Loading...

ppkm jakarta

Foto: Pixabay

Malam ini kita menunggu pengumuman tentang kejelasan PPKM Jakarta. Meskipun kasus Covid-19 di Jakarta cenderung turun semenjak penerapan PPKM Jakarta level 4 namun tidak semerta-merta PPKM akan dihilangkan. PPKM Jakarta diperpanjang atau tidak tergantung kepatuhan kita selama ini dalam menjaga protokol kesehatan. 

Buat kamu yang berasal dari luar kota dan memiliki urusan ke Jakarta, ada beberapa dokumen dan hal-hal yang mesti kamu persiapkan selama PPKM. 

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 22 Tahun 2021, transportasi umum harus memberlakukan pengaturan kapasitas minimal 70% dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. 

Bagi kamu yang tinggal di luar Jakarta namun setiap hari harus ke Jakarta untuk bekerja, kamu diwajibkan mengantongi Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP). Untungnya, STRAP ini nggak perlu diperpanjang jadi hanya cukup bikin sekali saja. STRP secara otomatis akan diperpanjang selamam PPKM Jakarta masih berlaku. 

Selain STRP bagi pekerja luar kota yang bekerja di Jakarta, ada pula dokumen lain yang harus dipersiapkan yaitu kartu bukti telah divaksin dan hasil tes yang menunjukkan negatif Covid-19. Vaksin yang kamu miliki harus menunjukkan bahwa kamu telah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama. 

Untuk bukti negatif Covid-19 perlu diperhatikan moda transportasi yang kamu gunakan. Bagi pengguna pesawat udara dibutuhkan hasil tes PCR yang dilakukan maksimal h-2 sebelum keberangkatan. 

Sedangkan bagi moda transportasi lain seperti kendaraan pribadi, bus, kereta api, serta kapal laut, kamu harus menunjukkan hasil tes antigen yang dilakukan h-1 sebelum keberangkatan. 

Perlu diingat bahwa kedua dokumen tersebut yaitu kartu vaksinasi dan surat tes PCR atau antigen hanya berlaku untuk aktivitas keluar masuk antar kota di Jawa dan Bali. Tidak berlaku bagi kawasan aglomerasi seperti Jabodetabek.

Menginap Aman, Pilih yang Sudah Tersertifikasi HygienePass

Meskipun perjalanan jauh sebisa mungkin harus dihindari terutama pada masa PPKM Jakarta ini, mungkin ada beberapa urusan yang nggak bisa dihindarkan salah satunya urusan pekerjaan. Meskipun harus bepergian jauh selama masa PPKM Jawa-Bali, kamu nggak perlu resah soal keselamatanmu. 

Pastikan kamu sudah mengantongi hasil tes yang menunjukkan negatif Covid-19 serta melakukan vaksinasi. Jangan lupa, patuhi protokol kesehatan dengan disipli. Untuk urusan penginapan selama perjalanan, kamu bisa percayakan RedDoorz. 

RedDoorz menghadirkan properti yang tersertifikasi HygienePass. HygienePass sendiri adalah sertifikasi kebersihan hotel hasil kerjasama RedDoorz dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) untuk menjamin properti kami terjaga kebersihannya dan mematuhi protokol kesehatan. 

Untuk menambah rasa nyaman dan menghilangkan rasa khawatir, memilih hotel RedDoorz yang sudah tersertifikasi HygienePass merupakan pilihan terbaik. Untuk menemukan hotel RedDoorz yang sudah tersertifikasi HygienePass kamu bisa download aplikasi RedDoorz. 

Pilih kota tujuanmu dan aktifkan filter sehingga hanya menampilkan properti-properti yang sudah tersertifikasi HygienePass. RedDoorz  adalah #SahabatPass untuk perjalanan kamu!

Press Enter To Begin Your Search
×