Loading...

*Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Ramadan. (Sumber: Magazine Job-Like)Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Ramadan. (Sumber: Magazine Job-Like)

Puasa Ramadan dijalankan umat muslim di seluruh dunia sebagai bentuk ibadah. Meski demikian, terlepas dari alasan spiritual puasa disebut membawa manfaat positif bagi tubuh, lho, RedTraveler. Salah satunya adalah detoksifikasi.

Puasa juga memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk beristirahat sejenak agar dapat kembali bekerja dengan optimal. Tapi, puasa juga bisa mengganggu fungsi tubuh jika tidak dijalankan dengan tepat. Nah, bagaimana caranya biar tubuh kita bisa mendapat manfaat positif dari puasa yang dijalankan? Simak tips dari RedDoorz berikut!

##Tips Jalani Puasa Ramadan dengan Bugar Sampai Akhir

###Makan Sehat dan Teratur

Meski jadwal makan berubah, tubuh akan menyesuaikan kok! Yang penting kamu pastikan tiap kali kamu makan, yang kamu konsumsi itu makanan sehat. Usahakan untuk selalu menyantap makanan bergizi seimbang di tiap kesempatan. Jangan pernah lewatkan sahur, dan makan makanan berat saat buka puasa, ya!

###Banyak Minum Air Putih

*Tetap sehat saat puasa Ramadan dengan minum cukup air putih. (Photo by Daria Shevtsova from Pexels)Tetap sehat saat puasa Ramadan dengan minum cukup air putih. (Photo by Daria Shevtsova from Pexels)

Minum es sirup dan es lain saat buka puasa memang menyegarkan tenggorokan. Tapi itu semua nggak bisa benar-benar menyembuhkan dahaga dalam tubuhmu. Batasi minum es dan minuman manis lainnya dan usahakan untuk tetap minum air putih 8 gelas dari buka puasa sampai imsak tiba.

Baca juga: Tempat Jajan Takjil Enak di Kota Yogyakarta

###Tidur Cukup

Tantangan lain saat berbuka puasa adalah soal jam tidur. Jam tidurmu mungkin akan berkurang karena terpotong waktu sahur. Butuh upaya ekstra supaya kebutuhan tidur tetap terpenuhi, sekurang-kurangnya selama 6 jam per hari!

###Hindari Kafein

Nah, demi mendapatkan waktu tidur yang cukup, kamu juga harus mengurangi kafein. Efek kafein akan bertahan 4-6 jam, kalau kamu minum setelah berbuka bisa-bisa kamu akan kesulitan tidur sampai sahur. Lebih baik jangan, ya, RedTraveler! Minuman berkafein juga akan membuat kamu cepat merasa haus, lho.

###Konsumsi Suplemen Tambahan Selama Puasa Ramadan

Untuk memastikan tubuhmu tetap mendapat nutrisi yang dibutuhkan, coba untuk konsumsi suplemen penunjang terutama bila kamu masih beraktivitas cukup padat tiap harinya.

RedTraveler punya kiat-kiat khusus supaya tetap sehat selama puasa Ramadan? Yuk share ke RedTraveler lainnya!