Loading...

pulau nias

Ilustrasi Foto: Pixabay

Salah satu daerah di Sumatera Utara yang menjadi destinasi wisata wajib untuk kamu kunjungi adalah Pulau Nias. Pulau Nias Sumatera Utara terkenal sebagai surganya pecinta olahraga air. Nggak hanya itu, pulau ini juga punya destinasi lain yang nggak kalah menarik dari kunjungan wisatawan. Mau tau apa aja? Ini dia ulasannya!

Wisata di Pulau Nias yang Masih Terjaga Alamnya dan Wajib Dikunjungi

Pulau Nias berada di Provinsi Sumatera Utara. Selain pantainya yang cantik, pulau ini punya kebudayaan yang unik yang makin membuat kamu tertarik untuk menjelajahinya. Nah, buat kamu yang tertarik, intip rekomendasi wisata Pulau Nias berikut ini!

Pantai Sorake

pulau nias

Ilustrasi Foto: Pixabay

Bagi kamu yang suka wisata air dan memacu adrenalin, bisa nih cobain surfing di pantai ini. Lokasinya berada di Nias Selatan, Sumatera Utara.

Pantai Sorake berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, karena itu ombak di pantai ini tingginya bisa mencapai 15 meter dan sangat bagus untuk para peselancar yang ingin beratraksi di atasnya.

Eits, buat para pemula tenang aja! Kamu juga bisa kok surfing di sini. Kamu bisa belajar bersama dengan warga lokal dan belajar teknik dasar. Nah, waktu yang cocok nih di pagi hari, karena ombaknya belum begitu tinggi.

Nggak mau surfing? Bisa juga! Kamu bisa melakukan aktivitas lainnya seperti berenang di tepi pantai, bermain pasir, atau sekedar berjemur sambil menikmati view Pantai Sorake yang eksotis.

Pulau Asu

pulau nias

Ilustrasi Foto: Pixabay

Bukan suatu hal yang mengherankan kalau Pulau Nias punya surga bawah laut yang cantik banget. Salah satunya berada di Pulau Asu. Pulau ini berada Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara.

Pulau Asu punya keindahan bawah laut sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi para pecinta diving dan snorkeling. Saking cantiknya, pulau ini diberi julukan sebagai “The Paradise on Earth” lho!

Pulau ini juga punya air yang jernih kebiruan dengan hamparan pasir putih yang luas. Siapapun yang ke sini, pasti akan sangat dimanjakan dengan pemandangannya.

Desa Bawomataluo

pulau nias

Foto: Shutterstock

Luas Pulau Nias yaitu 5.625 km persegi dan salah satu daerahnya terdapat sebuah desa yang bernama Desa Bawomataluo. Desa ini sangat populer bahkan sampai masuk ke dalam warisan dunia UNESCO.

Keunikan dari desa ini yaitu kebudayaannya yang masih kental dan juga banyaknya peninggalan-peninggalan zaman dulu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu tradisi yang nggak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi Desa Bawomataluo yaitu tradisi Lompat Batu.

Ada banyak keunikan lain yang bisa kamu temukan di desa ini, jadi kalau kamu tertarik untuk mempelajari kebudayaaan Nias, wajib banget mengunjungi Desa Bawomataluo.

Desa Orahili

Desa kebudayaan lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Desa Orahili. Desa ini merupakan salah satu kawasan megalithikum tertua yang ada di Indonesia. Jadi, akan ada banyak peninggalan yang bisa kamu temukan di sini.

Desa ini telah berdiri sejak 1.000 – 1.500 tahun yang lalu. Oleh karena itu, Desa Orahili adalah tempat yang tepat jika kamu ingin wisata kebudayaan di Pulau Nias.

Pantai Gawu Soyo

pulau nias

Ilustrasi Foto: Pixabay

Letak Pulau Nias yang berada di dekat dengan Samudera Indonesia membuat pulau ini memiliki pantai-pantai yang cantik.

Pantai Gawu Soyo adalah salah satunya yang berlokasi di Desa Ombolata, Afulu, Nias Utara, Sumatera Utara. Pantai ini bisa dikatakan sebagai “Pink Beach” nya Pulau Nias.

Daya tarik utama dari Pantai Gawu Soyo adalah pasirnya yang berwarna pink. Uniknya, pasir pink ini hanya membentang sejauh 1 km aja lho! Sisanya sama seperti kebanyakan pantai yang lain, yaitu pasir putih bersih.

Pantai ini masih terjaga alamnya karena tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan. Cocok banget kan untuk dijadikan tempat relax dan healing dari kepenatan ibu kota. Apalagi dengan pemandangan yang memanjakan mata. Makin super lengkap deh!

Air Terjun Mondrowe

pulau nias

Ilustrasi Foto: Pixabay

Air Terjun Mondrowe adalah air terjun tertinggi yang berada di Pulau Nias. Ketinggiannya sendiri yaitu 18 meter dan terdapat danau yang berada di kaki air terjun tersebut.

Untuk bisa menikmati pengalaman tak terlupakan ini, kamu harus menapaki tangga setinggi 10 meter dengan kemiringan 45 derajat. Selama perjalanan, kamu bisa menikmati sejuknya udara di sekitar air terjun ini, jadinya nggak akan terasa rasa lelahnya.

Tentunya, semua itu akan terbayar ketika kamu tiba di Air Terjun Mondrowe. Kamu bisa menikmati segarnya air terjun dan juga pemandangan alam yang masih asri ditambah riuhnya kicauan burung.

Rekomendasi tempat wisata di Pulau Nias tentunya bisa kamu jadikan agenda untuk trip selanjutnya. Supaya perjalanan kamu di Pulau Nias makin mengasyikkan, tentunya kamu membutuhkan tempat menginap dong! Urusan yang satu itu, serahin aja sama RedDoorz.

Ada banyak pilihan penginapan yang bisa kamu temukan di RedDoorz. Tinggal cari penginapan yang diinginkan dan booking deh! Download juga aplikasi RedDoorz supaya perjalanan kamu semakin mudah tanpa ribet. Kamu jadi bisa pesan kapan pun dan di mana pun!

Yuk, download sekarang juga dan temukan info menarik lainnya!

Press Enter To Begin Your Search
×