Loading...

Pantai merupakan tujuan wisata favorit banyak orang. Mungkin RedTraveler salah satunya. Buat masyarakat kota metropolitan, pasti jenuh menghadapi lautan kendaraan di tengah jalan yang bikin stres. Berwisata ke pantai di Jakarta pun bisa jadi pilihan untuk menyenangkan diri.

Daerah pantai dengan kehidupan sekitarnya yang riuh, deburan ombak yang ramai sekaligus damai memang jadi pemandangan yang menenangkan. Belum lagi sensasi panas di telapak kaki saat menjejak pasir yang terpanggang matahari, selalu bikin rindu dan pengin cepat-cepat liburan!

Liburan ke Pantai di Jakarta dan Sekitarnya

pantai di jakarta

Mendengar kata Jakarta, yang dibayangkan pasti nggak jauh dari gedung-gedung pencakar langit, kepadatan lalu lintas, dan polusi udara khas perkotaan. Meski jadi kota peraduan segala asa, namun selalu ada titik di mana warganya mendambakan suasana lain yang berbeda. Nah, pada momen-momen seperti inilah pantai seringkali jadi tempat pelarian.

Untungnya nggak perlu jauh-jauh, cukup menuju pantai di Jakarta Utara kamu udah bisa lihat hamparan laut biru dan tosca yang cantik. Ya, pantai di sekitaran Jakarta juga banyak yang eksotik kok! 

Contohnya aja, Pulau Seribu Jakarta. Dengan rata-rata waktu tempuh 2-3 jam perjalanan, kamu sudah bisa merasakan sensasi island life di pantai yang nggak jauh dari Ibukota Indonesia. Selain menghemat waktu, tentu saja opsi ini lebih hemat juga dari segi biaya.

Pantai Terdekat Jakarta Buat Liburan Warga Kota Metropolitan

Tertarik berlibur ke pantai yang ada di Jakarta? Ini daftar pantai yang bisa kamu kunjungi untuk melepas kangen untuk menikmati keindahan laut Indonesia.

1. Pantai Ancol

pantai dekat jakarta 1

Ini dia pantai yang paling populer di kalangan warga Jakarta! Pantai Ancol memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan wahana yang menarik, sehingga mampu menarik perhatian wisatawan. 

Pantai Ancol yang letaknya tak jauh dari pusat kota selalu jadi alternatif tempat liburan. Apalagi di saat liburan sekolah, pantai Ancol biasanya dipadati keluarga dan anak-anak kecil yang bermain pasir dan menikmati deburan ombak. 

Meski pasirnya nggak seputih di pantai-pantai kepulauan seribu dan air lautnya pun nggak sebiru di sana, tapi pantai Ancol cukup landai dan ombaknya tenang, sehingga aman untuk bermain anak-anak. Namun tetap dalam pengawasan orang tua.

Bahkan ketika merayakan hari kemerdekaan Indonesia, pantai Jakarta ini jadi lokasi perlombaan panjat pinang terbanyak lho. Jika RedTraveler udah nggak sabar liburan tapi belum punya budget lebih, ke Ancol adalah solusi terbaik.

2. Pantai Anyer

pantai dekat jakarta 3

Terletak sekitar 30 km di sebelah barat Kota Jakarta, Pantai Anyer menjadi salah satu destinasi favorit warga ibu kota untuk berlibur. Selain karena pantainya yang indah, fasilitas akomodasi di sini juga sudah cukup lengkap. Berbagai jenis penginapan bisa dengan kamu temukan, mulai dari hotel low budget hingga hotel bintang lima dengan fasilitas lengkap. 

Saat berlibur di Pantai Anyer, kamu juga bisa menyaksikan gagahnya Gunung Rakata, anak dari Gunung Krakatau yang menjulang di balik laut. Di pantai ini pula, terdapat sebuah mercusuar tua yang merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda.

3. Pulau Tidung

pantai dekat jakarta 5

Ingin liburan ke pantai tanpa harus menginap? Kamu bisa menjadikan Pulau Tidung sebagai salah satu pilihan. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan menaiki speed boat dari pelabuhan Muara Angke. Sesampainya di Pulau Tidung, kamu bisa langsung snorkeling, bermain banana boat, berenang, atau sekedar bersantai di pinggir pantai. Tempat wisata dekat Jakarta ini terbagi menjadi dua wilayah, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Keduanya dihubungkan dengan jembatan bernama Jembatan Cinta yang menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan.

4. Pulau Pramuka

pantai dekat jakarta 6

Pulau Pramuka dulunya bernama Pulau Elang karena masih banyak ditemukan Elang Bondol di sekitar sini. Seiring berjalannya waktu, elang tersebut tidak lagi ditemukan. Kemudian, pada tahun 1950-1970 di tempat ini cukup sering diadakan kegiatan pramuka sehingga namanya pun berubah menjadi Pulau Pramuka. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, mulai dari snorkeling, berfoto di dermaga, menikmati pemandangan sunset, hingga berkeliling pulau dengan menyewa kapal wisata.

Pulau pramuka juga memiliki tempat penangkarat penyu yang bisa dikunjungi. Jika tertark ke sini, kamu bisa menyeberang dari Marina Ancol menggunakan speed boat selama sekitar 2 jam. Tapi kalau mau lebih murah, cobalah untuk naik kapal yang berangkat dari Pelabuhan Muara Angke.

5. Pantai Tanjung Lesung

pantai dekat jakarta 8

Bisa dibilang, inilah salah satu pantai dekat Jakarta yang dalam beberapa tahun sedang naik daun. Karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sana, kawasan Tanjung Lesung sedang dikembangkan dengan maksimal. Mulai dari perbaikan jalan hingga ke pengadaan penginapan dan fasilitas pendukung lain. Berlokasi di Pandeglang, pantai ini menawarkan suasana alam yang mengagumkan. Untuk sampai ke Pantai Tanjung Lesung, kamu harus menempuh sekitar 160km atau 4 jam perjalanan.

Itulah tadi informasi singkat mengenai cara panduan ke Bandung. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

6. Pantai Marina Ancol

pantai di jakarta

Pantai Marina Ancol merupakan bagian dari Taman Impian Jaya Ancol. Dari sini, kamu bisa menikmati berbagai olahraga air seperti ski dan surfing. Pantai dekat Jakarta Utara ini juga merupakan tempat bersandarnya kapal pesiar yang akan membawa para wisatawan ke Kepulauan Seribu. 

Enggan menyeberang? Tenang, kamu bisa jogging atau bersepeda dengan nyaman di kawasan ini. Usai olahraga, kamu bisa langsung makan di restoran yang tersedia. Datanglah saat sore hari. Kalau langit sedang cerah, kamu akan dapat pemandangan sunset yang menakjubkan dari pantai di Jakarta ini!

7. Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara

pantai di jakarta

Walau nama daerah di Jakarta Utara ini ada unsur “pantai”, sebetulnya Pantai Indah Kapuk atau PIK Jakarta nggak punya pantai. Akan tetapi, PIK termasuk area atau lahan basah. Di sini, kamu bisa menikmati tenangnya hutan mangrove yang sudah dikelola dengan baik.

Nah, jika RedTraveler belum puas hanya bisa menikmati rindangnya hutan mangrove, letak Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara memang ngak jauh dari tepi laut lho. Pilihannya ke pantai mana, ya? Cek di bawah ini.

8. Tanjung Pasir

pantai di jakarta

Dari PIK Jakarta, memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit untuk menuju Tanjung Pasir. Wisata Pantai Tanjung Pasir yang berada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang ini juga menjadi tempat untuk menyeberang menuju Pulau Seribu Jakarta.

Di pinggir pantai Tanjung Pasir, kamu bisa bersantai sambil bermain air. Walau terik, untungnya kawasan Tanjung Pasir terdapat banyak pepohonan hijau dan tenda warung. Untuk bersantai, kamu bisa duduk lesehan di warung yang sudah menyediakan tempat duduk. Biasanya kamu hanya cukup jajan atau beli makanan di warung tempat kamu menikmati senja.

9. Kepulauan Seribu

pantai di jakarta

Pantai di Jakarta selain Ancol lainnya adalah Kepulauan Seribu. Untuk menuju destinasi wisata pantai yang populer ini, RedTraveler bisa menyeberang ke teluk ke arah utara dengan kapal laut untuk bisa sampai ke Kepulauan Seribu. 

Bahkan, dari Tanjung Pasir pun kamu bisa menuju Kepulauan Seribu menggunakan perahu nelayan yang sudah dimodifikasi untuk memuat banyak orang. Di Kepulauan Seribu, kamu bisa mengetahui bagaimana suasana tempat tinggal penduduk yang berada di pulau kecil ini.

Namun jika RedTraveler ingin melihat keindahan alam yang cantik, Anda bisa menuju beberapa gugusan pulau di sekitar. Beberapa gugusan tersebut terdiri dari 11 pulau, antara lain Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira. 

Masing-masing pulau ini punya pantai dengan karakteristiknya masing-masing. Yang jelas, meski sebenarnya kamu ada di sebuah pantai di Jakarta, di sini kamu masih bisa menikmati air laut yang jernih RedTraveler!

10. Pantai Sawarna

pantai di jakarta

Apabila kamu kurang suka berlibur di tempat ramai, Pantai Sawarna bisa menjadi destinasi yang tepat. Pantai ini bisa dikatakan masih alami karena belum terlalu dikembangkan secara maksimal seperti pantai-pantai lain di sekitar Jakarta. 

Meski begitu, kamu bisa menginap di homestay milik warga jika ingin berlibur di sini lebih dari sehari. Soal wilayah, Pantai Sawarna terdiri dari tiga kawasan, yakni Pantai Bokor, Pantai Karang Ciantir dan Pantai Karang Taraje. Menariknya, di pantai-pantai tersebut kamu bisa melakukan cave tubing karena banyaknya gua berbatu kapur yang menjadi ciri khas kawasan Pantai Sawarna.

11. Pulau Pahawang

pantai di jakarta

Terletak dalam wilayah Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, nama pulau ini merujuk pada dua buah pulau, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pantai dekat Jakarta ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi kamu yang suka dengan pasir putih dan lautnya biru yang cantik. Layaknya pulau-pulau wisata, kamu bisa menikmati ragam olahraga air di sini.

12. Pantai Pangandaran

pantai di jakarta

Yang satu ini pasti udah cukup famous kan di kalangan RedTraveler? Berlokasi di Jawa Barat, pantai ini merupakan salah satu obyek wisata andalan penduduk lokal maupun dari kota-kota sekitarnya. 

Pantai di Pangandaran juga cenderung landai, nggak heran kalau pantai yang satu ini juga kerap jadi tujuan wisata murid-murid sekolah, lho! Siapa di antara RedTraveler yang pernah ikut wisata dari sekolahnya ke Pangandaran?

Di pantai Pangandaran, kamu bisa menikmati sunrise maupun sunset. Keunikan ini disebabkan ada daratan pantai yang menjorok ke arah laut, sehingga kamu dapat menyaksikan panorama matahari dari tempat terbit dan tenggelamnya. 

Karena pantai yang landai dan ombak yang cukup tenang tadi, di sini kamu bisa berenang, snorkeling, bahkan wind surfing.

13. Pantai Ujung Genteng

pantai di jakarta

Satu lagi pantai indah di area Jawa Barat yang bisa dijadikan short getaway buat warga Jakarta, yakni Pantai Ujung Genteng! Letaknya di pesisir Sukabumi. Pantai ini memang nggak terlalu ramai seperti pantai Pangandaran, tapi pemandangan yang disajikannya luar biasa. Gradasi air lautnya pasti membuat RedTraveler nggak sabar mau berenang setibanya di sana.

Oh iya, pantai ini sebetulnya cenderung aman untuk berenang. Tapi tetap harus waspada karena pantai Ujung Genteng berada di garis pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

Biaya Estimasi Liburan ke Pantai Dekat Jakarta

pantai di jakarta

Setelah baca daftar pantai di Jakarta utara dan lainnya, kamu mau pilih ke mana? Jangan lupa juga untuk siapin anggarannya, RedTraveler! Supaya memudahkan perjalananmu, nih RedDoorz kasih tahu estimasi liburan ke pantai dekat Jakarta, supaya persiapan jalan-jalan lebih matang.

Estimasi Biaya Liburan ke Pantai Ancol

Untuk harga tiket masuk pantai Ancol 2019, kamu cukup bayar tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol yakni sebesar; Rp15 ribu untuk motor, Rp25 ribu untuk mobil, dan Rp25 ribu untuk harga tiket per orang. Semua cukup sekali bayar dan kamu bisa main sepuasnya! 

Nggak jarang, para wisatawan di sini bawa tikar sendiri supaya nggak perlu menyewa dan bisa santai sepuasnya, makanan pun dibawa dari rumah lho! Namun jika Anda bosan hanya bisa duduk di pinggir pantai saja, RedTraveler bisa mencoba berbagai wahana yang ada di pantai Ancol.

Untuk menuju wahana Ocean Dream Samudra dan Atlantis Water Adventure, Anda harus mengeluarkan biaya lagi. Jika Ocean Dream Samudra biaya masuknya Rp95 ribu untuk hari biasa, Rp150 ribu untuk akhir pekan. 

Sedangkan Atlantis Water Adventure tiket masuknya Rp95 ribu khusus hari biasa, sementara di hari libur Rp185 ribu.

Estimasi Biaya liburan ke Pantai Marina Ancol:

Kamu cukup bayar tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol untuk hitungan per orang dan kendaraan yang digunakan. Watersport maupun wisata lainnya di kawasan ini akan dikenakan biaya terpisah.

Estimasi Biaya Liburan ke Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara

Kalau ke Pantai Indah Kapuk, tujuannya pasti ke Hutan Mangrove. Nah untuk bisa sampai sini, RedTraveler sarankan kamu bawa kendaraan pribadi karena lebih mudah dijangkau. Namun, bisa juga menggunakan commuter line dan Transjakarta. Hanya saja, kamu perlu menyambung menggunakan taksi konvensional atau transportasi online.

Untuk estimasi biaya liburan ke PIK, biaya masuk ke Hutan Mangrove Rp25 ribu di hari biasa, sedangkan akhir pekan Rp30 ribu. Harga ini khusus untuk warga lokal. Sementara, buat mancanegara sebesar Rp250 ribu.

Jika ingin sambil berkano, RedTraveler harus menyiapkan uang Rp100 ribu. Kamu bisa menikmati hutan mangrove di PIK dengan berkano selama 45 menit.  

Estimasi Biaya Liburan ke Tanjung Pasir

Lokasi Tanjung Pasir yang lebih dekat dari PIK ini bisa dibilang liburan paling murah. Soalnya, sampai di lokasi, Anda hanya mengeluarkan biaya parkir saja. Namun perlu diingat, sebaiknya tetap minta bukti pembayaran. Karena saat pulang, kamu bisa ditagih lagi. Jika terjadi, jangan takut untuk mengatakan dengan baik dan tegas bahwa kamu sudah bayar parkir saat sampai.

Di sana, kamu hanya perlu jajan teh manis atau mie instan yang tentunya dengan harga murah. Dengan begitu, kamu bisa dengan bebas duduk santai di gazebo yang disediakan pedagang setempat.

Estimasi Biaya Liburan ke Kepulauan Seribu

Jika ditempuh dari Jakarta, biaya liburan ke Kepulauan Seribu dengan bantuan travel agent ini sekitar Rp500-700 ribu per orang untuk 2D1N. Harga tersebut sudah termasuk kapal penyeberangan dengan ferry pulang-pergi, penginapan, makan, pemandu wisata, dan atraksi wisata utama selama di sana. 

Estimasi Biaya Liburan ke Pantai Anyer

Masuk ke area Pantai Anyer rata-rata dikenakan biaya Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per orang, dan berbeda lagi untuk kendaraan. Nah, untuk menikmati pantainya sendiri, tergantung wahana yang kamu pilih, RedTraveler. 

Kalau cuma duduk-duduk atau menelusuri pantai, tentu nggak akan dikenakan biaya. Tapi kalau kamu mau coba snorkeling, main ATV, atau nyobain watersport, tentu ada biaya tambahan.

Estimasi Biaya Liburan ke Pulau Tidung

Jika ingin lebih simpel, RedTraveler bisa mengikuti agen travel. Rata-rata, harganya Rp800 ribu. Namun, jika tanpa menggunakan agen travel, kurang lebih biaya yang dikeluarkan memang lebih irit.

Untuk yang mau bacpacker, RedTraveler harus menyiapkan uang transportasi kapal pemerintah Rp50 ribu, untuk biaya PP berarti Rp100 ribu. Sedangkan untuk biaya menginap, mulai dari Rp200 ribu hingga Rp500 ribu.

Estimasi Biaya Liburan ke Pramuka

Untuk yang menghemat biaya, RedTraveler disarankan berangkat dari Muara Angke. Harga tiket PP Rp 100 ribu. Anda juga bisa menggunakan speed boat dari Marina Ancol. Namun, biaya transportasinya Rp300 ribu untuk pulang-pergi. 

Estimasi Biaya Liburan ke Tanjung Lesung

Tiket masuk ke Tanjung Lesung hanya Rp25 ribu. Di sana kamu bisa juga sambil snorkeling dengan membayar Rp100 ribu per orang. Di Tanjung Lesung banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan, siapkan saja uang sekitar Rp100 ribu untuk melakukan kegiatan seru lainnya.

Estimasi biaya liburan ke Pantai Sawarna

Di luar transport dari kediamanmu sampai lokasi, biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengeksplor Pantai Sawarna antara lain untuk sewa motor sekitar Rp50rb per hari, namun ada juga opsi sewa sekaligus dengan guidenya yaitu sekitar Rp60rb per hari untuk satu orang. 

Opsi ini lebih disarankan karena akan mempermudah perjalanan kamu menempuh medan yang sulit menuju tempat-tempat wisata nan indah di Pantai Sawarna dan sekitarnya.

Biaya lain yang pasti masuk hitungan yakni penginapan. Di sekitar pantai Sawarna, ada banyak penginapan murah dalam berbagai bentuk. Mulai dari homestay milik warga sekitar sampai resort low budget. RedDoorz sarankan kamu amankan penginapan dahulu sebelum berangkat, ya!

Estimasi Biaya Liburan ke Pulau Pahawang

Jasa open trip yang kerap jadi pilihan wisatawan untuk menuju Pulau Pahawang, rata-rata per orang dikenakan biaya Rp700 ribu sampai Rp1 juta untuk keberangkatan dari Jakarta. Biaya ini sudah termasuk penginapan di pulau Pahawang Besar, makan, dan kegiatan wisata selama di sana.
Estimasi Biaya Liburan ke Pantai Pangandaran

Pantai pangandaran mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum. Untuk masuk ke area pantai, dikenakan biaya sekitar Rp5.000,- per orang dan tiket khusus kendaraan yang berbeda-beda sesuai jenisnya, dari motor sampai bus besar.

Estimasi biaya liburan ke Pantai Ujung Genteng

Lokasinya cukup di pelosok buat kenyamanan perjalanan, RedDoorz sarankan kamu menggunakan kendaraan pribadi aja. Untuk biaya, kamu hanya akan dikenakan Rp10 ribu per orang ketika memasuki area pantai. Nah, kalau punya waktu barang semalam untuk menginap, kamu bisa cek penginapan di sekitar area pantai. 

Bagaimana, nggak usah jauh-jauh ke Bali kan kalau sekitaran Jakarta juga banyak yang bisa memanjakan mata? Karena lebih dekat, kamu jadi cuma butuh waktu singkat dan pastinya lebih hemat biaya.

Kamu bisa menemukan ragam pilihan akomodasi, mulai dari homestay sampai villa. Tinggal sesuaikan dengan budgetmu aja. Mau lebih maksimal tapi tetap hemat? Cari akomodasi di sekitar pantai tujuanmu melalui aplikasi RedDoorz. Dapatkan juga banyak diskon menariknya. 

Yuk liburan ke pantai di Jakarta dan sekitarnya! Cek dan booking penginapan terdekat di RedDoorz kalau mau mantai dalam waktu dekat.

Cropped fav logo@2x