Loading...

pulau jawa

Foto: Shutterstock

Touring mengelilingi Pulau Jawa bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk melepas penat apalagi buat kamu yang suka jalan-jalan jauh naik motor. Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya kamu memahami kondisi geografis Pulau Jawa sehingga kamu lebih siap menghadapi medan yang akan ditempuh. 

Tips Menyusun Itinerary Buat Touring Pulau Jawa

Luas Pulau Jawa mencapai 128.297 meter persegi. Wilayahnya yang sangat luas tentunya  membutuhkan waktu yang panjang jika ingin menjelajahi Jawa secara keseluruhan. Oleh karena itu membuat rencana perjalanan berdasarkan waktu yang kita miliki untuk touring jadi poin yang krusial. Tips di bawah ini bisa kamu jadikan referensi untuk membuat itinerary touring ke Pulau Jawa. 

Menuliskan tempat impian yang ingin dikunjungi

Setiap orang pasti memiliki tempat-tempat impian yang ingin dikunjungi. Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat membuat itinerary touring di Pulau Jawa adalah menentukan kota apa saja dan destinasi apa yang ingin kamu kunjungi. Kalau kamu punya tempat impian yang pengen banget dikunjungi, nggak ada salahnya tempat ini dimasukkan ke dalam itinerary perjalanan. Tahu tempat apa saja yang ingin dituju membuat perjalanan kamu lebih punya tujuan sehingga kamu nggak bingung selama di perjalanan.

Membuat rute perjalanan

Setelah menentukan tempat-tempat yang ingin dituju kamu bisa menentukan rute perjalannya. Kamu bisa memilih rute selatan Pulau Jawa, bagian Utara, atau rute yang lebih bebas. Dari daftar tempat yang sudah ditentukan, kini saatnya kamu buka maps. Lebih gampang jika kamu menggunakan google maps jadi kamu bisa dapat rekomendasi rute mana saja yang bisa dipilih serta estimasi jaraknya. 

Buka peta Pulau Jawa kemudian hubungkan tempat-tempat yang ingin kamu tuju sehingga membentuk rute perjalanan. Jangan lupa, atur perjalananmu dengan cermat, pilih tempat-tempat terdekat dulu baru yg jauh sehingga perjalanan touringmu jadi lebih efisien. 

Membuat jadwal perjalanan

Setelah membuat rute perjalanan dengan bantuan google maps, pastinya kamu akan mendapatkan estimasi jarak yang akan ditempuh serta lama perjalanan. Nah angka-angka ini bisa kamu jadikan patokan untuk membuat jadwal perjalanan. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan touring keliling Pulau Jawa serta berapa lama perjalanan yang harus ditempuh setiap hari. Dengan jadwal ini maka perjalanan touring kamu akan lebih teratur dan terkendali. 

Menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan

Nah, setelah rute serta waktu yang diperlukan untuk touring Pulau Jawa sekarang kamu bisa menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan. Hal yang paling utama tentunya soal bensin, kamu wajib menghitung berapa biaya untuk membeli bensin selama perjalanan. 

Karena touring Pulau Jawa membutuhkan waktu yang nggak sebentar kamu juga perlu menyiapkan budget untuk makan dan minum. Dan yang nggak kalah penting kamu juga perlu menyiapkan budget buat menginap dan istirahat selama perjalanan touring. 

Untuk touring keliling Pulau Jawa tentu budget yang harus dikeluarkan nggak sedikit sebab banyak hal yang perlu dipersiapkan dari bensin, makan, hingga tempat menginap. Agar lebih hemat kamu bisa mencari penginapan yang harganya terjangkau. Nggak usah bingung gimana cara cari hotel yang terjamin kualitasnya tapi punya harga yang bersahabat. Kamu bisa temukan di RedDoorz!

Ada banyak hotel RedDoorz yang tersebar di Pulau Jawa, jadi nggak akan susah menemukan hotel RedDoorz di tempat-tempat yang kamu lewati saat touring. Makannya download aplikasi RedDoorz dan rencanakan touring seru bebas mahal bersama RedDoorz!

Press Enter To Begin Your Search
×