Loading...

Yogyakarta, atau yang biasanya sering disebut sebagai kota Gudeg, merupakan salah satu kota yang banyak menyimpan objek wisata yang menraik banyak wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke kota Gudeg ini. Banyak sekali tipe objek wisata yang layak untuk dikunjungi. 

Mulai dari untuk belajar sejarah seperti Candi, ada, mau yang berkonsep milenial yang modern, juga ada pastinya. Bahkan mau wisata alam seperti pantai dan air terjun, tentunya juga ada dong.

Nah kebetulan pada libur akhir tahun 2019 yang lalu, saya berkesempatan untuk berkunjung untuk ke kota Gudeg ini. Dan kebetulan di trip kali ini saya memutuskan untuk melakukan Solo Traveling, alias pergi dari kota asal saya seorang diri, yaitu dari Jakarta seorang diri. 

Tapi yah nggak solo traveling sepenuhnya juga sih. Karena selama liburan kali ini saya jalan-jalan bersama kawan lama saya yang udah lama tinggal di Jogja dan kebetulan udah lama tidak bertemu dia. Biasanya bila saya ingin melakukan kegiatan traveling atau liburan saya biasanya melakukan bersama keluarga atau teman saya dari kota asal. Jadi intinya yah semi-semi solo traveling lah yah ini.

Nah saya berangkat dari Jakarta pada tanggal 30 Desember 2019 dan pulang tanggal 3 Januari 2020 alias saya liburan selama 5 hari 4 malam. Dan untuk transportasi yang saya naiki saya memutuskan untuk naik Kereta ekonomi. Salah satu alasannya adalah karena budget yang terbilang cukup terbatas saat itu serta pada awalnya saya tidak berencana untuk melakukan trip akhir tahun ini, alias trip kali ini merupakan trip dadakan banget dan baru direncanakan 2 minggu sebelumnya. Tapi biarpun itu saya tetap merasakan pengalaman yang tidak terlupakan banget dalam trip kali ini.

Nah dalam trip kali ini, memang sayangnya saya agak kurang banyak mengunjungi banyak objek wisata karena terkendala kondisi cuaca saat itu yang sedang kurang mendukung. Serta untuk bepergian keliling Jogja, saya hanya menyewa motor di mana kalau naik motor siap-siap kehujanan dong yah, maklum Desember lagi puncak musim hujan banget. 

Tapi anyway biarpun begitu saya masih bisa sempat mengunjungi beberapa objek wisata yang tergolong baru pertama kali saya kunjungi juga lho. Nah berikut akan saya tampilkan 3 diataranya berikut ini:

1. Heha Sky View

yogyakarta

Heha Sky View, Sumber: Dokumentasi Pribadi
 

Nah yang pertama ini adalah objek wisata yang baru pertama kali saya kunjungi, yap inilah Heha Sky View. Lokasinya sendiri memang agak cukup jauh, yaitu Gunung Kidul dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota Jogja. Heha Sky View sendiri sangat cocok bagi kalian yang inginmencari objek wisata yang Instagramable dan sangat milenial banget. 

Di sini kalian bisa berfoto-foto di lantai kaca, slybridge serta Anda bisa memandangi pemandangan Yogyakarta dari atas bukit daerah Gunung Kidul. Selain itu juga ada restoran, kafe, serta street food yang banyak menyediakan jenis makanan sesuai kebutuhan Anda. Nah saran saya sih, kalau mau datang ke sini paling tidak pas sore atau malam gitu, karena pemandangannya bakal jauh lebih indah bila dibandingkan di siang hari.

2. Candi Sambasari

yogyakarta

Candi Sambasari, Sumber: Dokumentasi Pribadi    

Kalau kita berbicara soal Candi yang terkenal di sekitaran Jogja pasti tidak akan jauh-jauh kalau nggak Candi Borobudur di Magelang yah Candi Prambanan. Tapi sebenarnya banyak sekali Candi-candi di Jogja yang banyak orang luar tidak ketahui. Salah satunya adalah Candi Sambasari. 

Candi yang satu ini memang agak sedikit underrated dan banyak orang awam yang belum tahu karena lokasinya agak sedikit kurang familiar, yaitu di daerah Kalasan, meskipun sebenarnya juga tidak jauh-amat juga sih dari Candi Prambanan. Nah Candi Sambasari sendiri merupakan salah Candi yang cukup unik, karena bangunan Candi ini ada di bawah permukaan tanah sehingga tampak tidak terlihat dari kejauhan. 

Nah karena berada di bawah permukaan tanah, sehingga Candi ini cukup unik dan cocok banget buat kamu yang suka foto-foto cantik atau Instragamable ria, serta harga tiket masuknya yang tergolong sangat murah banget, hanya Rp5 ribu, menarik bukan. Dan saya sendiri nggak ragu buat rekomendasikan tempat ini buat kalian ingin cari objek wisata yang antimainstrem dan pastinya Instagramable banget deh.

3. Landasan Pacu Pantai Depok

yogyakarta

Landasan Pacu Pantai Depok, Sumber: Dokumentasi Pribadi

Nah ini juga salah satu objek wisata di Jogja yang akhir-akhir ini juga lagi ngetren banget. Yap inilah bekas landasan pacu di Pantai Depok, tidak jauh dari pantai Parangtritis. Di sini selain melihat pemandangan pantai selatan Yogyakarta yang eksotis. Di sini kalian bisa juga berfoto-foto ria atau bagi kalian penggemar otomotif, kalian bisa mencoba untuk melakukan drag race dengan kendaraan kalian. 

Tapi pastikan yah sebelum melakukan itu pastinya tertap perhatikan keselamatan kalian dan orang-orang yang ada di sekitarnya yah.  Dan yang terpenting masuk ke area ini gratis, menarik bukan.

Nah itulah 3 objek wisata pilihan saya di daerah Jogja yang pastinya bisa kalian jadikan referensi dan panduan untuk liburan kalian nanti. Semoga bisa bermanfaat dan jadi menjadi inspirasi liburan kalian yah.

Penulis: Eduardus Ryan Yulianto

Instagram: @eduardusryan48.edo

Press Enter To Begin Your Search
×