Loading...

menu makanan

Foto: Shutterstock

Saat jalan-jalan pasti ada waktu dimana perut terasa lapar. Memang lebih gampang langsung pergi cari tempat makan, namun belum tentu makanan yang dijual terjaga kebersihannya. Untuk menjamin kebersihan makanan yang kita makan saat dalam perjalanan, solusinya adalah dengan membawa menu makanan sendiri. 

Tips Menyiapkan Menu Makanan untuk Bekal saat Jalan-Jalan

Ada beberapa menu makanan sehari-hari serta bagaimana cara menyiapkannya untuk dijadikan bekal saat jalan-jalan. Ini tips untuk menyiapkannya. 

Pilih lauk yang tidak mudah basi

Memilih lauk yang tepat jadi kunci utama agar saat dimakan bekal yang kamu bawa masih terasa enak. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dalam menyiapkan daftar menu makanan salah satunya soal ketahanannya. Pilih menu makanan yang nggak gampang basi seperti rendang daging, abon, dendeng, teri kacang, telur rebus. Ikan goreng, tempe dan tahu goreng, dll. 

Kamu juga bisa memilih bahan makanan instan yang mudah dimasak dan awet seperti nugget dan sosis. Untuk menambah cita rasa kamu juga bisa membawa sambal instan, saus, atau kecap. 

Dinginkan nasi sebelum dimasukkan ke tempat makan

Nasi yang baru matang pasti mengeluarkan uap panas. Saat memasukan nasi ke dalam kotak bekal pastikan nasi harus dingin dulu sebelum ditutup rapat. Patikan nggak ada uap yang keluar dan nasi nggak terasa panas saat disentuh. Uap nasi yang terkurung di dalam tempat yang rapat membuat nasi lebih mudah basi sehingga hal ini penting banget kamu perhatikan.

Nasi dan lauk ditempatkan terpisah

menu makanan

Foto: Shutterstock

Percampuran antara nasi dan lauk juga bikin bekal kamu cepat basi, lho. Oleh karena itu kamu harus memisahkannya. Kamu bisa meletakkannya di kotak makan yang terpisah, namun agar lebih praktis kamu juga bisa menggunakan kotak makan yang memiliki sekat. Sekat itulah yang akan membatasi percampuran antara nasi dan lauk sehingga makanan tetap rapi dan lebih terjaga kesegarannya. 

Hindari makanan yang memicu perut kembung

Ini hal yang sering diabaikan. Beberapa makanan dan minuman mempunyai potensi membuat perut kembung sehingga membuat waktu jalan-jalan kamu jadi kurang nyaman. Oleh karena itu penting banget untuk menghindari daftar menu makanan seperti kubis, sawi putih, kol, dan sayur nangka muda. Selain itu beberapa minuman juga harus kamu hindari seperti minuman bersoda, minuman berenergi, dan batasi minuman berkafein seperti teh dan kopi. 

Siapkan air mineral yang cukup

Penting untuk menjaga cairan tubuh meskipun kamu lagi jalan-jalan. Oleh karena itu pastikan kamu membawa air minum yang cukup untuk kebutuhan perjalanan. Kamu bisa menyiapkan botol berukuran besar yang bisa muat banyak sehingga kebutuhan cairanmu tetap bisa terpenuhi. 

Sertakan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin

Selain air buah-buahan juga penting untuk dikonsumsi, lho. Buah mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk tubuh. Agar badan kamu tetap fit selama liburan pastikan konsumsi buah sebagai pengganti cemilan yang tidak menyehatkan. 

Itu dia contoh menu makanan dan tips menyiapkannya. Selain menentukan makanan apa saja yang mau dibawa, penting juga memastikan bahwa semuanya termasuk menu makanan sehat. Meskipun lagi jalan-jalan bukan berarti kamu mengabaikan kesehatanmu, kan. 

Nah, selain menu makanan penting juga menyiapkan akomodasi untuk menginap. Kalau soal itu kamu bisa percayakan ke RedDoorz. Ada banyak pilihan hotel yang menarik. Pesan hotel RedDoorz dan rencanakan perjalananmu sekarang juga. 

Press Enter To Begin Your Search
×