Loading...

pulau karimun jawa

Foto: Shutterstock

Karimun Jawa merupakan sebuah kepulauan yang berada utara Jepara, Jawa Tengan yang terdiri dari 27 pulau. Pulau Karimun Jawa terkenal dengan wisata lautnya yang sudah dikenal hingga mancanegara. Bukan tanpa alasan, pulau-pulau di Karimunjawa memang terkenal indah dan masih sangat bersih. 

Sejarah Pulau Karimun Jawa dikenal melalui legenda lokal. Masyarakat setempat percaya bahwa Karimunjawa ditemukan oleh Amir Hasan atau lebih dikenal dengan sebutan Sunan Nyamplungan. Saat itu Amir Hasan diperintah Sunan Muria untuk pergi ke sebuah pulau yang sedikit terlihat dari puncak Gunung Muria untuk menyebarkan agama Islam. Pulau ini bisa dilihat namun agak kabur (kremun-kremun). Dari situlah pulau-pulau itu dinamakan Karimunjawa. 

Keindahan Pulau Karimun Jawa terletak pada kekayaan ekosistem pesisir laut yang dimilikinya. Sejak tahun 2001 Pulau Karimun Jawa Jepara ditetapkan oleh Pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Kepulauan Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau. Hutan pantai, 400 fauna laut, dan 242 jenis ikan. 

Tips Merencanakan Perjalanan ke Pulau Karimun Jawa

Sebelumnya kita sudah ngomongin soal keindahan dan kekayaan alam yang ada di Pulau Karimun Jawa Jepara. Pasti kamu tertarik dong untuk berkunjung ke sana suatu saat nanti. Biar punya gambaran gimana cara menuju ke sana, mending kamu simak tips merencanakan perjalanan ke Pulau Karimun Jawa berikut ini!

1. Susun itinerary

Letak Pulau Karimun Jawa berada di Utara Jepara, upleh karena itu kamu harus membuat itinerary dengan cermat. Ada 27 pulau di Kepulauan Karimun Jawa, namun hanya 5 pulau yang ditinggali. Kamu bisa rencanakan untuk mengunjungi beberapa pulau sekaligus atau hanya stay di satu pulau dan mencoba semua destinasi wisata yang ada di sana. 

Susun itinerary berdasarkan lama waktu yang kamu punya serta ketersediaan akomodasi antar pulau. Jangan lupa, makin banyak pulau yang ingin kamu kunjungi biaya akomodasinya juga akan lebih banyak. Hal ini perlu dipertimbangkan baik-baik. 

2. Cari paket wisata Pulau Karimun Jawa

Mungkin menyusun itinerary sendiri jadi hal yang sulit dan merepotkan, terlebih buat kamu yang belum mengenal kawasan Jepara dan Karimun Jawa. Kalau kamu mau cara yang lebih simple, kamu mending cari paket wisata Pulau Karimun Jawa aja. 

Biasanya paket liburan sudah mencakup destinasi wisata serta akomodasi jadi kamu nggak perlu repot menyusun semuanya sendiri. Kamu hanya perlu membayar paket wisatanya aja. Namun perlu diingat paket wisata jatuhnya agak sedikit lebih mahal dibandingkan kamu berwisata dengan menyusun semuanya sendiri, 

3. Bawa perbekalan secukupnya

Karena Karimin Jawa adalah gugusan pulau-pulau kecil, kamu akan sulit menemukan pusat perbelanjaan, minimarket, serta apotek. Oleh karena itu pastikan membawa semua kebutuhan yang diperlukan dari baju ganti, perlengkapan mandi, hingga obat-obatan pribadi. Dengan menyiapkan ini semua kamu nggak akan repot selama liburan di Pulau Karimun Jawa Tengah.

4. Booking tempat menginap

Saat tiba di Jepara kamu bisa menginap semalam sebelum berangkat menyebrang ke Pulau Karimunjawa keesokan harinya. Untuk menyiapkan tempat menginap kamu bisa booking hotel secara online biar lebih simple.

Selain itu kamu juga harus pastikan akan menginap di mana saat di Karimunjawa. Biasanya banyak warga menyediakan guest house bagi para turis. 

5. Tentukan kendaraan untuk menuju Pulau Karimun Jawa

Untuk menuju Jepara mungkin banyak alternatif transportasi publik yang bisa dipilih dari pesawat, kereta, bus, hingga kendaraan pribadi. Namun, untuk akomodasi menyebrang ke Pulau Karimun Jawa pilihannya tidak terlalu banyak. Untuk menyebrang hanya ada kapal motor, kapar bahari, dan kapal motor berpenumpang. Untuk biayanya cukup bervariasi dari Rp57 ribu - Rp175ribu. 

Perlu diingat jadwal penyeberangan tidak dilakukan setiap hari. Dari Jepara - Karimunjawa penyeberangan dilakukan setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Sedangkang penyeberangan dari Karimunjawa - Jepara dilakukan setiap hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu. 

Liburan ke Pulau Karimun Jawa pasti lebih seru kalau bersama keluarga dan teman-teman. Jangan lupa, saat merencanakan liburan pilih RedDoorz untuk tempat menginapnya. Hotel RedDoorz bisa kamu temukan di Seluruh Indonesia. Download aplikasi RedDoorz dan temukan tempat menginap terbaik sesuai tujuan liburan kamu.

Press Enter To Begin Your Search
×