Loading...

Salah satu keseruan puasa Ramadan yang selalu bikin rindu adalah momen berburu takjil menjelang berbuka. Biasanya di saat-saat seperti ini banyak pedagang atau pasar dadakan yang memang hanya khusus menjajakan takjil di bulan suci Ramadan, tak terkecuali di kota Yogyakarta.

Di kota Yogyakarta, ada beberapa titik yang memang sudah terkenal 'langganan' jadi pasar Ramadan. Menjelang sore, pasar ini sudah dipadati oleh masyarakat yang ingin berburu kudapan untuk berbuka puasa. Makanan yang dijajakan pun biasanya beragam, mulai dari menu tradisional sampai camilan modern.

Baca juga: Kuliner Yogyakarta yang Sedap Dicicipi Malam Hari

*Makanan khas buka puasa dari PakistanJajan takjil di kota yogyakarta dan sekitarnya.

##Berburu Takji di Kota Yogyakarta

###Pasar Kauman

Konon katanya pasar Kauman yang terletak di jalan K.H Ahmad Dahlan ini adalah pelopor pasar kaget Ramadan di kota istimewa tersebut, yakni sekitar tahun 1990-an. Dimulai dengan satu warga sekitar yang berjualan camilan menjelang berbuka, kini pasar Kauman selalu dipadati pedagang maupun pengunjung di waktu ngabuburit.

###Jalur Gaza

Meski namanya Jalur Gaza, tapi pasar Ramadan ini aman kok, RedTraveler! Yang akan kamu temui di sana hanyalah jajaran menu buka puasa yang banyak sekali jenisnya sampai mungkin kamu akan kebingungan mau beli yang mana. Jalur Gaza sendiri merupakan singkatan dari Jajan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Letaknya di jalan Sorogenen, Nitikan.

###Kampoeng Ramadan Jogokariyan

Semenjak tahun 2005, sepanjang jalan Jogokariyan yang luas ini dipadati oleh para pedagang makanan tiap menjelang buka puasa. Hingga kini setidaknya ada 300 pedagang yang meramaikan pasar Kampoeng Ramadan Jogokariyan, dan nggak terhitung berapa jumlah pengunjung yang datang. Jalan Jogokariyan ini letaknya di selatan kota Yogyakarta. Kalau berkesempatan untuk menjalani puasa Ramadan di sini, cobalah mampir untuk cari takjil, RedTraveler.

Gorengan jadi salah satu menu buka puasa Ramadan khas orang Indonesia.Gorengan jadi salah satu menu buka puasa Ramadan khas orang Indonesia.

###Pasar Ramadan Pakualam

Pasar ini secara resmi berubah nama jadi Gajah Mada Ramadan Festival sejak 2015. Di jalur sepanjang kurang lebih 200 meter, banyak pedagang dari kalangan masyarakat maupun mahasiswa yang menawarkan takjil serta menu-menu berat untuk sajian berbuka puasa. Mau yang kekinian? Ada. Yang tradisional? Banyak!

###Lembah UGM

Nah, ini juga nggak kalah seru, RedTraveler. Tiap Ramadan tiba, kawasan kampus UGM menjelma jadi pasar yang menjajakan aneka hidangan untuk berbuka puasa. Tiap sore sampai menjelang Magrib area ini akan dipadati orang-orang yang berburu takjil.

Nah, itulah beberapa pusat jajanan takjil di kota Yogyakarta dan sekitarnya saat puasa Ramadan. Selain yang RedDoorz sebutkan di atas tadi, tentu saja yang jual takjil ini banyak dan tersebar di berbagai penjuru. Sebab, takjil dan Ramadan memang kemeriahan yang nggak bisa dipisahkan! Setuju, RedTraveler?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×