Loading...

Betutu, salah satu kuliner Bali yang wajib dicoba. Image source: IndonesiawowBetutu, salah satu kuliner Bali yang wajib dicoba. Image source: Indonesiawow

Bali memang memiliki alam yang eksotis. Keindahannya selalu bikin kita pengin balik dan eksplor lebih jauh lagi. Tapi nggak cuma itu, kuliner Bali juga nggak kalah menarik buat dieksplorasi, lho.

Makanan khas Bali nggak terlepas dari budaya dan tradisinya. Konon, beberapa makanan tersebut bahkan sudah berusia sama tua dengan budaya itu sendiri. Penasaran mau coba? Berikut ini adalah daftar makanan khas Bali kalau kamu penasaran mau cicipi.

1. Sate lilit

Sate mungkin bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah Indonesia, tapi tiap daerah tentu saja punya ciri khas sendiri, sama seperti Bali. Daging yang digunakan dalam sate lilit Bali adalah daging yang telah dihaluskan, lalu dimarinasi dengan santan dan rempah lainnya. Kemudian, daging akan dililitkan pada batang serai atau bambu untuk kemudian dibakar.

2. Nasi jinggo

Makanan Khas BaliSate Lilit, Makanan khas Bali

Dari bentukannya, nasi jinggo mirip dengan nasi kucing. Isinya nasi, sayuran, dan sedikit lauk seperti ayam suwir, mi goreng, serta tempe, yang dibungkus dengan daun pisang. Yang spesial dari nasi jinggo adalah sambal super pedasnya. Kalau kamu pecinta pedas, cobain deh! Nasi jinggo biasa dijajakan penduduk di pinggir jalan kok.

3. Nasi tepeng

Meski namanya nasi, tapi nasi tepeng ini sebenarnya bertekstur lembek seperti bubur, yang disiram bumbu rempah-rempah ala Bali. Nasi tepeng disajikan dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Nasi tepeng adalah makanan tradisional Bali, khususnya daerah Gianyar, yang biasa dijadikan menu sarapan.

4. Tum

Mirip seperti pepes, Tum adalah campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua bahan tersebut dibungkus daun pisang lalu dikukus. Kadang, daging ayam untuk tum juga digantikan dengan daging bebek atau babi.

Baca juga: Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Eksplor Uluwatu

5. Lawar

Campuran sayuran, daging cincang, dan bumbu khas Bali ini nikmat banget disantap selagi hangat. Tambah sate lilit sebagai pelengkap, yummie! Lidahmu akan dimanjakan dengan kuliner Bali yang satu ini.

6. Betutu

Betutu, salah satu kuliner Bali yang wajib dicoba. Image source: IndonesiawowBetutu, salah satu kuliner Bali yang wajib dicoba. Image source: Indonesiawow

Menurut legenda yang beredar, betutu adalah salah satu makanan favorit raja terdahulu. Mengingat cara memasaknya yang agak ribet, nggak heran sih kalau betutu jadi makanan raja. Butuh waktu sekitar 8 jam untuk mengolah ayam atau bebek sampai mendapat tekstur yang diinginkan dan semua bumbunya meresap ke daging. Soal rasa, jangan ditanya. Proses memang nggak mengkhianati hasil!

7. Sambal matah

Sambal khas Bali ini udah bisa ditemukan di berbagai restoran bahkan warung makan kecil di seluruh Indonesia. Selain perpaduan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang umum jadi bahan saus pedas, sambal matah memberi cita rasa yang berbeda karena sentuhan jeruk dan serai. Kamu suka sambal matah nggak, RedTraveler?

Buat melengkapi momen-momen eksplor Bali kamu, jangan lupa booking RedDoorz buat tempat nginep selama di sana! Cek Rekomendasi RedDoorz Hostel Bali buat Liburan Hemat buat cari referensi penginapan di Bali dengan harga terbaik. Harga hematnya RedDoorz bikin kamu punya budget lebih banyak buat kulineran, lho. Yuk booking lewat aplikasi atau web RedDoorz sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×