Loading...

perjalanan jauh

Foto: Unsplash

Buat kamu yang suka melakukan perjalanan jauh, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan supaya perjalanan kamu menjadi lebih nyaman. Kira-kira apa aja ya? RedDoorz punya tipsnya di bawah ini.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Ada banyak yang perlu dilakukan saat ingin melalukan perjalanan jauh. Nggak cuma akomodasinya aja, tetapi hal penting seperti mempersiapkan fisik agar tetap fit juga penting, lho! Untuk lebih jelasnya, simak informasinya di bawah ini.

Pastikan kondisi kesehatan dalam keadaan fit

perjalanan jauh

Ilustrasi Foto: Unsplash

Salah satu yang penting dalam persiapan perjalanan jauh yaitu kondisi kesehatan. Kalau melakukan perjalanan dalam keadaan sakit, kamu nggak akan menikmati suasananya. Lebih baik jangan bepergian dulu jika merasakan hal itu.

Periksa tiket dan dokumen

perjalanan jauh

Ilustrasi Foto: Unsplash

Dokumen dan tiket adalah hal yang penting saat ingin melakukan perjalanan jauh. Pastikan kamu sudah membawanya jika kamu menggunakan transportasi umum, seperti kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang. Jangan sampai tiket tertinggal di rumah sebelum kamu berangkat ke destinasi tujuan kamu.

Selain itu, dokumen juga penting untuk kamu bawa, seperti kartu tanda penduduk (KTP), surat-surat yang dibutuhkan, dan paspor atau visa kalau kamu melakukan perjalanan ke luar negeri. Kalau membawa kendaraan pribadi, pastikan juga dokumen kendaraan kamu lengkap agar jika terjadi razia, kamu nggak perlu berurusan lama dengan aparat kepolisian.

Membawa uang yang cukup

perjalanan jauh

Ilustrasi Foto: Unsplash

Tips perjalanan jauh yang satu ini adalah hal yang paling penting yang harus kamu bawa. Pastikan uang yang kamu bawa cukup selama kamu melakukan perjalanan jauh. Jangan sampai kamu kekurangan uang.

Pastikan juga uang yang akan kamu keluarkan untuk tempat-tempat yang akan dikunjungi, sudah kamu bagi sesuai dengan kebutuhannya.

Siapkan bekal makanan

perjalanan jauh

Ilustrasi Foto: Unsplash

Bekal makanan untuk perjalanan jauh bisa menjadi alternatif kalau kamu nggak menemukan restoran untuk makan. Selain lebih praktis, membawa bekal juga bisa menghemat pengeluaran, lho!

Untuk bekal makanan, kamu juga perlu memilih jenis makanan yang harus dibawa dan tidak. Pastikan kamu membawa bekal makanan yang nggak mengandung santan agar tidak cepat basi.

Kamu juga perlu membawa air mineral untuk mengisi cairan tubuh yang hilang selama melakukan perjalanan jauh. Air putih adalah opsi yang paling tepat. Selain sehat, air putih juga nggak akan bikin kamu pusing.

Membawa obat-obatan dan P3K

perjalanan jauh

Ilustrasi Foto: Unsplash

Kita nggak tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan nanti. Jadi, ada baiknya kalau kita mempersiapkan obat-obatan dan P3K untuk mengantisipasi hal buruk.

Kalau kamu mual berlama-lama di kendaraan saat melakukan perjalanan jauh, kamu bisa minum obat anti mual supaya perjalanan kamu lebih nyaman. Kamu juga bisa membawa jenis obat lainnya, seperti minyak kayu putih, vitamin, obat pusing, plester, kapas, dan lainnya.

Periksa kondisi mobil

perjalanan jauh

Ilustrasi Foto: Unsplash

Persiapan perjalanan jauh naik mobil bisa kamu lakukan dengan cara mengecek mobil secara keseluruhan. Kamu harus memastikan, kalau mobil yang akan dikendarai dalam kondisi terbaik. Kalau perlu, lakukan servis mobil sebelum digunakan dalam waktu yang panjang.

Persiapan tersebut akan membuat tingkat keamanan dan kenyamanan menjadi lebih tinggi selama perjalanan yang jauh.

Siapkan cemilan untuk mengganjal perut

perjalanan jauh

Ilustrasi Foto: Unsplash

Perjalanan yang akan kamu tempuh memakan waktu yang lama. Menyiapkan cemilan untuk perjalanan jauh bisa menjadi pilihan lain kalau kamu kelaparan. Kamu bisa membawa beberapa jenis cemilan yang manis dan gurih untuk dikonsumsi.

Ingat bahwa kamu harus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sampai ke destinasi tujuan. Jadi, jangan sampai kelaparan ya!

Cek barang bawaan dua kali

perjalanan jauh

Ilustrasi Foto: Unsplash

Memeriksa barang bawaan dua kali adalah hal yang penting untuk memastikan nggak ada barang bawaan yang tertinggal. Selain itu, banyaknya barang bawaan juga bisa menentukan berapa banyak tas yang akan kamu bawa selama perjalanan jauh.

Barang bawaan ini nggak cuma pakaian aja, tetapi ada perlengkapan lain seperti alat mandi dan elektronik.

Nah, kalau kamu sudah menerapkan tips-tips di atas untuk perjalanan jauh, liburan kamu akan terasa lebih aman dan menyenangkan. Selain hal-hal di atas, kamu juga harus menyiapkan penginapan saat tiba di destinasi tujuan, lho! Untuk hal itu kamu bisa andalkan RedDoorz.

Ada banyak properti RedDoorz yang bisa kamu pilih untuk menginap. Tinggal download via aplikasi RedDoorz dan temukan penginapan yang kamu mau.

Press Enter To Begin Your Search
×