Loading...

(photo source: pixabay.com)

Hai, saya izinkan saya untuk sedikit bercerita tentang keinginan ku untuk berwisata ke kota Solo.

Kota Solo adalah salah satu titik pusat kebudayaan Jawa bahkan kota itu mendapatkan julukan kota budaya, ada banyak kebudayaan di sana seperti busana, arsitektur, bahasa dan tarian. Selain itu kota Solo juga mempunyai banyak destinasi wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk melepas penat dan itu yang membuat saya tertarik menjelajahi kota Solo ini sekaligus mengenal kebudayaan Jawa yang ada di sana.

Oh ya, saya ingin melihat kebudayaan Sekaten Surakarta yang dilaksanakan setiap bulan kelahiran Nabi Muhammad Saw yang akan dilaksanakan selama 2 minggu. Menurut informasi, bahwasanya akan ada gamelan pusaka yang dimainkan dan di sana juga akan ada pasar malam, saya pernah melihat foto suasana Sekaten Surakarta di internet .

Terlihat sangat ramai dan meriah bukan? Aku jadi semakin ingin pergi ke sana. Saya rasa di acara Sekaten Surakarta juga bisa dijadikan ajang untuk mencicipi jajanan khas Surakarta. Sebelumnya saya sudah pernah ke Solo saat sekolahku mengadakan studi tur ke kota Solo, tapi saya belum sempat melihat sekaten Surakarta karena saat di sana waktu pelaksanaan Sekaten Surakarta sudah lewat. Dan di sana waktu kami hanya sebentar, maka dari itu saya ingin kembali ke Solo. Oh iya, Solo juga punya air terjun lho, namanya air terjun Grojogan Sewu yang terletak di kaki gunung Lawu.

(photo source: google.com)

Suasana air Grojogan Sewu masih asri, di sana masih ada monyet-monyet liar berkeliaran. Banyak pohon-pohon besar yang rimbun menambah kesan asri, di sana juga terdapat spot foto untuk diunggah di sosmed, ditambah dinginnya air terjun Grojogan Sewu. Ini bisa membuat kita merasa bersemangat kembali setelah menuruni lebih dari 1000 anak tangga dan suara gemercik air terjun, serta hawa sejuk di sana membuat saya membayangkan bagaimana suasana di sana dan membuat saya ingin ke sana kembali.

Ya memang saya pernah ke air terjun Grojogan Sewu namun saya dis ana hanya sebentar karena saat itu saya sedang melakukan studi tur dan itu membuat saya belum puas merasakan sejuknya udara di sana. Ah itu membuatku ingin kembali ke sana. Saya rasa suasana di Grojogan Sewu .memang sangat cocok untuk seseorang yang butuh refreshing untuk melepas penat dari kesibukannya.

Harga tiket untuk masuk ke wisata ini juga ramah di kantong sehingga cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga. Saran saya jangan menenteng kantong kresek, makanan atau pun minuman di air terjun Grojogan Sewu karena monyet-monyet di sana akan merebutnya. Tapi tak perlu takut karena monyet-monyet di sana tidak akan mengganggu bila kita tidak menenteng yang kusebutkan tadi dan monyet-monyet di sana juga bisa diajak berfoto bersama.

Jika kalian suka mendaki, solo punya rekomendasi bukit yang memiliki pemandangan sangat indah, namanya bukit Cumbri di Wonogiri. Bukit Cumbri ini memiliki medan yang cenderung mudah dan sangat cocok untuk para pendaki pemula. Walaupun memiliki medan yang mudah tapi bukit Cumbri memiliki pemandangan alam yang sangat indah, di sini kita bisa melihat pemandangan perbatasan Jawa tengah dan Jawa timur.

(photo source: jejakpinik.com)

Di bukit Cumbri kita juga bisa melihat indahnya sunset/sunrise yang sudah menjadi primadona para pendaki. Biaya masuk kawasan pendakian bukit Cumbri ini sangat terjangkau, jadi kita nggak usah risau dengan harga.

Nah, jika kalian ingin berbelanja oleh-oleh, saya rasa ada banyak pasar yang bisa dikunjungi seperti pasar Klewer, pasar grosir solo (PGS) ataupun pasar gede. Karena di sana para pedagang sangat ramah terhadap pembeli yang datang, barang-barang yang ada di sana pun bagus dan berkualitas. Selain itu harganya juga terjangkau, jadi kalian bisa membeli banyak oleh-oleh, kapan lagi kita bisa mendapatkan barang bagus dengan harga terjangkau. Oh iya, di pasar kalian bisa membeli pakaian, celana, tas , dompet ataupun makanan khas sebagai buah tangan .

Saya rasa sampai di sini dulu saya bercerita jika nanti saya bisa berkunjung kembali ke kota Solo itu, nanti akan saya ceritakan. Oh iya semoga pandemi cepat berlalu.

 

Penulis: Afrillia Sari

Instagram: @lia_frillia

 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×