Loading...

(photo source: pixabay.com)

Biasanya tiap tahun saya merencanakan liburan bersama teman. Tahun ini tadinya saya ingin mengunjungi  Banyuwangi. Kenapa saya memilih kota ini? karena saya belum pernah mendatangi Jawa Timur dan ingin menjelajah beberapa teman yang terkenal akan keindahan alamnya, kekayaan budaya, sejarah dan kulinernya.

Bagi saya masih banyak tempat yang menarik untuk didatangi dan dibagikan ke media sosial supaya makin banyak orang yang mengunjungi serta bangga akan Indonesia. Namun manusia hanya bisa merencanakan yang menentukan adalah Tuhan. Tak disangka pandemi terjadi bulan Maret 2020 sampai sekarang.

Hampir semua kegiatan dari sekolah, pekerjaan, pariwisata dan perekonomian diliburkan untuk mencegah penularan lebih luas. Rencana pun harus ditunda sampai saya bepergian dan pulang dalam keadaan aman dan sehat. Tapi bukan berarti saya putus asa dan menyerah begitu saja. Saya tetap berusaha jaga kesehatan dan kebersihan supaya nanti bisa liburan ketika saatnya tepat.

Inilah tujuh tempat wisata di Banyuwangi yang ingin saya datangi

1. Kawah Ijen

(photo source: travel.kompas.com)

Tempat ini sudah terkenal sejak lama baik di dalam maupun luar negeri. Yang membuat saya ingin mendatangi Kawah Ijen karena ingin melihat langsung blue fire yang salah satunya ada di Indonesia. Blue fire merupakan api yang berwarna biru bisa dilihat di tengah kawah. Kalau turis asing saja tertarik tentunya sebagai orang Indonesia ini sebuah kebanggaan makanya saya ingin melihat dan membagikan keindahannya di media sosial.

2. Taman Nasional Baluran

(photo source: jelajahnesia.com)

Baluran sering disebut mirip dengan hutan Afrika yang eksotis karena bisa melihat hewan Banteng dan Merak Jawa lebih dekat ditambah pemandangan padang rumput dan gunung yang indah. Impian saya selain datang, menghirup udara segar juga bisa menginap di homestay yang disediakan agar bisa melihat sunrise yang indah.

3. Pantai Plengkung

Sebagai anak pantai, nama pantai Plengkung sudah lama saya dengar karena tempat ini memiliki ombak terbaik untuk berselancar.  Walaupun saya bukan peselancar profesional, bisa melihat ombak, laut biru yang cerah dan bermain di pasir yang lembut sudah membuat bahagia mendatangi pantai ini.

4. Bangsring

(photo source: jelajahnesia.com)

Kalau main ke pantai lebih seru lagi bisa snorkeling atau menjelajah kehidupan bawah laut. Nah di Bangsring saya ingin melihat langsung ikan hiu yang jinak, batu karang dan hewan lainnya menarik apalagi disini lautnya masih jernih. Dengan snorkeling di Bangsring akan membuat saya lebih bersyukur dan menjaga kebersihan laut supaya bisa terjaga ekosistemnya dengan baik.

5. Pantai Pulau Merah

Biasanya saat matahari akan terbenam cahayanya akan memancarkan warna kuning atau oranye namun ada yang unik di Pulau Merah, warna yang terpancar justru merah. Selain warna saya juga ingin bermain ombak dan menikmati angin di sore hari sambil menunggu matahari terbenam.

6. Taman Nasional Alas Purwo

Di dalam kawasan Alas Purwo banyak obyek wisata yang ingin saya datangi antara lain padang rumput, pantai, Pura Giri Selaka dan Goa Istana. Menurut saya tempat ini menarik karena ada tempat bersejarah, tempat ibadah agama Hindu, dan wisata alam dalam satu kawasan. Rasanya pasti akan senang kalau bisa kesini karena melihat pohon yang rimbun, menghirup udara segar dan mempelajari sejarah serta budaya kerajaan Hindu di pulau Jawa.

7. Air Terjun Tirto Kemanten

Tempat ini disebut juga air terjun Wonorejo yang memiliki ketinggian air 10 meter dan terdapat dua aliran air seperti sepasang pengantin. Air di tempat ini masih segar ditambah kicauan burung yang merdu saya yakin membuat saya betah untuk menyegarkan pikiran dan badan di tempat ini setelah melewati perkebunan cokelat dan perkampungan untuk menuju Air Terjun Kemanten.

Itulah beberapa tempat wisata yang ingin aku datangi tahun depan saat semuanya sudah pasti aman dan sehat. Saat berlibur tentu aku butuh tempat menginap yang bersih, nyaman, mudah diakses dan harganya aman di kantong. Untuk itu aku memilih RedDoorz Banyuwangi yang harganya mulai Rp 99.000 per malam dengan pilihan lokasi yang beragam sehingga memudahkan untuk menuju tempat wisata yang diinginkan.

 

Penulis: Nur Annisa Hamid

Instagram: nannisa7

Twitter: nannisa7

Facebook: Ini Nisa

Press Enter To Begin Your Search
×