Loading...

Festival Cian Cui, tradisi merayakan Imlek di Selatpanjang, Riau. (Foto: Irwan Sisilita/kemdikbud.go.id/bpnbkepri)Festival Cian Cui, tradisi merayakan Imlek di Selatpanjang, Riau. (Foto: Irwan Sisilita/kemdikbud.go.id/bpnbkepri)

Perayaan Imlek tak lepas dari tradisi turun menurun yang dijalankan oleh mereka yang merayakannya. Bukan cuma tradisi terkait keagamaan, tapi juga yang sifatnya festivedan bisa dinikmati semua orang.

Indonesia nggak kalah sama negara-negara lain kalau soal tradisi seru perayaan Chinese New Year. Salah satu daerah yang punya tradisi Imlek seru itu adalah Kepulauan Riau, tepatnya di Selatpanjang, kabupaten Meranti.

Konon, asal muasal tradisi perang air ini adalah karena dulu warga Tionghoa di Selatpanjang punya kebiasaan mengunjungi sanak saudara dengan menggunakan becak, dan tiap berpapasan dengan becak lain anak-anak saling menembak pistol air. Kebiasaan ini awalnya meresahkan dan menimbulkan gangguan ketertiban wilayah setempat, di samping itu nggak semua orang suka apabila disiram air.

Baca juga: Eksplor Singapura saat Imlek, Kunjungi 6 Tempat Ini

Festival Cian Cui, tradisi Imlek di Selatpanjang, Riau.Festival Cian Cui, tradisi Imlek di Selatpanjang, Riau. (Foto: https://www.riau.go.id)

Akhirnya, pihak-pihak berwenang memutar otak mencari cara untuk menjadikan 'tradisi' itu bisa lebih memasyarakat dan nggak lagi berpotensi menimbulkan keributan. Inilah yang kemudian dikembangkan hingga menjadi festival tahunan yang kini disebut Festival Cian Cui.

Festival ini berlangsung selama enam hari sejak Imlek hari pertama, mulai pukul 4-6 sore. Ada rute yang telah ditentukan oleh pemerintah. Nanti saat waktunya tiba, warga akan memenuhi jalan di rute tersebut dan berkeliling dengan becak motor khas Selatpanjang.

Karena nggak terkait dengan ritual keagamaan, semua orang bisa ikut basah-basahan dan menikmati festival seru ini! Bahkan sejak 2016 Festival Cian Cui sudah berhasil mendatangkan wisatawan domestik maupun internasional. lho.

RedTraveler tertarik terlibat keseruan perang air ini, nggak?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×