Loading...

Travel itinerary. (Photo by Dariusz Sankowski on Unsplash)Travel itinerary. (Photo by Dariusz Sankowski on Unsplash)

Melancong dengan travel itinerary lengkap memang bukan “gaya” semua orang, beberapa lebih senang mengeksplorasi destinasi secara spontan ketika liburan. Kalau kamu, #TimItinerary atau #TimSpontan ketika traveling, RedTraveler?

Termasuk ke tim manapun kamu, kalau mau ikutan kompetisi #RedzolusiSquad itinerary adalah sebuah kewajiban. Supaya bisa menang liburan jalan-jalan dibayarin RedDoorz, syarat utamanya adalah kamu harus setor itinerary lengkap. sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

Baca juga: Perhatian! Ada Perubahan Tujuan Kompetisi #RedzolusiSquad

Waktu submission-nya masih ada sekitar 2 minggu. Kamu sudah submit itinerary kamu, belum? Kalau masih bingung, kamu bisa cek tips bikin travel itinerary di bawah ini, siapa tau jadi dapat pencerahan buat ikutan #RedzolusiSquad. Yuk, disimak!

##7 Langkah Membuat Travel Itinerary untuk Liburan yang Efisien

Tentukan Durasi Liburan

Durasi ini akan menentukan berapa banyak tempat yang bisa kamu eksplorasi. Jadi, yang harus dilakukan pertama adalah pastikan berapa panjang waktu yang kamu punya. Selanjutnya, jumlah hari itu akan jadi patokan.

Tentukan destinasi utamanya

Mulailah dari memilih kota mana yang kamu kamu datangi. Boleh pilih dulu 2 atau 3 opsi, sesuaikan dengan waktu keberangkatan sambil cek kalender pariwisata; siapa tau ada acara menarik yang membuat salah satu dari opsi yang ada itu paling pas dikunjungi di waktu yang telah kamu tentukan buat liburan. Kalau udah kepilih satu kota, langsung cek moda transportasi yang tersedia untuk menuju ke sana, berapa harga tiketnya, dan berapa lama waktu tempuhnya.

Memilih destinasi untuk buat travel itinerary. (Photo by Element5 Digital on Unsplash)Memilih destinasi untuk buat travel itinerary. (Photo by Element5 Digital on Unsplash)

Cari tahu tempat-tempat yang menarik di sana

Next, setelah menentukan kotanya, lanjut observasi destinasi wisata apa aja yang ada di sana. Dalam rangka bikin intinerary, ini harus kamu lakukan dengan benar-benar detail, RedTraveler. Mulai dari baca review, harga tiket masuk (jika ada), akses, sampai what to do di lokasi. 

Cek lokasi-lokasinya di digital maps

Udah berhasil mengumpulkan nama-nama tempat wisata menarik di kota tujuan? Selanjutnya, explore via google maps! Ini penting untuk menentukan rute perjalananmu demi efisiensi waktu. Kamu juga jadi bisa memetakan, dalam satu hari mana saja yang bisa kamu kunjungi. 

Tentukan jenis kendaraan yang akan digunakan

Setelah menyusun daftar tempat wisata yang mau dikunjungi berdasarkan lokasi, jarak, dan waktu tempuh, kamu akan semakin mudah menentukan kendaraan apa yang akan digunakan untuk mobilitas selama di sana. Cek juga estimasi tarifnya. Always go for public transportation if it’s available and cheaper. Tapi kalau ternyata malah jadi repot dan mahal, pertimbangkan untuk sewa motor atau mobil dengan syarat; kumpulkan lokasi wisata yang searah untuk ditempuh dalam satu waktu. Jadi akan tetap hemat.

Kulik Informasi dari yang berpengalaman

Mungkin kamu punya teman atau kenalan yang kebetulan pernah eksplor tempat yang ingin kamu kunjungi. Atau kamu juga bisa berselancar di internet untuk cari konten-konten travel dari orang-orang yang berpengalaman. Lumayan buat inspirasi! Jadi begitu tiba di lokasi, kamu nggak buta-buta banget sama kondisi di areanya.

Mulai beli tiket transportasi deh!

Sebenarnya beli tiket pesawat bisa di awal-awal, tapi di akhir setelah itinerary tersusun juga lebih bagus karena kamu jadi kamu bisa memilih waktu kepulangan yang longgar agar nggak terburu-buru.

Note: usahakan selalu membuat rencana keuangan dengan detail, termasuk budget untuk makan, jajan, dan oleh-oleh. Ini penting untuk menghindari pembengkakan biaya selama perjalanan. Jadi, nggak ada tuh "biaya tak terduga" yang ujung-ujungnya dipake buat sehari-hari aja.

Selamat mencoba, RedTraveler! Good luck buat #RedzolusiSquad-nya!