Loading...

Sebagai negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya adalah air, nggak heran kalau Indonesia punya banyak lokasi snorkeling yang oke banget. Kalaupun RedTraveler nggak berani, harus coba deh setidaknya sekali seumur hidup buat pengalaman. Snorkeling bikin nagih, lho.

Buat kamu yang baru mau coba-coba atau untuk sekadar rekreasi bahari santai, kamu bisa coba datangi beberapa lokasi snorkeling berikut ini. Jangan khawatir, spot ini ramah untuk pemula kok!

wisatawan berenang di lokasi snorkeling. (Photo by Eggy Febryano on Unsplash)Lokasi Snorkeling. (Photo by Eggy Febryano on Unsplash)

##Kepulauan Seribu

Di Kepulauan Seribu sendiri, ada beberapa spot yang terkenal buat snorkeling, di antaranya; Pulau Sepa, Pulau Pari, dan Pulau Semak Daun. Kalau kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, Kepulauan Seribu ini bisa jadi opsi menarik karena dekat dan mudah diakses. Bahkan pergi saat weekend saja pun cukup.

Cara menuju Kepulauan Seribu: wisata ke kepulauan seribu bisa diakses dari dua pelabuhan di Jakarta, yakni Muara Angke atau Marina Ancol. Bedanya, dari Muara Angke kamu akan naik ferry dengan budget lebih murah, kalau dari Marina Ancol kamu akan menyeberang dengan speed boat yang tentu lebih pricey. Untuk lain-lain, disarankan kamu bergabung trip dari agen travel biar praktis!

##Pulau Peucang

Masuk ke kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, area Pulau Peucang terbilang cukup terjaga. Kamu bisa menikmati air laut yang jernih dan terumbu karang yang relatif terjaga. Pasirnya pun putih bersih, lho!

Cara menuju Pulau Peucang: Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon, bisa ditempuh dengan menyeberang dari Sumur, Pandeglang. Pulau Peucang sendiri merupakan pulau terdepan di Taman Nasional Ujung Kulon hingga sering jadi tempat persinggahan. Kalau ke sini, kamu bisa island hopping ke beberapa pulau lain di sekitar yang nggak kalah indahnya.

##Karimunjawa

Perairan di Karimunjawa amat sangat bisa diandalkan sih untuk yang benar-benar mau 'main' di laut! Terdapat beberapa titik lokasi snorkeling yang biasa diandalkan wisatawan yakni Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Kecil, Pulau Tengah, dan Pulau Kecil. Kalau mau 'pemandangan' yang sedikit berbeda, kamu bisa ke penangkaran hiu di Pulau Tengah. Yang jelas di Karimunjawa, dari bibir dermaga pun kamu bisa melihat terumbu karang di balik jernihnya air.

Cara menuju Karimunjawa: Umumnya meeting poin menuju Karimunjawa adalah Pelabuhan Kartini, Jepara. Dari sana wisatawan bisa menyeberang dengan speed boat atau ferry. Tapi, cek-cek jadwal kedua kapal tersebut dulu biar waktu perjalananmu efisien, karena kapan tidak menyeberang setiap saat. Biar lebih gampang lagi, ikut trip dari agen perjalanan aja!

##Umbul Ponggok

Bukan laut, melainkan kolam mata air yang berlokasi di Klaten. Tapi jangan khawatir, Umbul Ponggok punya pemandangan bawah air yang nggak kalah dengan lokasi snorkeling yang disebut di atas tadi. Ada pasir putih dengan banyak sekali ikan air tawar berwarna-warni di Umbul Ponggok. Kamu juga pisa dapat foto lucu dengan berbagai properti unik yang menjadikan snorkelingmu lebih seru. Plus, di sini nggak ada ombak jadi RedTraveler yang takut snorkeling karena takut kebawa arus, bisa berenang lebih tenang!

Perjalanan menuju Umbul Ponggok: biasanya Umbul Ponggok masuk dalam itinerary dalam liburan ke Yogyakarta. Perjalanan dari Yogyakarta sampai Umbul Ponggok sendiri bisa memakan waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Kalau musim hujan sudah lewat, bisa nih coba snorkeling di beberapa lokasi rekomendasi RedDoorz ini!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×