Loading...

tips menabung

Foto: Pixabay

Semua orang pasti punya tempat traveling impian. Ada yang bermimpi ingin ke Jepang, Korea, Amerika, atau ke tempat eksotis di Indonesia seperti Raja Ampat, Labuan Bajo, dll. Merencanakan tempat wisata impian tentunya butuh budget yang nggak sedikit. 

Oleh karena biar bisa mewujudkan travel impian bersama pasangan, keluarga, ataupun teman, budget liburan perlu direncanakan dengan matang. Menabung jadi salah satu hal penting untuk bisa mewujudkan liburan impian. Simak tips menabung untuk liburan di bawah ini. 

Tips Menabung buat Merencanakan Travel Impian

Menabung jadi hal yang sulit buat banyak orang, namun bukan berarti seumur hidup kamu nggak bisa nabung apalagi untuk mewujudkan liburan impian. Simak tips menabung uang liburan di berikut agar menabung jadi lebih mudah.  

Tentukan dengan pasti lokasi yang ingin dituju

Namanya juga traveling impian, kamu bisa bebas pilih destinasinya ke mana aja. Namun kamu harus membuat skala prioritas, tempat apa sih yang pengen kamu kunjungi terlebih dahulu. Menentukan tujuan liburan dengan pasti sangat penting agar kamu bisa merencanakan seluruh persiapan liburan dengan lebih matang. 

Hitung berapa budget yang dibutuhkan

Setelah mengetahui destinasi wisata yang ingin dituju, kini saatnya kamu menghitung budget yang dibutuhkan untuk mewujudkan travel impianmu. Tips menabung untuk liburan baru bisa berjalan setelah kamu menghitung jumlah dana yang dibutuhkan. 

Penting untuk menghitung biaya transportasi dan penginapan. Kalau tujuan liburannya ke luar negeri maka biaya yang perlu dikeluarkan jadi lebih banyak. Dari soal ngurus visa, konversi mata uang asing, tiket pesawat yang jauh lebih mahal, dan masih banyak yang lainnya.  

Sisihkan dari gaji atau uang saku

Nah, kalau budget yang dibutuhkan sudah jelas baru kamu bisa menentukan metode menabung yang cocok. Ada beberapa pilihan cara untuk menabung. Cara yang konvensional yaitu dengan menggunakan celengan atau disimpan di bank. 

Sedangkan cara yang lebih modern yaitu menyimpan tabungan liburan di instrumen investasi agar jumlahnya bisa meningkat. Namun cara ini juga punya resiko yang lebih tinggi, ya RedTraveler. 

Apapun metode yang kamu pilih yang terpenting kamu wajib sisihkan gaji bulanan atau uang saku agar tabungan liburanmu bertambah seiring waktu. Hal ini penting dilakukan agar travel impianmu menjadi prioritas tanpa terganggu kebutuhan yang lain.

Jangan campur tabungan liburan dengan yang lainnya

Biar tabungan buat liburan lebih aman dan nggak tercampur dengan tabungan yang lainnya, kamu bisa membuat rekening khusus untuk liburan. Selain lebih aman, cara ini juga bisa membuat kamu lebih mudah melihat progres tabungan liburan. 

Lebih berhemat

Namanya juga ingin mewujudkan travel impian, budget yang dibutuhkan pasti nggak dikit. Oleh karena itu kamu harus rela untuk lebih hemat saat berbelanja dan mengalokasikannya ke tabungan liburan. Meskipun butuh pengorbanan tapi perhematan kamu pasti akan berbuah manis karena kamu bisa mewujudkan impianmu.  

Cari penghasilan tambahan

Biar budget buat liburan lebih cepat terkumpul, kamu bisa cari pekerjaan sampingan. Punya penghasilan tambahan selain membuat proses menabung jadi lebih cepat, juga membuat kamu nggak perlu terlalu berhemat demi mengumpulkan budget liburan impian. 

Bulatkan tekad untuk menabung

Poin yang satu ini meskipun terlihat sepele, tapi sebenarnya penting banget, lho. Proses mewujudkan travel impian pasti membutuhkan waktu yang panjang oleh karena itu kamu harus konsisten untuk menabung sedikit demi sedikit agar budget yang telah direncanakan bisa terkumpul. 

Jangan sampai karena tekadnya nggak bulat, rencana liburan impianmu jadi tidak bisa diwujudkan. 

Ke mana pun tujuan travel impianmu, pastikan pilih tempat penginapannya di RedDoorz. Ada banyak akomodasi yang bisa kamu sesuaikan dengan tujuan liburan. Makanya download aplikasi RedDoorz dan wujudkan traveling impianmu!

Press Enter To Begin Your Search
×