Loading...

Tempat wisata Solo yang nggak kalah menarik dari JogjaTempat wisata Solo yang nggak kalah menarik dari Jogja. (Foto: Harry Zentino/TKI RedDoorz)

Nggak kalah sama Jogja, wisata Solo juga beragam dan menarik banget buat dieksplorasi. Meski kotanya kecil, tapi berkunjung ke Solo pasti menorehkan kenangan yang istimewa. Kalau tujuan liburan utamanya ke Jogja, nggak ada salahnya sempatkan mampir ke sini. Jadikan Solo tujuan utama juga pasti seru, kok!

Ada banyak tempat wisata di Solo yang menarik, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, sampai atraksi wisata kekinian. Tinggal tentukan, kamu mau wisata ala apa?

Baca juga: Rekomendasi Hotel di Solo, Murah tapi Mewah!

Berikut ini RedDoorz berikan sejumlah tempat wisata di Solo yang bisa jadi pilihan untuk liburan sama teman, pasangan, ataupun keluarga. Yuk cek!

##Bukit Gancik

Dari bukit setinggi 2000mdpl, kamu akan disuguhkan panorama gunung Merapi yang dikelilingi hamparan perkebunan nan hijau. Tempat ini juga telah dikelola sebagai tempat wisata, jadi fasilitas penunjangnya sudah lengkap. Kamu bisa menikmati pemandangan sekaligus foto-foto dengan latar yang indah.

Harga tiket masuk: Rp5.000,-/motor

Jam buka: -

##Candi Ceto

Gapura candi Ceto di Tawangmangu ini bak gerbang menuju langit ke tujuh. Kalau kamu berdiri di antaranya, latar pemandangan kamu adalah langit biru dan awan putih. Kalau datang sore menjelang malam, kamu malah akan dapat nuansa senja yang magis. Kamu juga bisa eksplor ke seluruh area candi sambil menghirup udara segar khas pegunungan.

Harga tiket masuk: Rp7.000,-

Jam buka: Sabtu-Kamis: 07.00-17.00, Jumat: 10.00-17.00

##The Heritage Palace Solo

https://www.instagram.com/p/B8c3I0ng4qQ/

Melihat bangunannya, kamu akan merasakan nuansa Eropa yang kental. The Heritage Palace ini bukan keraton atau kastil peninggalan sejarah, ya. melainkan sengaja dibangun untuk wahana wisata keluarga pertengahan 2018 lalu.

Ada berbagai area yang bisa didatangi, di antaranya Museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, Museum Transportasi, Museum Industri, Garden Retro Paradise, Kids Town, dan Food Street.

Harga tiket masuk: Rp20.000,- (gate only). Terusan Rp55.000,- weekdays, Rp65.000,- weekend.

Jam buka: 09.00-18.00

##Tretes Taman Tani

Taman bunga di wilayah perbukitan tentu saja ampuh banget buat merefresh pikiran! Kamu harus coba datang ke Tretes Taman Tani. Di sini ada gazebo yang bisa dipakai tamu duduk-duduk atau berfoto. Hmmm, piknik asik kali, ya?

Harga tiket masuk: Rp5.000,-

Jam buka: 24 jam

##Sepur Kluthuk Jaladara

Coba naik kereta yang melintas di jalan raya seperti di Eropa, tapi di Solo. Namanya Sephur Kluthuk Jaladara. Kereta api uap ini melayani rute Stasiun Purwosari sampai Stasiun Sangkrah, dan berhenti di beberapa titik sepanjang perjalanan. Tapi untuk naik ini, kamu harus reservasi dahulu dari jauh-jauh hari karena keretanya nggak dioperasikan setiap hari.

Harga tiket: Rp50.000,-/orang

Jadwal operasional kereta: 06.30, 10.30, 14.00

##Museum Purbakala Sangiran

Kawasan Sangiran ini sudah terdaftar sebagai salah satu warisan budaya dunia. Tempatnya memang menarik banget. Meski mempertontonkan kehidupan zaman dahulu, tapi bangunan museumnya sendiri tergolong modern. Kalau bawa anak-anak ke sini, pasti seru buat belajar, RedTraveler!

Harga tiket masuk: Rp5.000,-/orang. Pemutaran film Rp60.000,-/rombongan

Jam buka: 08.00-16.00 Selasa-Minggu

##Rumah Atsiri Indonesia

https://www.instagram.com/p/B7fJPl0gujS/

Satu lagi wisata edukasi yang dikemas menarik di Solo, yakni Rumah Atsiri Indonesia. Di sini kamu bisa bertemu dengan berbagai tanaman yang wangi. menyusuri taman yang indah, menambah wawasan di museum, ikutan workshop essential oil, makan di restoran, sampai belanja di toko souvenirnya!

Harga tiket masuk: Rp50.000,-

Jam buka: 10.00-17.00 setiap hari

##River Moon Pusur

https://www.instagram.com/p/B7Li3b9BnXN/

Pengin nyari tantangan? Coba uji adrenalin kamu di Sungai Pusur, RedTraveler. Kamu bisa fun tubing dengan jarak 300 m, atau river tubing dengan jarak 2 km. Air sunga yang segar akan merefresh pikiranmu. Di area ini juga ada area camp dan area outbond. Cocok deh buat dateng bareng keluaga!

Harga tiket masuk: Rp15.000,-

Jam buka: 08.00-17.00 setiap hari

##Museum Batik Danar Hadi

Belum lengkap ke Solo kalau belum nengok batik khasnya. Kalau nggak ada waktu eksplor para pengrajin yang tersebar di beberapa titik, singgah saja di Museum Batik Danar Hadi. Di sini ada lebih dari 1.000 helai kain batik yang berusia ratusan tahun. Selain itu, kamu juga bisa mencoba melukis batikmu sendiri di area yang tersedia.

Harga tiket masuk: umum Rp25.000,-/orang. Pelajar atau mahasiswa Rp15.000,-/orang.

Jam buka: 09.00-16.30

Jangan lupa cari RedDoorz di Solo buat nginep nyaman selama liburan! RedDoorz gampang ditemui di berbagai lokasi strategis seperti di sekitar tempat wisata, harganya juga terjangkau, tapi kenyamanan terjamin. Udah begitu, masih mau cari yang lain? Mending RedDoorz aja yang jelas #SemudahItu!

Cari RedDoorz di Solo Sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×