Loading...

wisata di jawa tengah

Foto: Unsplash

Liburan kini nggak perlu jauh-jauh lagi sampai ke luar negeri, karena di negara sendiri punya banyak tempat yang nggak kalah menarik dan worth it banget. Kali ini, RedDoorz mau ngasih daftar tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib kamu kunjungi bareng teman-teman ataupun keluarga.

Wisata di Jawa Tengah yang Aman Dikunjungi Pada Masa Pandemi

Buat yang tinggal di Pulau Jawa, kamu bisa mengakses tempat wisata di Jawa Tengah ini melalui jalur darat, lho. Udah gitu, beberapa destinasinya juga udah aman dan bisa dikunjungi pada masa pandemi seperti ini. Penasaran? Yuk, lihat detailnya di bawah ini.

Plato Dieng

wisata di jawa tengah

Foto: Unsplash

Kalau kamu lagi nyari wisata di Jawa Tengah yang instagramble dengan view keindahan alam, wajib banget mengunjungi Plato Dieng. Ada banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi seperti, Gunung Prau, Candi Arjuna, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, dan masih banyak lagi.

Suka wisata yang menantang adrenalin? Cobain mendaki di Gunung Prau. Wisata ini banyak dikunjungi karena pemandangan dari puncaknya yang cantik banget. Kamu bisa melihat sunset ataupun sunrise yang dikeliling oleh awan putih seperti kapas.

Nah, buat kamu yang lagi nyari tempat healing dan sepi dari banyak orang, kamu bisa mengunjungi Telaga Merdada. Di sini kamu akan merasakan suasana yang tenang dan damai dan bisa jadi short gateway dari hiruk-pikuk perkotaan.

Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang berada di Dieng dan di sekitarnya terdapat lahan pertanian yang menambah keindahan karya ciptaan Tuhan ini.

Hutan Pinus Kalipasang

wisata di jawa tengah

Ilustrasi Foto: Unsplash

Hutan Pinus Kalipasang punya suasana sejuk khas pegunungan karena letaknya berada di kaki Gunung Merbabu. Lokasi wisata di Jawa Tengah ini berada di Desa Batur, Getasan, Semarang, Jawa Tengah.

Jajaran hutan pinus yang menjulang tinggi menambah keeksotisan wisata alam ini. Udah gitu, ada banyak spot foto yang bisa diabadikan melalui handphone kamu seperti panggung pertunjukkan, hutan pinus, pohon bengkok, hammock, dan spot-spot lainnya.

Hutan Pinus Kalipasang bisa kamu kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.30 WIB dengan biaya masuk Rp5 ribuan saja per orangnya. Sangat terjangkau banget kan!

Pulau Panjang

wisata di jawa tengah

Ilustrasi Foto: Unsplash

Pulau Panjang cocok banget untuk kamu yang suka wisata air dengan pemandangan hamparan laut biru yang luas sejauh mata memandang. Pulau ini terletak di Ujung Batu, Jepara, Jawa Tengah.

Pulau Panjang dikelilingi oleh pasir putih yang luas dan juga laut yang dangkal, sehingga cocok banget untuk bermain pasir atau sekedar berjemur di pantainya.

Selain itu, kamu juga bisa snorkeling dan bermain canoe sambil melihat terumbu karangnya yang cantik dan memukau. Nggak perlu takut untuk berenang kalau berada di sini, karena arus airnya berasal dari selatan dan barat sehingga sangat tenang. Namun, kamu tetap harus berhati-hati ya!

Kamu juga bisa menikmati hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi yang merupakan tempat bermalam dan berkembang biak oleh burung laut.

Kota Lama

wisata di jawa tengah

Foto: Unsplash

Siapa yang nggak mengenal destinasi kota wisata di Jawa Tengah ini? Kota Lama merupakan kota tua yang berada di Semarang dengan arsitektur khas bangunan-bangunan besar peninggalan Belanda.

Kota Lama dulunya merupakan tempat pusat perdagangan pada abad 19 dan 20. Sekarang, tempat ini digunakan sebagai tujuan wisata masyarakat lokal dan mancanegara. Rasanya akan kurang lengkap kalau ke Semarang tetapi nggak mengunjungi bangunan peninggalan Belanda ini.

Kamu juga bisa hunting foto di lokasi ini dengan berlatarkan bangunan-bangunan kuno yang keren dan aesthetic. Lokasinya berada di Jalan Letjen Suprapto, Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Kamu bisa datang kapanpun semau kamu karena wisata ini buka 24 jam.

Keraton Surakarta Hadiningrat

wisata di jawa tengah

Ilustrasi Foto: Unsplash

Kalau Semarang punya Kota Lama, Solo punya Keraton Surakarta. Bedanya, wisata ini punya bangunan dengan ciri khas budaya Jawa yang unik. Selain itu, tempat ini juga punya area yang luas dan masih terawat dengan baik.

Wajib banget berkunjung ke sini kalau kamu lagi berada di Solo. Ada banyak koleksi milik Kasunan yang bisa kamu temukan seperti, benda pusaka, barang pemberian Raja Eropa, gamelan, dan lain-lain.

Keraton Surakarta buka setiap hari kecuali hari Selasa pada jam 09.00 – 14. 00 saat weekdays dan 09.00 – 15. 00 pada saat weekend.

Candi Cetho

wisata di jawa tengah

Ilustrasi Foto: Unsplash

Candi Cetho sering disebut sebagai candi di atas awan karena letaknya berada di atas ketinggian tepatnya di Lereng Gunung Lawu. Bahkan candi ini juga masuk sebagai salah satu candi tertinggi di Pulau Jawa, lho!

Lokasinya berada di Desa Gumeng, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah. Saking indahnya candi ini, banyak wisatawan yang datang hanya untuk menikmati panorama cantik di kawasan Candi Cetho.

Banyak pemandangan yang menakjubkan dan juga situ-situs yang masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu sampai saat ini. Kamu nggak akan menyesal mengunjungi desa wisata di Jawa Tengah ini deh!

Wisata di Jawa Tengah tersebut tentunya bisa kamu kunjungi bareng keluarga, teman-teman, orang tersayang, bahkan solo traveler. Udah ada destinasinya, tempat penginapan yang nyaman pastinya dibutuhkan juga dong sebagai tempat kamu beristirahat. Untuk yang satu itu kamu tentu aja bisa mengandalkan RedDoorz.

Ada banyak pilihan hotel yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Download aplikasi RedDoorz dan temukan hotel yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa pesan hotel yang kamu mau kapan pun dan di mana pun nggak pakai ribet.

Yuk, download sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×