Loading...

Momen Natal dan Tahun Baru yang berdekatan di penghujung Desember membuat akhir tahun sangat ditunggu-tunggu. Banyak orang menabung uang dan cutinya sepanjang tahun agar dapat digunakan dengan maksimal untuk liburan akhir tahun yang menyenangkan. 

Di sisi lain, akhir tahun termasuk dalam high season dalam dunia traveling. Ini berarti, mencari akomodasi akan semakin sulit karena banyak saingan, destinasi wisata akan sangat ramai, dan harganya pun jadi lebih mahal. Nah, lho, gimana dong kalau mau tetap liburan akhir tahun meski dengan budget minim?

Jangan khawatir, RedTraveler. Nih simak tipsnya dari RedDoorz ya!

Liburan Akhir Tahun Hemat

liburan akhir tahun hemat

Ilustrasi liburan akhir tahun. (Foto: unsplash.com/wang xi)

Jangan pusing-pusing kalau mau liburan akhir tahun, meski semua harga pasti lagi naik, tapi kamu bisa tetap liburan hemat kok dengan cara berikut ini.

Pilih destinasi lokal

Kalau nggak punya budget lebih, tentu destinasi lokal adalah pilihan terbaik. Nggak usah berkecil hati, Indonesia nggak kalah indah untuk dijelajahi kok. Destinasi wisata di Indonesia sekarang juga sudah semakin beragam pilihannya dan mudah diakses. Lagipula, traveling ke luar negeri bakalan jauh lebih sulit saat pandemi begini. Mendingan sekarang mulai bayangin destinasi wisata di Indonesia mana yang mau dikunjungi, yuk!

Cek kalender

Waktu liburan akhir tahun favorit banyak orang biasanya sejak Natal dan Tahun Baru. Sebab, dua momen itu biasanya diikuti dengan cuti bersama jadi waktu liburan bisa makin panjang. Yang nggak punya cuti bisa tetap liburan, yang punya pun bisa hemat-hemat ambil cuti tahunannya buat di momen lain. Kalau bisa libur di tanggal lain, ya lebih bagus lagi tuh RedTraveler! Seenggaknya sainganmu dalam berburu akomodasi jadi berkurang.

Buat itinerary

Udah punya bayangan kota, pulau, atau destinasi wisata mana yang mau dikunjungi saat liburan selanjutnya, udah punya taksiran waktunya, selanjutnya adalah buat itinerary! Ini juga penting buat memaksimalkan waktu jalan-jalan dan mencoba sebanyak-banyaknya hal yang kamu ingin, dalam durasi waktu yang dipunya.

Hitung budget

Itinerary udah di tangan, next; hitung budget! Tulis perkiraan harga mulai dari transportasi saat berangkat dari rumah, akomodasi selama di sana, harga tiket masuk tempat-tempat yang ingin kamu datangi, transport di lokasi, makan, belanja, sampai transport untuk pulang lagi. Pengin hemat? Ikuti trik berikut:

  • Pilih opsi transportasi yang paling murah jika memungkinkan
  • Browsing dulu tempat makan di sekitar lokasi yang kamu tuju dengan harga yang ramah di kantong. Jangan sampai asal masuk dan terkaget-kaget lihat harga makanannya, atau malah apes masuk tempat makan yang ‘nembak’ harga. Di musim liburan biasanya ada aja nih pedagang yang 'nakal' begini!
  • Pilih hotel murah untuk menginap di kota tujuan. Ini paling bisa diandalkan buat menekan budget, lho! Toh hotel hanya akan kamu tinggali saat malam untuk tidur karena seharian akan jalan-jalan, jadi untuk apa spending too much di penginapan mahal? Yang penting nyaman dan #AmannyaPASS seperti RedDoorz, RedTraveler. Untuk harga yang amat bersaing, RedDoorz selalu memberi jaminan kenyamanan di kamar buat kamu yang butuh istirahat setelah capek jalan-jalan seharian. Ditambah lagi, saat ini banyak properti RedDoorz yang sudah tersertifikasi HygienePass. Artinya hotel-hotel tersebut sudah menerapkan standar kesehatan sesuai protokol yang berlaku di masa pandemi ini.

Cari promo

Meski harga-harga menjulang saat high season, kadang ada aja yang ngasih promo lho! Nah, soal ini kamu mesti rajin bolak-balik cek dari sekarang di berbagai platform dan cari diskon yang bisa dimanfaatkan. Biasanya, ada diskon dari kartu kredit atau poin keanggotaan yang dapat ditukar dengan potongan harga langsung. Aaaanddddd pssssst! Soal akomodasi juga nggak perlu khawatir, RedDoorz bakal kasih kamu diskon besar-besaran yang pastinya memangkas budget akomodasi secara signifikan, sampai-sampai selisihnya cukup buat biayain kamu extend liburan beberapa hari, makan enak di resto mewah, nongkrong di cafe hits, juga belanja oleh-oleh! 

Tertarik nggak, RedTraveler? Tungguin aja terus info selanjutnya, ya. Nyesel banget lho kalau ketinggalan!

Press Enter To Begin Your Search
×