Loading...

Sumber: www.unsplash.com

Gunung Papandayan, Gunung Ciremai, Gunung Pangrango, dan Gunung Gede adalah segelintir nama gunung yang memberi alasan banyak orang mengunjungi Jawa Barat. Berbeda dari kebanyakan daerah di Indonesia yang cenderung lebih hangat, Jawa Barat menawarkan suasana yang lebih sejuk dan panorama alam yang menyegarkan mata. Dihimpit oleh jajaran pegunungan tak lantas membuat wisata di Jawa Barat dianggap menarik oleh pendaki saja. Pasalnya, Jawa Barat masih menyimpan aneka destinasi wisata yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Contoh nyatanya berada di Pangandaran. Tempat kelahiran mantan menteri perikanan dan kelautan, Susi Pudjiastuti, ini justru lebih dikenal karena pantai-pantainya yang mempesona. Dinilai lebih ramah bagi segala kelompok usia, pantai menjadi destinasi wisata Pangandaran yang cocok buat menghabiskan waktu bersama keluarga atau istilah kerennya quality time. Disamping pantai, Kabupaten Pangandaran masih memiliki sederet destinasi wisata seru. Destinasi wisata paling menarik di Pangandaran itu telah RedDoorz rangkum dalam daftar berikut ini!

1. Green Canyon

Sumber: www.unsplash.com

Kalau Amerika Serikat punya Grand Canyon, Pangandaran punya Green Canyon! Dalam Bahasa Sunda, Green Canyon dinamakan Cukang Taneuh yang berarti jembatan tanah. Hal ini dikarenakan terdapat jembatan yang menghubungkan kawasan Green Canyon dengan desa setempat.

Green Canyon amat populer karena airnya begitu jernih hingga terlihat seperti berwarna tosca. Selama berada di Green Canyon, kamu dan keluarga bisa memacu adrenalin dengan melakukan rafting. Jika rafting terlalu menantang buatmu, cukup susuri Sungai Cijulang menggunakan perahu dan siap-siap dibuat terpana oleh tebing-tebing batu yang mengelilingi!

2. Pantai Pangandaran

Sumber: www.pixabay.com

Destinasi wisata yang satu ini diklaim sebagai primadona Pangandaran. Berhiaskan pasir putih dan air laut yang jernih, siapa yang nggak takluk sama kecantikan Pantai Pangandaran? For your information, Pantai Pangandaran terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Pantai Pananjung yang terletak di bagian barat Pantai Pangandaran dan Pantai Pangandaran Timur.

Ombak di Pantai Pananjung lebih asyik (dan aman) dimanfaatkan untuk berenang. Menjelang malam, kamu juga bisa menyaksikan matahari terbenam alias sunset. Di Pantai Pananjung itu pula kamu bisa menemukan aneka kedai makanan. Dapat disimpulkan bahwa Pantai Pangandaran bagian barat ini pas banget buat rekreasi keluarga. Lain halnya dengan Pantai Pangandaran Timur yang diramaikan tambak-tambak ikan. Meski begitu, kedua bagian Pantai Pangandaran sama-sama indah kok!

3. Pantai Batu Hiu

Sumber: www.unsplash.com

Belum ada kesempatan mengunjungi Bali? Nggak usah sedih, soalnya Pangandaran punya pantai yang nuansanya menyerupai Tanah Lot, Bali! Daya tarik Pantai Batu Hiu bukan hanya tersirat dari panoramanya aja, tapi juga legenda dibalik namanya. Konon, nama Batu Hiu diambil dari kisah pasukan buangan Kerajaan Mataram yang berhasil menangkap hiu, tetapi berubah menjadi batu hitam saat hendak dilepaskan. Keberadaan batu berbentuk hiu di pantai itulah yang menginspirasi nama “Pantai Batu Hiu”. Entah benar atau tidak, Pantai Batu Hiu tetap pantas dikunjungi!

4. Curug Bojong

Sumber: www.unsplash.com

Masih seputar aktivitas air, Curug (air terjun) Bojong menjadi destinasi wisata di Pangandaran yang jangan sampai dilewatkan. Dibandingkan arus sungai lainnya, arus sungai di Curug Bojong lebih deras. Kondisi arus seperti ini pas banget buat kamu yang belum pernah mencoba river tubing sebelumnya.

Berlokasi sekitar 15 km dari pusat Kabupaten Pangandaran, akses Curug Bojong masih cukup sulit. Jalannya berkelok dan berlubang. RedDoorz merekomendasikan agar kamu menggunakan jasa tour guide demi efisiensi waktu. Tenang, biaya yang kamu keluarkan itu dijamin terbayarkan sama pengalaman kamu di Curug Bojong!

5. Cagar Alam Pananjung

Sumber: www.unsplash.com

Setelah puas bermain air, kini saatnya menjelajahi tempat wisata edukatif. Disebut edukatif karena Cagar Alam Pananjung merupakan pusat konservasi keberagaman hayati di Pangandaran. Berbagai flora dan fauna yang tadinya cuma bisa disaksikan melalui internet atau televisi bisa kamu ajak berinteraksi langsung di sini. Lutung, kancil, ayam hutan, burung Kangkareng sampai ular sanca bermukim di area seluas 37 hektar ini.

Masih berada di kompleks yang sama, Cagar Alam Pananjung menawarkan obyek wisata di Pangandaran lainnya, seperti Hutan Tanamah Jati dan Mahoni, Hutan Dataran Rendah, Hutan Pantai, dan Goa Keramat. Sesuai namanya, Goa Keramat disinyalir sakral karena berdasarkan legenda, inilah lokasi di mana para pangeran dari Mesir bertapa.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata Pangandaran yang harus masuk ke dalam itinerary kamu saat berlibur bersama keluarga. Udah siap membuat memori berharga di Pangandaran?

Press Enter To Begin Your Search
×