Loading...

Singapura baru-baru ini dilanda sebuah virus yang menakutkan bagi wanita dan ibu hamil. Adalah virus Zika yang kini telah menyerang negara tetangga terdekat Indonesia itu. Virus ini pertama kali dikenal pada tahun 1950an.

Virus ini dibawa oleh nyamuk yang biasa menggigit manusia pada siang hari. Penyebaran virus ini manusia yang digigit oleh nyamuk yang telah terkena virus Zika (karena menggigit manusia yang telah terinfeksi lainnya).

Untuk ibu hamil, virus ini cukup berbahaya. Karena virus ini bisa ditularkan oleh seorang ibu ke bayinya. Dapat pula virus ini tertular pada saat persalinan. Untuk penularan melalui ASI, masih belum ditemukan. Jadi masih disarankan untuk ibu yang telah terinfeksi tetap menyusui bayinya.

Di Singapura sendiri pada tanggal 28 Agustus 2016 menemukan 41 kasus virus ini. Karena hal tersebut, beberapa negara langsung mengeluarkan peringatan berkunjung ke Singapura bagi warga negaranya. Negara mana saja? Berikut selengkapnya:United Kingdom Negara yang baru saja keluar dari Uni Eropa ini mengeluarkan travel warning bagi warganya yang ingin berkunjung ke Singapura. Terutama bagi ibu hamil yang ingin bepergian, harus dilengkapi dengan  healthcare provider.

Amerika Serikat Negeri Paman Sam juga tidak mau ketinggalan untuk mengeluarkan bagi warganya agar menghindari gigitan dari nyamuk. Melalui websitenya, negara ini menghimbau agar ibu hamil untuk membatalkan rencana bepergianya ke Singapura karena virus ini.

Namun jika kepergiannya memang sangat penting, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Taiwan

Centres of Disease Control (CDC) Taiwan mengeluarkan pemberitahuan tingkat 2. Ini berisikan ibu hamil dan wanita yang berencana ingin mengandung, disarankan untuk menunda perjalanannya ke negara-negara yang telah terinfeksi virus Zika.

Malaysia Malaysia yang merupakan tetangga dari Singapura juga mengeluarkan  travel warning. Disampaikan oleh menteri kesehatannya, Subramaniam Sathasivam mengatakan bahwa siapa pun yang masuk (Malaysia) melalui Johor Bahru akan melalui pemindai thermal di perbatasan.

Bagaimana dengan Indonesia? Dikutip dari  Tempo.co, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan pihaknya pagi ini sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait dengan pemberitahuan imbauan perjalanan ( travel advisory) ke Singapura.

"Kami minta advis dari Kemenlu. Akhirnya, Indonesia akan mengeluarkan travel advisory bila ingin ke Singapura," ucap Nila.

Seperti yang dituliskan di atas, Indonesia tidak melarang untuk pergi ke Singapura, ini merupakan imbauan. Sebaiknya difikirkan kembali jika ingin berkunjung ke negeri Singa tersebut.

"Tapi, kalau bisa ditunda, sebaiknya ditunda," ujar Nila seperti yang dikutip dari Tempo.co.

Yang berbahaya dari virus Zika ini bagi ibu mengandung adalah ditakutkan janin yang dikandung akan terkena  microcephaly bila sang ibu terinfeksi virus zika.  Microcephaly adalah kelainan bawaan bayi yang lahir dengan ukuran kepala yang lebih kecil karena perkembangan otak sejak dalam kandungan.

Di Indonesia sendiri masih bebas dari virus Zika, hingga saat ini belum ditemukan kasus ini. Karenanya tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke Indonesia. Karena di negara kita ini selain memiliki tempat wisata yang sangat bagus, juga memiliki berbagai hotel murah yang tesebar di tiga kota di Indonesia; Jakarta, Bandung, dan Bali.

Kamu bisa menemukannya di situs RedDoorz yang menawarkan penginapan murah dengan fasilitas yang khas hotel berbintang.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×