Loading...

Taman nasional komodo

Foto: Shutterstock

Taman Nasional Komodo berada di Kabupaten Manggarai Flores, Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional ini merupakan rumah bagi hewan purbakala yang masih tersisa di dunia yaitu komodo. Komodo merupakan hewan sangat berbahaya oleh karena itu ada beberapa hal yang mesti kamu patuhi saat berkunjung ke Balai Taman Nasional Komodo. 

Mengikuti seluruh instruksi pemandu

Pemandu atau sering juga disebut ranger bertugas untuk memberikan informasi serta instruksi selama kamu berada di Pulau Komodo. Mematuhi instruksi dari pemandu wajib hukumnya agar kamu bisa berwisata dengan aman dan tidak mengganggu kelestarian alam di taman nasional. Pastikan kamu memperhatikan setiap instruksi dan tidak melanggar peraturan yang ada ya RedTraveler!

Selalu berada di belakang pemandu

Setiap pemandu biasanya akan memandu sekitar 5 orang. Pastikan kamu selalu berjalan di belakang pemandu ya RedTraveler. Kenapa harus begitu? Sebab komodo adalah hewan yang agresif, berjalan di belakang pemandu bisa mencegah kamu dari terkaman komodo yang bisa datang tiba-tiba. Selain itu terdapat banyak hewan liar lainnya di Taman Nasional Pulau Komodo seperti ular yang suka berkamuflase. Nah, pemandu biasanya lebih peka dengan hal ini sehingga berjalan di belakang pemandu membuat kamu lebih aman. 

Tidak membuat gerakan tiba-tiba

Taman nasional komodo

Foto: Shutterstock

Saat mengitari area Taman Nasional Komodo kamu mungkin akan berpapasan dengan komodo yang jaraknya tidak terlalu jauh. Pastikan kamu tidak membuat gerakan secara mendadak seperti berlari, teriak, ataupun lompat-lompat. Komodo adalah hewan yang agresif, karena gerak mendadak yang kamu lakukan bisa saja komodo menganggapmu sebagai musuh sehingga dia akan mengejarmu. Kamu cukup berjalan mengikuti ritme sesuai yang diarahkan pemandu. 

Jangan berkunjung saat menstruasi

Selain agresif komodo juga hewan yang punya indra penciuman yang kuat oleh karena itu dia bisa mencium bau darah dari pengunjung yang sedang menstruasi. Ia bisa mencium bau ini sampai jarak 5 km, lho! Nah, oleh karena itu orang yang sedang menstruasi lebih beresiko dari serangan komodo. Namun kamu masih bisa mengkonsultasikan hal ini kepada pemandu selama perjalanan. 

Jangan datang saat musim hujan

Taman Nasional Pulau Komodo ditumbuhi hutan yang cukup lebat sehingga saat hujan tiba tanah akan berlumpur terkena air hujan. Hal ini membuat perjalananmu jadi lebih sulit oleh karena itu ada baiknya untuk menghindari berkunjung ke sini saat musim hujan. Selain itu rute pendakian juga sangat licin sehingga berbahaya. 

Tentukan waktu yang tepat untuk berkunjung

Selain memastikan bahwa kamu berkunjung ke Taman Nasional Komodo bukan pada musim hujan pastikan juga kamu berkunjung ke sana pada waktu yang tepat. Pada bulan November hingga Februari biasanya cuaca angin laut kurang bagus sehingga lebih berbahaya untuk berlayar. Hal itu juga membuat kamu kurang bebas mengeksplorasi Taman Nasional Komodo. 

Itu hal-hal yang harus kamu perhatikan saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Selain merencanakan perjalanan, rencanakan juga tempat menginapnya. Kamu bisa pesan hotel RedDoorz agar lebih praktis. Download aplikasi RedDoorz dan pilih hotel sesuai tempat tujuanmu. Liburan jadi lebih mudah, nginepnya di RedDoorz aja!

Press Enter To Begin Your Search
×