Loading...

wisata di bandung

Foto: Unsplash

Sebentar lagi liburan akhir tahun akan datang. Liburan adalah hal yang paling menyenangkan dan dinanti-nantikan untuk refreshing sejenak dari aktivitas sehari-hari. Untuk kamu yang ingin liburan anti-mainstream sekaligus bisa mempelajari salah satu budaya di Indonesia, harus banget nih berkunjung ke wisata di Bandung yang kaya akan budaya Jawa Barat nya.

5 Wisata di Bandung yang Kaya Akan Budaya Jawa Barat

Liburan ke tempat yang gitu-gitu aja pasti membosankan. Oleh karena itu, RedDoorz mau ngasih rekomendasi tempat wisata di Bandung buat ngisi liburan akhir tahun sekalian bisa belajar budaya dan liburan sekaligus. Selengkapnya, ada di bawah ini!

Saung Angklung Udjo

wisata di bandung

Foto: instagram.com/angklungudjo

Mungkin di antara kamu semasa kecilnya pernah mengunjungi objek wisata di Bandung yang satu ini. Tempat ini seringkali dijadikan tujuan liburan sekolah bagi para anak-anak semasa bersekolah. Tapi nggak perlu khawatir, semua kalangan juga bisa kok berkunjung di sini. Tempatnya sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan sampai mancanegara, lho!

Saung Angklung Udjo nggak cuma mempelajari tentang angklung aja, tapi juga mempelajari kesenian khas Jawa Barat lainnya seperti, pertunjukkan wayang golek. Kamu bisa melihat pertunjukkan angklung sambil ikut memainkan alat musik tersebut bersama dengan wisatawan lainnya.

Tempat wisata di Bandung Jawa Barat ini berlokasi di Jalan Padasuka No. 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Taman Budaya Jawa Barat

Tempat wisata di Bandung ini berlokasi di Jalan Bukit Dago Utara No. 53, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Taman Budaya Jawa Barat punya berbagai macam pertunjukkan yang menarik seperti tari jaipong, angklung, wayang golek, kuda lumping, pantun bubun, sandiwara, dan masih banyak lagi.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan galeri pameran yang digunakan sebagai tempat pameran seni rupa, lomba, dan diskusi. Kamu juga bisa menyantap makanan khas Jawa Barat di sini sekaligus menikmati suasana Kota Bandung.

Kampung Adat Cireundeu

wisata di bandung

Foto: instagram.com/visitcireundeu

Indonesia memang terkenal dengan kebudayaannya yang khas dan unik-unik. Salah satunya yaitu berada di Kampung Adat Cireundeu. Tempat ini cocok banget untuk kamu yang ingin mempelajari adat Cireundeu yang sudah turun-temurun dari nenek moyang mereka.

Beberapa tradisi unik dari penduduk lokal di sini yaitu singkong sebagai makanan pokok, kepercayaan Sunda Wiwitan yang menjadi pegangan teguh mereka, puncak salam atau tempat meditasi sebagai bentuk rasa syukut kepada alam, pintu samping rumah menghadap timur, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu ingin menyaksikan keunikan budaya khas Kampung Adat Cireundeu bisa banget berkunjung ke sini yang berada di Jalan Cireundeu, Leuwigajah, Cimahi Selatan, Cimahi, Jawa Barat.

Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa menyaksikan beberapa kesenian tradisional seperti, gondang, karinding, dan angklung buncis.

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga punya banyak koleksi peninggalan zaman pra-sejarah sampai kolonial. Kamu bisa melihat arca, replika gua, sampai peninggalan Kerajaan Pajajaran pada zaman dahulu pada lantai satu bangunan.

Di lantai dua, terdapat berbagai peninggalan lainnya yang bisa membuat kamu penasaran seperti, baju tradisional, alat musik tradisional khas Jawa Barat, dan permainannya.

Pada lantai ketiga merupakan tempat yang paling spesial, karena di lantai ini kamu bisa menemukan koleksi seni yang nggak ternilai harganya seperti lukisan, senjata, sampai perhiasan. Oleh karena itu, pengamanan di lantai ini ketat banget.

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Kota Bandung ini pada hari setiap hari kecuali hari Senin mulai pukul 08.00 WIB yang berada di Jalan BKR No. 185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kampung Adat Cikondang

wisata di bandung

Ilustrasi Foto: Pixabay

Kampung Adat Cikondang berada di Desa Lamajang, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Kampung ini merupakan tempat tinggal etnis Sunda yang sudah berusia 200 tahun.

Salah satu keunikan dari Kampung Adat Cikondang yaitu posisi rumahnya yang menghadap ke arah utara yang terbuat dari bamboo, kayu, dan ijuk. Selain itu, masyarakat di sini nggak perlu menggunakan paku, mereka hanya menggunakan tali ijuk sebagai pengikut.

Nggak cuma rumahnya aja yang unik, kampung ini juga masih melestarikan ritual adat mereka seperti pada tanggal 15 Muharram. Untuk menyambut hari besar tersebut, masyarakat jauh-jauh hari akan menumbuk beras menggunakan lisung, memasak masakan tradsional untuk upacara nantinya.

Benar-benar kerasa banget deh suasana tradisionalnya. Berkunjung ke sini nggak hanya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga sesuatu yang patut dipelajari dan dilestarikan supaya tidak hilang.

Gimana nih, kamu tertarik kan untuk berkunjung ke wisata di Bandung yang masih terdapat nilai budayanya yang kaya dan unik banget. Seru banget deh untuk jadi to do list kamu untuk liburan akhir tahun nanti.

Untuk memulai perjalanan kamu nanti, jangan lupa mempersiapkan semuanya dengan lengkap ya termasuk soal penginapan. Kamu bisa memilih hotel terdekat dengan destinasi wisata tersebut melalui RedDoorz.

Tinggal cari hotel yang kamu mau dan booking deh. Biar pesannya bisa kapan pun dan di mana pun nggak pakai ribet, kamu bisa download aplikasi RedDoorz di smartphone kesayanganmu. Yuk, tunggu apalagi? Download sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×