Loading...

Self-quarantine alias karantina mandiri saat ini dianjurkan, bukan hanya untuk orang-orang yang secara langsung atau nggak langsung melakukan kontak dengan pasien corona, tapi juga untuk yang masih sehat agar nggak tertular virus dari luar dan jadi carrier bagi sekitarnya.

Sebisa mungkin kita harus terapkan social distancing. Hindari keramaian, setidaknya sampai keadaan aman. Itu berarti, kita juga harus siap dengan stok makanan di rumah supaya nggak perlu sering-sering belanja ke pasar atau supermarket, RedTraveler. Nggak perlu serakah dan beli stok makanan kayak mau dikarantina enam bulan, ya! Beli secukupnya aja paling nggak untuk satu minggu ke depan.

Baca juga: 7 Langkah Menjauhi Coronavirus saat Terpaksa Keluar Rumah

Nah, apa saja bahan makanan yang cocok untuk jadi stok di masa social distancing atau karantina mandiri sementara waktu itu? Simak rekomendasi dari RedDoorz berikut ini!

Telur

Sudah pasti sehat dan bisa tahan cukup lama. Belilah telur dengan jumlah lebih banyak dari biasanya untuk stok, terutama kalau di rumah banyak orang. Telur juga termasuk bahan makanan yang gampang ditemukan, jadi cocok lah diandalkan! Kamu bisa mengolahnya jadi beragam masakan. Bahkan, digoreng dan makan pake nasi hangat pun enak kok. Setuju, RedTraveler?

Daging beku

Kalau mau protein lain, bisa pilih daging segar yang dibeli di pasar. Tapi kalau belum mau mengolahnya, tutup rapat dalam pastik atau storage yang dilapisi aluminium foil, dan biarkan membeku di freezer agar tetap terjaga. Hal yang sama berlaku untuk ayam. Kamu bisa simpan di freezer dalam keadaan segar atau dibumbui lebih dulu, baru masukkan ke kulkas. Praktis jadi stok menu ayam goreng, Kalau ikan kurang cocok jadi stok karena rentan busuk kalau nggak disimpan dengan proper.Beli ikan kalau mau langsung dimasak aja, ya!

Sayuran hijau

Bahan makanan yang cocok disimpan selama lagi social distancing. (Photo by Iñigo De la Maza on Unsplash)Bahan makanan yang cocok disimpan selama lagi social distancing. (Photo by Iñigo De la Maza on Unsplash)

Brokoli, bayam, dan kangkung bisa bertahan sekitar satu minggu di kulkas dengan metode penyimpanan yang benar. Bungkus sayuran dengan kertas lalu simpan dalam storage atau kantung plastik, baru masukkan ke dalam kulkas. Kalau mau jadi stok, nggak perlu dicuci dulu ya, RedTraveler.

Kentang

Cara terbaik menyimpan kentang agar awet adalah dengan membiarkannya menyendiri, jangan gabung dengan sayuran lain. Bungkus kentang dengan kertas lalu letakkan dalam kantung plastik. Dengan suhu ruangan, kentang bisa tahan hingga 2 bulan. Kamu juga bisa mengolahnya jadi kering kentang sebagai stok makanan matang. Enak, lho!

Buah-buahan

Buah apa saja bisa distock asal kamu menyimpannya dengan benar. Ada buah yang bisa masuk kulkas seperti beri-berian dan anggur, asal jangan dicuci dulu sebelum masuk kulkas. Ada pula yang lebih awet disimpan dalam suhu ruangan, seperti pir, melon, pisang, alpukat, dan mangga. Kalau buah-buaha citrus, cukup jauhi dari sinar matahari agar awet.

Makanan instan

Nggak ada salahnya stok makanan instan seperti kornet, sarden, maupun mi. Ini bisa jadi opsi paling aman buat stock makananan selama kita masih harus berjaga-jaga dari kondisi luar.

Jangan lupa minum multivitamin untuk penguat imun. Menu makan pun usahakan selalu sehat, ya. Minimalisir es, camilan manis, juga gorengan yang bisa memicu radang. Stay safe, RedTraveler! Terus #SalingJaga sampai masalah virus corona ini benar-benar teratasi, ya.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×