan makanan sehat, dan workout di rumah walau 10 menit. Pola hidup sehat cukup esensial dalam tips menghindari stres, lho.

Baca juga: Bahan Makanan yang Cocok Jadi Stok Saat Social Distancing

3) Buat screen time untuk membatasi arus informasi. Mencari berita terbaru memang perlu, tapi nggak perlu setiap saat ya RedTraveler. Buat batasan misal 2-3 jam per hari untuk mencari berita seputar coronavirus di Indonesia atau di tempat tinggalmu. Selebihnya, cari kegiatan lain dan sibukkan diri!

4) Me time! Selesaikan pekerjaan, istirahat, dan cari hiburan sesuai waktunya. Jangan mentang-mentang bawa kerjaan ke rumah lalu waktu selama di rumah dimanfaatkan untuk kerja. Kamu juga harus istirahat, dan me time itu penting! Apa sih kegiatan di rumah yang bikin kamu senang? Nonton film? Main musik? Baca? Main game? Masak? Menulis? Do it!

5) Cari bantuan jika dibutuhkan. Bagi beberapa orang, kondisi ini akan terasa amat berat. Jika kamu mulai merasakan cemas berlebih, susah tidur, dan pola hidup mulai bergeser ke arah nggak sehat; jangan ragu untuk hubungi doktermu.

Di tengah kondisi ini semua orang memang menanggung beban tambahannya masing-masing, tapi cobalah untuk lebih peka dan peduli. Rajin menginisiasi komunikasi ke teman-teman, untuk sekadar say hidi chat atau memberi tanggapan atas cuitannya di media sosial, atau bagikan hal-hal menyenangkan yang bisa menghibur banyak orang. Yang terpenting, RedDoorz masih nggak akan bosan ingetin kamu buat tetap jaga diri dan #SalingJaga dengan orang-orang terdekat, ya.

Cropped fav logo@2x