Loading...

Sumatera Barat kini memiliki destinasi baru yang menarik perhatian, yaitu sebuah kawasan wisata bahari terpadu bernama Pulau Mandeh. Keindahan dari Pulau Mandeh Sumatera Barat sebagai tempat wisata bahkan disandingkan dengan keindahan Kepulauan Raja Ampat, Papua. Di sini, kamu bisa menemukan banyak keindahan alam dan melakukan banyak aktivitas seru. 

Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Pulau Mandeh, yuk simak!

Keindahan Pulau Mandeh

Pulau-Mandeh Pulau Mandeh : Pemandangan di Pulau Mandeh

Berkunjung ke sini para pengunjung bisa melihat berbagai macam pemandangan serta pulau cantik diantaranya, seperti Pulau Setan, Tarajun, Sorong Besar, Sorong Kecil, Pulau Merak hingga Pulau Cubadak. Dengan luas sekitar 70 hektar, keeksotisan pulau-pulau tersebut meliputi 389 hektar hutan mangrove beserta pasir putih. 

Selain itu, pemandangan Puncak Mandeh dan daerah teluknya yang indah amat menakjubkan. Semuanya dapat menjadi lanskap menarik untuk kamu lihat atau abadikan!

Fakta Unik Pulau Mandeh Sumatera Barat

Dulunya, Mandeh adalah julukan gugusan pulau yang ada di laut pesisir Selatan, Sumatera Barat. Pulau Mandeh dikatakan perawan karena dulunya sebagai kawasan yang terisolasi dan tak terjamah wisatawan. Padahal, kawasan ini dikelilingi gugusan pulau yang menawarkan keindahan berbeda.

Sebelumnya, wisata Pulau Mandeh tak terdengar karena daerahnya masih terisolir, akhirnya tahun 2000 jalur darat ke Mandeh mulai terbuka. Namun kembali terisolasi karena pengelolaan yang kurang maksimal. 

Untungnya, sejak Indonesia mencari ‘Bali Baru’ untuk menarik wisatawan, akhirnya Pulau Mandeh Sumbar pun terpilih. Untuk menjalani misi itu, jalanan menuju kawasan Kabupaten Pesisir Selatan ini pun diperbaiki dan selesai pada 2019 lalu. Sehingga, Pulau Mandeh diharapkan bisa mendunia. 

Spot Menarik di Pulau Mandeh

Pulau Mandeh Sumbar memilki beberapa spot menarik untuk kamu kunjungi selama berlibur ke sana. Berikut beberapa di antaranya:

Pulau Sironjong Gadang

Pulau-Mandeh Pulau Mandeh : Diving

Ada alasan jelas mengapa Pulau Mandeh Padang disandingkan dengan keindahan Raja Ampat, yaitu karena adanya spot menyelam yang sangat menarik. Tempat favorit untuk dijadikan tujuan diving dan snorkeling adalah Pulau Sironjong Gadang. Kedalaman dari spot menyelam di kawasan ini pun berkisar 20 meter. 

Selama menyelam di sini para wisatawan akan menemukan banyak sekali pemandangan menarik berupa karang-karang hingga biota laut yang warna-warni. Nemo menjadi salah satu jenis ikan yang sangat mendominasi di Pulau Sironjong Gadang. Kemudian, jika kamu termasuk penyelam profesional, menyelamlah ke spot Kapal kargo Belanda MV, Boelongan Nederland yang karam di daerah ini.

Pulau Sironjong

Pulau-Mandeh Pulau Mandeh : Cliff Jumping

Setelah puas berenang dan menyelam jangan pergi dulu dari Kawasan Pulau Sironjong. Karena kamu dapat melakukan kegiatan seru lainnya yaitu cliff jumping di Sironjong Ketek yang berjarak sekitar 5 menit dari  dari Sironjong Kecil. 

Di sini, para pengunjung bisa lompat dari tebing yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Tenang saja, untuk naik ke atas telah tersedia tangga kayu. Jadi, para pengunjung tidak perlu repot-repot untuk memanjat tebing terlebih dahulu. 

Perlu diingat saat ingin lompat, pastikan area dalam keadaan kering atau tidak hujan. Karena kondisi yang basah dan licin akan berbahaya nantinya.

Puncak Mandeh

Pulau-Mandeh Pulau Mandeh : Bukit Mandeh

Tidak hanya aktivitas fisik saja yang bisa kamu lakukan Pulau Mandeh, tetapi juga mengeksplor keindahan alam, seperti berkunjung ke Puncak Mandeh. Dari atas Puncak Mandeh, kamu dapat melihat keindahan pemandangan Teluk Carocok Tarusan. 

Di sini para pengunjung dapat bersantai di sebuah area khusus untuk menikmati udara sejuk dan melihat pemandangan sekitar. Meski termasuk tempat wisata baru, di Bukit Mandeh para pengunjung juga dapat menemukan beberapa fasilitas. Seperti toilet hingga warung yang menyediakan tempat duduk nyaman.

Pulau Cubadak

Pulau-Mandeh Pulau Mandeh : Pulau Cubudak

Salah satu pulau yang ada di kawasan Pulau Mandeh adalah Pulau Cubadak. Di sini, kamu dapat beristirahat di resort Paradiso Village. Karena termasuk pulau pribadi, suasana dari Pulau Cubadak  pun berbeda dengan pulau-pulau lainnya. 

Para pengunjung dapat beristirahat dengan tenang selama di sini. Karena jauh dari hiruk pikuk. Untuk dapat bermalam di Pulau Cubadak, kamu perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp1,3 juta per malamnya. Para pengunjung pun bisa melakukan berbagai kegiatan menarik mulai dari sekedar berenang, snorkeling, naik kani hingga memancing.

Pulau Setan

pulau mandeh

Dulunya, penduduk lokal menyebut pulau yang terkesan horor ini sebagai “Pulau Sultan”. Namun berubah menjadi “Pulau Setan”. Meski namanya seram, tapi Pulau Setan punya pemandangan yang amat cantik.

Terletak di sebelah barat Sungai Pisang, wisatawan bisa menuju Puncak Puvy. Dari puncak ini Anda bisa mengabadikan keindahan hamparan laut dan gugusan pulau. Saking indahnya, banyak wisatawan yang selfie dengan latar belakang keindahan alam Pulau Mandeh Sumatera Barat ini. Lalu, pinggiran pantainya yang dangkal sangat aman untuk berenang. Nah, anak-anak penduduk setempat sering banget menikmati hari-hari mereka bermain di pinggir pantai. Kamu juga bisa ikut merasakan gimana serunya jadi anak pulau.

Pulau Kapo Kapo

pulau-mandeh

Banyak yang menduga Pulau Mandeh yang berada di kawasan Sumatera Barat ini bakalan terik banget. Tapi berbeda dengan Pulau Kapo Kapo. Sebab, pulau satu ini kawasan pantainya lebih sejuk karena pepohonan yang berdiri kokoh. 

Sehingga, bersantai di Pulau Kapo Kapo sangat nyaman buat kamu yang nggak pengen kulitnya terlalu gosong. Selain bisa menginap di cottage tradisional, kamu juga bisa menikmati makanan khas di pulau yakni ikan bakar. Makan ikan segar di pinggir pantai adalah kegiatan wajib kalau kamu lagi berlibur!

Sungai Gemuruh

pulau-mandeh

Setelah puas bermain di Pulau Cubadak, kamu bisa eksplor ke Sungai Gemuruh. Untuk menuju lokasi air terjun ini, kapal kecil yang kamu naiki akan menyusuri pemandangan hutan mangrove yang asri.

Gemericik air di dekat laut ini bakalan bikin kamu semakin penasaran. Di sini, kamu bisa membilas badan setelah snorkeling seharian, atau sekedar bermain air dan duduk-duduk sambil istirahat di tepi batu air terjun. Tapi saat bilas jangan pakai sabun ya, agar kita tetap bisa menjaga lingkungan.

Cara Menuju Pulau Mandeh

Pulau-Mandeh Pulau Mandeh : naik kapal cepat

Pulau Mandeh sendiri dapat dijangkau dengan berbagai macam cara. Pertama adalah dengan melalui jalur udara seperti dengan pesawat. Tiket pesawat untuk penerbangan dari Jakarta ke Padang dijual dengan harga Rp 597.100 hingga Rp 1.973.600. 
Setelahnya, kamu pun dapat melanjutkan perjalanan dengan naik taksi berplat hitam yang langsung menuju ke Mandeh. Kamu hanya perlu menyewa mobil dengan harga Rp100 ribu sekali jalan. 

Sedangkan melalui jalur laut, bisa naik kapal cepat dari Pelabuhan Teluk Bayur atau dengan kapal wisata Bintang Mandeh dari pelabuhan Muaro Padang. Untuk naik kapal cepat  tersebut para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp300 ribu.
Pulau Mandeh sendiri dapat dijangkau dengan berbagai macam cara. Pertama adalah dengan melalui jalur udara seperti dengan pesawat. Tiket pesawat untuk penerbangan dari Jakarta ke Padang dijual dengan harga Rp 597.100 hingga Rp 1.973.600. 

Setelahnya, kamu pun dapat melanjutkan perjalanan dengan naik taksi berplat hitam yang langsung menuju ke Mandeh. Kamu hanya perlu menyewa mobil dengan harga Rp100 ribu sekali jalan. 

Sedangkan melalui jalur laut, bisa naik kapal cepat dari Pelabuhan Teluk Bayur atau dengan kapal wisata Bintang Mandeh dari pelabuhan Muaro Padang. Untuk naik kapal cepat  tersebut para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp300 ribu.

Tips ke Pulau Mandeh

Pulau-Mandeh Pulau Mandeh

Ada beberapa  hal yang perlu para pengunjung perhatikan saat ingin berkunjung ke Pulau Mandeh, seperti:

  • Sewalah perahu dengan menyesuaikan jam kedatangan. Bila datang pada siang hari misalnya kamu dapat dengan mudah menawar harga perahu menjadi lebih murah karena waktu yang digunakan juga lebih singkat.
  • Datanglah ke sini dalam jumlah yang banyak atau rombongan. Kamu dapat mengajak serta teman-teman atau mungin bisa ikut dengan rombongan pengunjung lainnya. Dengan begitu kamu dapat menyewa kapal dengan harga yang lebih murah. Perlu diingat juga kapasitas dari kapal menuju Pulau Mandeh merupakan 20 orang.
  • Itulah beberapa informasi berkaitan dengan Pulau Mandeh, Sumetara Barat yang dapat kamu kunjungi. Kamu sendiri apa pernah berkunjung ke sini? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Vietnam, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Alasan Harus ke Pulau Mandeh

1. Menikmati Infrastruktur Baru

Mengingat pemerintah Indonesia sudah memperbaiki jalur menuju Mandeh, jalannya sudah pasti mulus demi melancarkan misi pengembangan wisata baru. Untuk ke Pulau Mandeh Sumbar, dari kota Padang kamu hanya membutuhkan waktu 2 jam.

2. Wisata Paket Lengkap

Walaupun eksplorasi ke berbagai pulau yang ada di sana, kamu bisa menginap di cottage kawan pulau. Selain itu, wisata Pulau Mandeh bisa disebut sebagai wisata paket lengkap karena kamu bisa menikmati keindahan alam yang lengkap. Mulai dari pantai,  gunung, hutan mangrove yang rindang, hingga aliran air tawar.

3. Transportasi Mudah Ditemukan

Walaupun Pulau Mandeh sempat jadi kawasan terisolasi, kamu bisa menikmati pulau ini dengan mudah karena mudahnya transportasi yang dibutuhkan. Mulai dari agen perjalanan darat, hingga kapal untuk eksplor setiap pulau pun mudah ditemukan.

4. Rute Balap Sepeda Internasional, Tour de Singkarak (TdS)

Buat kamu yang selama ini penasaran dengan jalur balap sepeda Tour de Singkarak, nah bisa masukin Pulau Mandeh dalam daftar tujuan liburanmu. Mandeh terpilih karena punya pemandangan seperti Raja Ampat yang menakjubkan. Tentunya sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia untuk menarik perhatian turis mancanegara.

5. Pulau yang Menenangkan

Pulau di Sumatera Barat ini adalah surga di bagian selatan. Menginap di pulau ini bisa jadi pilihan kamu untuk menginap demi ketenangan. Setelah bosan dengan hiruk pikuk kesibukan kota dan tingginya tanggung jawab di kantor, kamu bisa mengejar ketenangan dengan berlibur ke Pulau Mandeh.

6. Lebih Murah Dibanding ke Raja Ampat

Liburan ke Raja Ampat versi Sumatera Barat ini tentunya lebih terjangkau. Dibanding ke Raja Ampat yang harus mengeluarkan kocek lebih untuk tiket pesawat, Pulau Mandeh bisa jadi solusi. Karena biaya akomodasi penerbangannya cukup jauh berbeda. Jadi, buat kamu yang belum bisa ke Raja Ampat, nggak ada salahnya untuk ke Pulau Mandeh. 

Pulau Lain yang Mirip Raja Ampat

Selain Mandeh, beberapa pulau yang ada di Indonesia ini punya pemandangan mirip Raja Ampat. Sehingga, bisa jadi alternatif untuk traveller yang belum bisa ke Raja Ampat karena terhalang anggaran yang terbatas.

Pulau Sombori

pulau mandeh

Selain Mandeh, Pulau Sombori juga dijuluki sebagai Raja Ampat versi Sulawesi Tengah. Jika kamu mau ke Pulau Sombori, kamu bisa menggunakan pesawat tujuan Kendari. Dari bandara Bandar Udara Haluoleo kamu bisa menggunakan transportasi online untuk menuju dermaga. 

Untuk pilihan menginap, kamu bisa memilih bermalam di Pulau Labengki Kecil atau Besar. Jika di Labengki kecil, kamu bisa membaur dengan penduduk setempat dan tinggal di rumah yang disewakan. Namun, jika ingin menginap dengan fasilitas lengkap, kamu bisa bermalam di Labengki Besar versi komersil.

Telaga Biru Semin

pulau mandeh

Telaga Biru Semin ini sebuah danau kecil yang terbentuk akibat kegiatan pertambangan batu putih di Semin Gunungkidul. Dari atas bukit Telaga Biru Semin, bisa terlihat danau atau telaga hijau. Namun, Telaga Biru Semin terbilang tidak aman bagi wisatawan. Sebab, bukit putih di sini mudah rapuh. Jadi, sebaiknya cari destinasi lain yang lebih aman.

Ulu Kasok

pulau mandeh

Raja Ampat mini Ulu Kasok di Koto Kampar yang berada di kepulauan Riau. Jika Pulau Mandeh Sumatera Barat menawarkan keindahan hamparan laut, Ulu Kasok jauh berbeda. Soalnya, pemandangan Ulu Kasok hanya danau air tawar sumber PLTA Kota Panjang.

Jadi sekarang sudah pertimbangkan untuk ke Pulau Mandeh? Jika kamu ingin jalan-jalan ke Raja Ampat versi Sumatera Barat, sebelum eksplor ke Mandeh, kamu bisa cari dan booking hotel di Padang dengan menggunakan aplikasi RedDoorz.

Klik untuk cari RedDoorz di Kawasan Sumatera Barat
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×