Loading...

wisata bantul

Jagat dunia maya beberapa hari belakangan sedang heboh membicarakan sebuah film pendek berjudul Tilik. Meskipun sudah dirilis sejak tahun 2018 lalu, namun baru sekarang film ini menarik perhatian masyarakat. Bantul dipilih sebagai lokasi syuting film Tilik. Suasananya yang masih khas pedesaan, bukan hanya pas dijadikan lokasi.

Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta syuting tapi juga untuk berwisata. Meskipun tidak sepopuler Kota Yogyakarta, namun wisata Bantul juga banyak yang menarik, lho. 

Buat yang sudah nonton Tilik kamu pasti tau saat Bu Tejo bersama ibu-ibu lainnya, naik truk Mas Gotrek melewati jalanan Bantul yang masih asri. Sawah hijau membentang luas sejauh mata memandang. Pepohonan di sepanjang jalan juga cukup rimbun. Berwisata ke Bantul bisa kamu pilih untuk menjadi destinasi liburanmu selanjutnya jika kamu mencari suasana pedesaan yang menenangkan. 

Tempat Wisata Bantul dengan Suasana Pedesaan

Bantul punya lanskap yang lengkap dari area perbukitan, perkebunan, sawah, sampai pantai. Lokasi yang sangat tepat jika kamu ingin berwisata alam di Bantul dengan paket lengkap. Berikut tempat wisata menarik di Bantul yang bisa kamu kunjungi untuk merasakan suasana pedesaan seperti di Film Tilik

1. Kebun Buah Manguan

wisata bantul

Seperti kebun buah pada umumnya, Kebun Buah Mangunan punya aneka ragam pohon buah-buahan seperti pohon durian, mangga, jeruk, dan masih banyak yang lainnya. Karena area perkebunan yang luas, maka kebun ini mampu menampung ratusan bahkan ribuan pohon dari setiap jenisnya. Melihat pepohonan yang hijau dan rimbun sudah jadi hal yang biasa, tapi kalau pohon-pohon itu punya warna lain dari buah-buah yang bergelantungan di dahannya pasti jadinya unik bangett!

Selain pohon-pohon buahnya, yang membuat Kebun Buah Mangunan banyak dilirik wisatawan adalah lokasinya yang berada di ketinggian 200 mbpl. Pada ketinggian ini kamu bisa melihat awan yang seolah-olah berada di bawah kamu. Banyak yang bilang lokasi ini seperti negeri di atas awan. Untuk mencapai lokasi Kebun Buah Mangunan kamu harus menempuh jarak 15 km dari pusat kota Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. 

Alamat: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

2. Pintu Langit Dahromo

Pintu Langit Dahromo jadi salah satu tempat wisata di Bantul yang sangat Instagrammable. Sebuah pintu yang terbuka lebar dan berada diatas ketinggian pasti jadi spot foto yang nggak biasa. Apalagi kalo kamu jago ambil angle saat memotret, niscaya kamu akan seolah-olah sedang membuka pintu menuju langit. Tidak heran tempat wisata ini dinamakan pintu langit.

Alamat: Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

3. Persawahan Sukorame Mangunan

wisata bantul

Buat orang-orang yang tinggal di kota, sawah jadi pemandangan yang langka. Makanya saat melihat area persawahan di film Tilik rasanya menyejukkan banget. Di Bantul memang banyak sawah, jadi kamu nggak akan sulit untuk menemukannya. Namun jika yang kamu cari adalah area persawahan yang sekaligus tempat wisata, kamu harus coba datang ke Persawahan Sukorame Mangunan. 

Lokasi wisata di Bantul yang satu ini sangat terkenal di kalangan anak muda. Sawah hijau yang luas sangat tepat dijadikan lokasi foto. Banyak yang bilang Persawahan Sukorame Mangunan sangat Instagrammable. Sejak 2018 ada jembatan bambu di tengah-tengah area sawah, sehingga kamu nggak akan menginjak-injak tanaman padi untuk bersenang-senang di sana. 

Alamat: Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

4. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung masih berada satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan. Lokasi ini terkenal dengan sunrise-nya yang menakjubkan. Tidak heran banyak orang datang kesini untuk berburu sunrise. Namun karena medan untuk menuju lokasi ini cukup sulit, kamu harus ekstra hati-hati ya, RedTaveller! 

Alamat: Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

5. Kebun Bunga Asri, Bantul

wisata bantul

Kebun Bunga Asri, Bantul memiliki luas sekitar 600 meter persegi. Kebun bunga ini termasuk dalam kelompok kebun bunga celosia yang tersebar di beberapa lokasi di Yogyakarta. Bunga Celosia mendominasi tanaman bunga di sini. Celosia berasal dari daratan Afrika. Di Indonesia, Celosia juga sering disebut Bunga Jengger Ayam karena bentuknya yang mirip jengger ayam. Bunga Celosia punya aneka warna seperti merah, kuning, jingga, merah muda, dan ungu. Di Kebun Bunga Asri kamu bisa melihat aneka keindahan dari Bunga Celosia sehingga harimu akan menjadi penuh warna.

Alamat: Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Kalau kamu berencana liburan ke Bantul jangan lupa susun daftar lokasi yang mau kamu kunjungi. Kelima lokasi di atas bisa kamu masukan ke daftar wisata Bantul yang mau kamu tuju. Kalau liburan, jangan lupa menginapnya di RedDoorz. Semua hotel RedDoorz terjamin kebersihannya jadi lebih aman buat menginap. Menginap tanpa worry memang RedDoorz solusinya!
 

Press Enter To Begin Your Search
×