Loading...

wisata palembang

Foto: Pixabay

Sungai Musi pasti nggak asing di telinga orang Indonesia. Sungai yang terletak di Palembang ini punya daya tariknya tersendiri. Jembatan Ampera, jembatan yang membentang di atas Sungai Musi menjadi icon Kota Palembang yang menarik banyak wisatawan.Perpaduan antara keindahan Sungai Musi dan Jembatan Ampera menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi semua orang yang pernah wisata Palembang

Namun kecantikan Sungai Musi ternyata menyimpan sebuah kisah mistis, lho. Konon ada hantu yang menghuni sungai musi. Warga sekitar menyebutnya Hantu Banyu. Berdasarkan kesaksian orang-orang yang pernah melihatnya, Hantu Banyu bentuknya seperti perpaduan manusia dan siamang yang memiliki rambut panjang dan berlendir. Ia biasanya muncul ketika adzan magrib berkumandang. 

Masyarakat Palembang percaya Hantu Banyu singgah ke rumah-rumah yang berada di tepi Sungai Musi. Biasanya orang-orang yang tinggal di tepi sungai rumahnya berbentuk panggung dan ada tangga yang langsung menuju ke sungai. Konon Hantu Banyu melumuri tangga itu dengan lendirnya agar orang-orang terpeleset dan langsung tercebur ke sungai. Ketika tercebur maka Hantu Banyu akan langsung menangkapnya. 

Setiap tahun pasti ada yang tercebur di Sungai Musi. Orang-orang yang jadi mangsa Hantu Banyu biasanya mayatnya akan mengapung dengan posisi menunduk dan memeluk kedua kaki yang dilipat. Selain itu, kepala korban Hantu Banyu juga berlubang. Katanya lubang ini sengaja dibuat Hantu Banyu untuk menghisap isi kepala mangsanya. 

Meskipun misteri Hantu Banyu bikin bulu kuduk berdiri, namun hal itu  nggak menyurutkan antusias orang-orang buat datang melihat pesona wisata Sungai Musi. Selain Sungai Musi, ada banyak tempat wisata menarik lainnya di Palembang, lho. 

Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Palembang merupakan salah satu kota bersejarah di Indonesia. Nggak heran di sini banyak sekali bangunan-bangunan tua yang syarat dengan kenangan masa lalu. Buat kamu yang suka sejarah, berwisata ke Palembang adalah pilihan yang sangat tepat. Berikut rekomendasi tempat wisata ikonik di Palembang yang bisa kamu jadikan itinerary buat liburan. 

1. Masjid Cheng Ho

wisata palembang

Ilustrasi Foto: Pixabay

Masjid Cheng Ho punya nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho. Masjid ini adalah simbol multikulturalisme. Masjid Cheng Ho menjadi simbol persatuan masyarakat tionghoa dan islam yang banyak bermukim di Palembang. Keunikan masjid ini terlihat dari gaya arsitekturnya. Bentuknya tidak seperti masjid pada umumnya. Meskipun tetap memiliki kubah, namun kedua menara di samping masjid dan pintu masuknya berbentuk seperti bangunan di kuil. 

Mungkin buat kamu yang belum pernah ke sini sebelumnya, kamu nggak akan menyangka kalau bangunan ini ternyata adalah majid. Bentuknya yang sangat unik membuat Masjid Cheng Ho ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran.

2. Museum Balaputradeva

Palembang terletak di bekas kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, kerajaan maritim termansyur di nusantara. Untuk melestarikan kekayaan sejarah yang pernah ada di bumi Palembang, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan membangun Museum Balaputradeva. Museum ini terletak di Jalan Srijaya I No. 28, Palembang. 

Museum Balaputradeva berdiri di tanah seluas 23.565 meter persegi. Menyimpan 10 jenis koleksi dengan total 3,882 benda bersejarah. Koleksi museum terdiri dari peninggalan zaman pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, zaman Kesultanan Palembang, sampai zaman kolonialisme Belanda. 

3. Pulau Kemaro

wisata palembang

Ilustrasi Foto: Pixabay

Pulau Kemaro berbeda dari pulau pada umumnya. Biasanya pulau terletak di hamparan samudra tapi kalau Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi. Pulau Kemaro termasuk pulau yang cukup legendari di Palembang. Namanya pulau ini diambil dari kata “kemarau” karena pulau ini tidak pernah tenggelam meskipun Sungai Musi sedang pasang. Meskipun berada di tengah sungai bukan berarti sungai ini kosong, lho. Di Pulau Kemaro terdapat beberapa situs sejarah seperti Pagoda berlantai sembilan, Klenteng Hok Tjing Rio, pohon cinta, dan makam. Oke banget kan buat dijadikan tujuan wisata saat ke Palembang? 

4. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II

Masjid Agung Sultan Mahmud badaruddin II merupakan masjid tertua di Palembang yang didirikan pada tahun 1738. Terletak di tengah kota Palembang, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II termasuk masjid yang cukup megah. Masjid ini memiliki luas 1.080 meter persegi dan mampu menampung 1.200 orang jamaan. Nggak heran, masjid ini sering dijadikan tempat wisata religi bagi wisatawan yang datang ke Palembang. Bukan cuma itu, masjid ini punya gaya arsitektur unik yang menggabungkan unsur Tionghoa, Eropa, dan Indonesia. Manarik kan, RedTravelel? 

5. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

wisata palembang

Foto: Instagram @Taman_kerajaan_sriwijaya

Dulunya Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dikenal dengan nama Situs Karanganyar. Sebenarnya taman wisata ini berada di pemukiman penduduk. Banyak orang meyakini bahwa tempat ini dulunya bekas wilayah Kerajaan Sriwijaya karena terdapat jaringan parit dan kolam yang tersusun rapi. Banyak bukti-bukti sejarah yang mengaitkan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dengan kerajaan masa lalu itu. Buat kamu yang penasaran sama peninggalan Kerajaan Sriwijaya, boleh banget nih mampir ke sini. 

Gimana, keren-keren kan tempat wisata Palembang? Buruan deh ajak teman-teman dan keluarga kamu buat liburan ke Palembang, tapi jangan lupa nginepnya di RedDoorz ya, RedTraveler!
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×