Loading...

www.unsplash.com

Cuma ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 30 menit, Kota Malang dan Kota Batu masih sering dianggap berada dalam daerah yang sama. Tak heran jika para turis yang tadinya berniat berwisata di Malang malah justru lebih sering menjelajahi destinasi wisata di Kota Batu. Biar nggak salah lagi, berikut ini RedDoorz punya daftar wisata Malang (bukan Batu)!

Tempat Wisata Malang

1. Flora Wisata San Terra De Lafonte

Sumber: instagram.com/florawisata.santerra

Belum genap setahun setelah wisata ini dibuka, Flora Wisata San Terra De Lafonte terpaksa berhenti menerima pengunjung akibat pandemi COVID-19 dan belum bisa diprediksi kapan akan dibuka kembali. Bertemakan taman bunga, terdapat lebih dari 500 jenis bunga tersebar di berbagai wahana. Beberapa wahana yang dimaksud mendukung pengunjung yang sengaja datang untuk mendapatkan foto-foto Instagramable, seperti wahana Little Korea dan I’amsterdam.

Pemilihan bangunan apa yang ingin ditiru, warna, pepohonan, dan dekorasi lainnya dibuat semirip mungkin dengan suasana di Korea Selatan dan Amsterdam. Tak ketinggalan juga wahana kebun bunga. Tentunya wahana ini menjadi wahana esensial di Flora Wisata San Terra De Lafonte yang sayang dilewatkan.

2. Malang Night Paradise

Sumber: instagram.com/malangnightparadise

Taman hiburan keluarga yang beroperasi saat malam hari udah lebih dulu dibuka di kota tetangganya, Kota Batu, dengan nama “Batu Night Spectacular”. Tapi berbeda dari Batu Night Spectacular yang fokus sebagai pusat hiburan, Malang Night Paradise cenderung mengemas unsur edukasi dalam bentuk hiburan. Terbukti dari diwujudkannya Taman Dinosaurus di sini.

Taman Dinosaurus berisi replika 12 dinosaurus yang bisa bergerak, bersuara, dan disentuh, sehingga anak-anak dapat memperoleh gambaran lebih jelas tentang bentuk Dinosaurus sesungguhnya. Belum puas hanya mengeksplor satu wahana? Tenang, Malang Night Paradise juga memiliki Taman Lampion. Memasuki wahana lampion, kamu akan disambut oleh atraksi air mancur yang menari dan kelap-kelip sinar lampion yang bercahaya dengan indahnya.

3. Pantai Balekambang

Sumber: instagram.com/balekambang_beach

Dari sejumlah destinasi wisata Malang yang tersohor, kebanyakan merupakan destinasi wisata buatan tangan manusia. Padahal pesona alam Malang tak kalah memikat. Salah satunya adalah Pantai Balekambang yang diklaim sebagai “Tanah Lot-nya Jawa Timur” lho! Sebab, di kedua pantai ini berdiri sebuah pura di atas pulau karang. Sebelum digunakan untuk berwisata, Pantai Balekambang udah lebih dulu dijadikan tempat beribadah umat Hindu.

Pantai identik dengan panorama matahari terbit dan terbenamnya, tapi di Pantai Balekambang, ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan. Mau melintasi laut dengan flying fox? Berkemah di pinggir pantai? Atau sekadar jalan-jalan di atas jembatan yang menghubungi tiga pulau di atas bebatuan karang? Semua bisa terpenuhi di Pantai Balekambang!

4. Coban Rondo

Sumber: instagram.com/cobanrondomalang

Destinasi wisata Malang yang terakhir adalah Coban Rondo. Bagi yang baru pertama kali mendengar namanya, Coban Rondo merupakan air terjun yang berada di Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon, Malang. Coban Rondo ini cocok banget kalau kamu tengah mencari obyek wisata alam dengan fasilitas mumpuni, mulai dari area perkemahan di sekitar air terjun, penangkaran satwa, hingga kebun.

Tak hanya melakukan olahraga air, seperti fun tubing, atau bermain di bawah derasnya pancuran air terjun Coban Rondo, kamu juga bisa mengamati langsung kehidupan lutung, kera abu-abu, dan aneka jenis burung-burung yang dibiarkan hidup bebas. Masih belum puas? Tenang, kamu dipersilakan mengitari lokasi wisata Coban Rondo menggunakan kuda, sepeda gunung, atau melintasi jalur trekking. Seru banget, kan?

Melihat semakin banyaknya spot-spot rekreasi di kota Malang nggak heran kalau jumlah wisatawan di kota ini kian meningkat setiap tahunnya. Tapi khusus tahun 2020, wisatawan di Kota Malang mungkin jauh lebih jarang ditemukan akibat pandemi COVID-19 yang memaksa masyarakat agar tak bepergian ke luar kota. Walaupun jarang, bukan berarti Kota Malang kehabisan wisatawan sama sekali. Jika kamu memilih berwisata ke Kota Malang di tengah pandemi, kesehatan kamu dan partner liburan harus benar-benar terjaga dong. Ini panduannya supaya kondisi tubuh selalu dalam keadaan bugar meski pandemi belum usai!

Tips Agar Kesehatan Terjaga

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Langkah pertama ini mungkin sudah kerap disebut, namun memang kenyataannya memenuhi gizi yang dibutuhkan sangat mempengaruhi performa tubuh. Tambah sayur-sayuran dan buah-buahan ke dalam menu makananmu agar tak kekurangan sumber vitamin. Pilih pula bahan makan yang tinggi protein. Kurangi intensitas membeli makanan dari luar, karena kamu nggak benar-benar memahami tingkat kebersihannya selama proses pembuatan santapanmu itu.

2. Lakukan Olahraga

Yuk, mulai biasakan tubuhmu bergerak. Rehat sejenak dari urusan pekerjaan atau pendidikan yang biasanya menuntutmu untuk duduk berlama-lama. Sebagai pemula, nggak perlu melakukan latihan berat. Kamu bisa mencoba beralih dari elevator ke tangga darurat jika kamu tinggal atau bekerja di sebuah gedung. Tetapkan waktu tertentu, setidaknya 15 menit setiap hari di sela-sela kesibukanmu, dan pilih aktivitas fisik yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Jaga Kebersihan

Tak bisa dipungkiri, pandemi sulit menghentikan kegiatan masyarakat di luar rumah. Jika memang ada keperluan yang mendesakmu pergi ke luar, pastikan kamu sering-sering melakukan cuci tangan dengan sabun atau bersihkan tangan menggunakan hand-sanitizer. Sebab tangan yang kotor menjadi media paling rentan dalam proses penularan COVID-19. Jangan lupa jaga sanitasi barang-barang yang dirimu bawa dari luar dengan disinfektan setelah kembali ke rumah.

4. Ambil Waktu “Me Time”

Istilah “Me Time” biasa digunakan untuk merujuk waktu-waktu di mana seseorang melakukan hal-hal yang dirinya sukai. Memanfaatkan waktu “Me Time” ini barangkali paling jarang disebut dalam tips-tips menjaga kesehatan, sebab tak berkaitan secara langsung terhadap fisik, melainkan terhadap mental. Sepanjang pandemi, kamu pasti menerima segala informasi yang berpotensi bikin stress. Maka dari itu, RedDoorz merekomendasikan supaya kamu mematikan televisi atau perangkat gadget-mu. Fokus melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebahagiaan dalam hati dan jiwa. Memiliki kondisi mental yang sehat juga tak kalah penting dari memiliki kondisi fisik yang prima lho!

Itu tadi daftar wisata Malang beserta tips menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19 yang bisa kamu terapkan, terlebih jika kamu memang masih berniat melakukan perjalanan ke luar kota. Jadi, kamu bergabung di tim liburan saat atau setelah pandemi nih? Baiknya sih setelah pandemi saja ya RedTraveler.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×