Loading...

green canyon pangandaran

Foto: Shutterstock

Green Canyon Pangandaran sudah cukup terkenal bagi orang-orang yang tinggal di Jawa Barat. Bagi masyarakat setempat, destinasi wisata yang indah ini lebih dikenal dengan sebutan Cukang Taneuh. Cukang Taneuh artinya jembatan tanah. Dinamakan demikian karena di atas tebing Green Canyon terdapat jembatan yang terbuat dari tanah. Masyarakat yang tinggal di sini biasanya menggunakan jembatan itu untuk menuju kebun mereka. 

Sedangkan nama Green Canyon sendiri mulai banyak dipakai ketika seorang turis asal Perancis datang ke sini pada tahun 1993. Karena air sungainya berwarna hijau jernih serta tebing di sekitarnya ditumbuhi banyak lumut hijau, tempat ini jadi lebih dikenal dengan sebutan Green Canyon. 

Lokasi Green Canyon Pangandaran

green canyon pangandaran

Foto: Shutterstock

Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Dari Kota Pangandaran kamu harus menempuh perjalanan sejauh 31 km untuk sampai di tempat ini. Banyak wisatawan datang ke Green Canyon Pangandaran dari Dermaga Ciseureuh. 

Dari lokasi ini kamu membutuhkan waktu sekitar 30 - 45 menit perjalanan. Dari dermaga kamu akan diajak menaiki perahu kayu modern yang lebih dikenal dengan sebutan ketinting. Biaya yang mesti kamu rogoh untuk meniki katinting sekitar Rp75 ribu untuk kapasitas perahu 5 orang. Biasanya Ketinting beroperasi dari jam 7.30 hingga 16.00 

Saat perjalanan menuju Green Canyon kamu akan disuguhkan pemandangan pepohonan hijau yang asri di sekitar sungai. Pohon-pohonnya sangat tinggi sehingga dijamin kamu akan terpesona. Karena tempatnya yang masih alami, sesekali kamu juga bisa melihat hewan liat yang sedang bermain di pepohonan. Selain itu, kamu juga akan menjumpai air terjuan yang mengalir dari tebing-tebing batu. Menarik bukan? 

Pesona dan Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Green Canyon Pangandaran

green canyon pangandaran

Foto: Shutterstock

Meskipun selama perjalanan sudah disuguhkan pemandangan indah, namun kamu pasti akan semakin terpesona saat tiba di Green Canyon. Nggak heran, banyak traveler yang nggak berhenti memotret saat tiba di sini. Keindahannya membuat banyak orang serasa tersihir. 

Setelah tiba, kamu bisa langsung bermain air di Green Canyon. Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Saking jernihnya kamu bisa dengan mudah melihat ikan berenang ke sana ke mari. Melihat banyaknya ikan di sini ada juga loh yang lebih memilih memancing daripada bermain air di Grand Canyon. 

Bagi yang suka tantangan, terjun dari atas tebing bisa jadi pilihan. Banyak traveler yang mendaki tebing yang ketinggiannya sekitar 5 m kemudian terjun langsung ke sungai di bawahnya. Tapi ingat lho hal ini sangat berbahaya. Kamu harus ekstra hati-hati saat hendak melakukannya terlebih bebatuan di Green Canyon sangat licin!

Buat yang suka berpetualang kamu bisa menyusuri gua yang ada di Green Canyon. Gua ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang sangat lembab. Tidak jarang air menetes dari ujung-ujungnya yang lancip. Pemandangan yang tersembunyi ini sangat mengagumkan. 

Ada lagi nih aktivitas lainnya yang nggak kalah seru, body rafting! Untuk melakukan body rafting kamu harus membayar sekitar Rp150 ribu hingga Rp250 ribu. Kamu akan didampingi instruktur jadi lebih aman. Dijamin kamu bisa lebih puas bermain air serta menjelajah Green Canyon!

Tiket dan Jam Operasional Green Canyon Pangandaran

Untuk menikmati keindahan Green Canyon yang sangat mempesona, ada beberapa hal yang mesti kamu catat nih! Green Canyon Pangandaran buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 17.00, namun khusus hari jumat Green Canyon baru buka pukul 13.00. Untuk harga tiketnya sendiri tergantung paket wisata yang kamu pilih. Harganya mulai dari Rp150 ribuan. 

Nah itu dia informasi penting yang harus kamu ketahui kalau mau menikmati pesona Green Canyon Pangandaran. Agar perjalanan ke Green Canyon nggak memakan waktu lama, kamu bisa pilih tempat menginap yang lokasinya dekat dari tujuan wisatamu. Cek aplikasi RedDoorz untuk temukan hotel yang lokasinya strategis. Download aplikasi RedDoorz dan temukan banyak keuntungan. #PastiHemat menginap di RedDoorz!

Press Enter To Begin Your Search
×