Loading...

Taman nasional Gunung Gede Pangrango

Foto: Pixabay

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dikenal sebagai area pendakian yang cocok bagi pendaki pemula. Sempat ditutup saat awal pandemi Covid-19, pada akhir tahun 2020 Gunung Gede Pangrango kembali dibuka. Mendaki gunung bisa jadi alternatif aktivitas yang bisa dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadan. 

Gunung Gede memiliki 3 jalur pendakian yaitu jalur cibodas, jalur gunung putri, dan jalur salabintana Sukabumi. Jalur cibodas banyak dipilih pendaki pemula karena medannya yang relatif lebih bersahabat dan paling sering dilintasi pendaki. Oleh karena itu buat para pemula disarankan menggunakan jalur ini dibandingkan dua jalur lainnya. 

Meskipun medannya tidak terlalu ekstrem ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan pendaki pemula sebelum traveling ke Taman Nasional Gunung gede Pangrango. 

Tips Traveling ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Bagi Pendaki Pemula

Bagi yang belum pernah mendaki gunung, persiapan harus dilakukan dari jauh-jauh hari agak nggak ada yang tertinggal. Berikut ini tips traveling ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango buat kamu yang belum pernah mendaki. Check this out!

Olahraga rutin minimal sebulan sebelum mendaki

Mendaki gunung merupakan salah satu olahraga ekstrem yang membutuhkan tenaga serta stamina yang kuat. Oleh karena itu sebelum mendaki kamu wajib melatih tubuhmu terlebih dahulu. Disarankan untuk olahraga minimal satu bulan sebelum pendakian. Olahraga apa pun boleh kamu lakukan tapi disarankan untuk memilih olahraga yang bisa memperkuat otot kaki. 

Pastikan tubuh dalam kondisi sehat

Kondisi fisik saat mendaki gunung harus kamu perhatikan. Karena mendaki gunung membutuhkan stamina yang tinggi maka kamu wajib menjaga kesehatan. Apabila merasa kurang fit kamu dilarang keras memaksakan diri untuk mendaki karena sangat berbahaya. 

Membawa perlengkapan yang dibutuhkan

Agar terhindar dari cedera selama pendakian ada peralatan khusus yang mesti kamu siapkan seperti sepatu gunung, jaket, tenda, carrier, jas hujan, dan senter. Selain itu pastikan kamu memilih peralatan yang berkualitas baik ya RedTraveler!

Menyiapkan bekal makanan dan minuman yang cukup

Karena di area pendakian minim penjual makanan dan minuman itu artinya kamu harus menyiapkan konsumsi kamu sendiri. Hitung berapa lama kamu akan mendaki dan pastikan makanan dan minuman yang kamu bawa cukup untuk kebutuhanmu. Selain itu pilih juga bahan makanan yang simple dan nggak mudah basi. 

Siapkan kantong sampah

Selama berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pastinya semua pendaki wajib menjaga kebersihan. Dilarang keras membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu kamu bisa membawa kantong sampah sendiri untuk menyimpan sampahmu kemudian buang ketika menemukan tempat pembuangan sampah. 

Patuhi semua instruksi dan larangan selama mendaki

Mendaki gunung termasuk olahraga yang memiliki risiko tinggi wajar saja kalau ada banyak peraturan yang harus dipatuhi. Ada banyak pula larangan yang nggak boleh dilanggar. Kamu harus patuh dengan semua aturan yang berlaku demi keselamatan selama mendaki. 

Mematuhi protokol kesehatan

Mendaki gunung di masa pandemi juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan lho. Oleh karena itu kamu wajib membawa stok masker dan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan dan menghindari penularan virus. 

Itu dia hal-hal yang mesti dipersiapkan saat ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sebelum melakukan pendakian kamu bisa menginap di area dekat taman nasional. Biar nggak repot cari penginapan, kamu bisa pesan di RedDoorz. Ada banyak hotel yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Yuk, download aplikasi RedDoorz sekarang. 

Press Enter To Begin Your Search
×