Loading...

Lulus kuliah juga setelah perjalanan panjang menyelesaikan skripsi bukan akhir dari segala perjuangan, karena kamu akan memasuki fase baru sebagai job seekers. Buat para fresh graduate, nyari kerja emang sedikit menantang. Tapi tantangan tersebut bukan alasan untuk menyerah! Justru kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya biar kalau ada panggilan interview kerja datang, kamu bisa melewatinya dengan sempurna!

Interview kerja buat fresh graduate emang jadi momen yang bikin tegang. Wajar kok, namanya juga belum punya banyak pengalaman. Bingung-bingung dikit tentang pertanyaan apa aja yang kira-kira akan muncul, gimana cara menjawab yang benar, sampai soal pakaian pas interview itu sangat mungkin dihadapi.

Baca juga: 4 Cara Bikin kamar Kost Nyaman Seperti di Rumah

Well, daripada kebanyakan bingung dan nggak melakukan apa-apa, mending pelajari hal-hal yang biasa muncul saat interview kerja dan bagaimana persiapan menghadapinya. Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan interview, lho. 

Tips Sukses Interview Kerja Buat Fresh Graduate 

tips sukses interview kerja untuk fresh graduate
               tips sukses interview kerja untuk fresh graduate. (Photo by Christina @ wocintechchat.com)

Cari Tau Pertanyaan yang Mungkin Ditanyakan

Penting banget cari tau pertanyaan-pertanyaan apa aja yang biasanya ditanyain recruiter. Karena masih fresh graduate biasanya kamu disuruh ceritain tentang dirimu. Kamu bisa menjawabnya dengan menjelaskan latar belakang pendidikan, pengalaman internship, berorganisasi, atau jadi panitia event waktu kuliah dulu. Kamu juga akan ditanya terkait skill yang kamu tulis di dalam CV. Lalu, biasanya pertanyaan pamungkasnya adalah tentang alasan kamu melamar kerja di perusahaan itu. Ingat ya, semua pertanyaan harus kamu jawab dengan lugas dan percaya diri!

Latihan di Depan Cermin

Dengan gambaran pertanyaan tadi, coba rangkai jawabannya udah dapet daftar pertanyaannya sekarang saatnya kamu berlatih menjawab pertanyaan tersebut di depan cermin. Kalau perlu, sambil rekam menggunakan ponsel biar bisa kamu review setelahnya! Cara ini bisa membantumu memilih gesture tubuh yang tepat serta mengevaluasi kekurangan yang kamu miliki. 

Pilih Pakaian yang Sopan dan Nyaman

Pakaian juga menjadi salah satu poin yang dinilai recruiter waktu interview kerja. Kamu harus bisa menyesuaikan pakaian tergantung perusahaan apa yang kamu lamar. Misalnya kalo di perbankan kamu harus berpakaian formal dengan kemeja dan celana bahan serta sepatu pantofel. Sedangkan kalo di start up kamu bisa agak lebih santai dengan busana yang lebih casual, selama tetap sopan. 

Datang Tepat Waktu

Mau sebagus apapun kualitas kamu, tepat waktu adalah hal yang paling pertama dinilai! Jangan datang ke tempat interview mepet waktu janjian. Lebih baik kamu tiba 30-40 menit lebih awal dan pastikan kamu beritahu kedatanganmu. Nggak masalah menunggu, kamu bisa gunakan waktu untuk mempersiapkan penampilan maupun mental kamu menghadapi interview yang sudah di depan mata.

Bawa Berkas yang Diperlukan

Beberapa perusahaan meminta kamu bawa berkas-berkas tertentu saat interview. Pastikan kamu mempersiapkan dan membawanya di hari-H! Kalaupun nggak diminta, bawa aja beberapa berkas seperti hardcopy CV, resume, dan portfolio. Ini bisa jadi nilai plus karena recruiter akan melihat kesiapan serta antusias kamu menjawab panggilan interview ini.

Inti dari segalanya adalah persiapan. Meski kamu merasa memiliki kualifikasi, jangan sepelekan panggilan interview yang kamu terima, ya! Tetaplah rendah hati dan tunjukkan kualitas yang kamu tawarkan untuk perusahaan dengan cara yang berwibawa. Semoga tips ini bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan!

Cropped fav logo@2x