Loading...

bekal makanan

Ilustrasi Foto: Unsplash

Melakukan perjalanan jauh harus memiliki energi yang cukup. Menghadapi perjalanan yang panjang dan macet, kamu butuh persiapan yang matang seperti misalnya membawa bekal makanan. Jangan sampai perut jadi bermasalah hanya karena bekal makanan tidak disiapkan dengan baik untuk perjalanan jauh tersebut.

Bekal makanan untuk perjalanan jauh penting disiapkan agar kamu tidak kekurangan makanan selama di jalan. Kira-kira apa aja ya tips menyiapkan bekal makanan untuk perjalanan jauh?

Tips Menyiapkan Bekal Makanan untuk Perjalanan Jauh

Agar tubuh tetap fit selama di jalan, penting banget nih bawa bekal makanan untuk jaga-jaga supaya nggak kelaparan selama perjalanan. Yuk, cek ulasan di bawah ini!

1. Jangan Membawa Bekal Makanan yang Cepat Basi

Untuk yang pertama, jangan membawa bekal makanan yang cepat basi, misalnya makanan yang mengandung santan. Nggak cuma sia-sia aja karena nggak bisa dimakan, makanan yang basi bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap juga.

2. Membawa Bekal Makanan yang Segar dan Tahan Lama

Perjalanan jauh terkadang membuat kita lapar di jalan. Biar nggak kelaparan, kamu bisa membawa makanan yang segar seperti, buah-buahan dan juga makanan yang digoreng. Selain itu, buah-buahan juga memiliki kandungan vitamin yang banyak dan pastinya sehat untuk tubuh.

bekal makanan

Ilustrasi Foto: Unsplash

Nah, kalau makanan yang digoreng ada telur, tempe dan tahu, ayam, dan lain-lain. Makanan yang digoreng sifatnya kering, jadinya lebih tahan lama untuk dikonsumsi saat perjalanan jauh.

3. Menyiapkan Tempat Bekal Makanan

Jangan lupa disiapkan tempat bekal makanannya ya. Percuma dong bawa bekal makanan, tapi nggak ada tempatnya. Nah, buat kamu yang ingin makanannya lebih awet, sebaiknya membawa tas bekal makanan.

Tas bekal makanan akan membuat makanan tersusun dengan rapi. Selain itu, ada juga tas bekal makanan tahan panas yang beguna untuk menjaga suhu makanan kamu.

4. Membawa Makanan atau Minuman Kemasan

Supaya lebih mudah untuk dikonsumsi, kamu bisa membawa makanan atau minuman kemasan, lho.  Apalagi makanan dan minuman yang dibawa adalah yang memang kamu sukai, maka akan membuat perjalanan kamu menjadi jauh lebih menyenangkan. 

Makanan atau minuman kemasan lebih mudah dikonsumsi, karena kamu tinggal buang kemasannya saja ketika selesai mengonsumsinya. Eitss, buangnya jangan lupa di tempat sampah ya!

5. Membawa Pengganjal Perut

bekal makanan

Ilustrasi Foto: Unsplash

Biar nggak cranky selama perjalanan dan konsetrasi tetap terjaga, nggak ada salahnya untuk bawa pengganjal perut, misalnya roti dan biskuit. Roti dan biskuit jauh lebih praktis daripada nasi, terutama jika harus menempuh perjalanan selama lebih dari 8 jam. Jadi kalau kepepet dan belum menemukan rest area, kamu bisa nikmatin makanan tersebut.

Ingat kata pepatah, good food, good mood.

6. Hindari Jenis-Jenis Makanan dan Minuman Tertentu

Agar perut aman sentosan selama perjalanan jauh, ada baiknya kamu menghindari makanan dan minuman berikut ini, diantaranya ada minuman soda dan berkafein, makanan berlemak, dan makanan dengan MSG berlebih.

Selain nggak baik untuk kesehatan, makanan dan minuman tersebut bisa bikin sakit kepala dan pusing selama perjalanan jauh. Jadi, lebih baik dihindari ya!

7. Selalu Sedia Air Putih

Untuk yang terakhir dan paling penting adalah selalu sedia air putih selama perjalanan. Kalau kekurangan cairan, nanti kamu akan mengalami dehidrasi, lho. Dibanding air yang mengandung rasa, air putih lebih baik dan bagus untuk kesehatan.

Itu dia beberapa tips menyiapkan bekal makanan untuk perjalanan jauh. Selamat melakukan perjalanan, semoga selamat sampai di tempat tujuan. Untuk urusan penginapan, RedDoorz yang paling bisa diandalkan. Install aplikasi RedDoorz sekarang juga dan dapatkan promo menarik lainnya!

Press Enter To Begin Your Search
×