Loading...

Foto: Pixabay

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Perkenalkan nama saya Ika Putri Siregar Umur 28 Tahun dan saya tinggal di dusun II Lobu Rappa Kec. Aek Songsongan Kab.Asahan Sumatera Utara. Dari kecil saya mempunyai hobi Travelling. Di Blog ini saya memilih Tema Travelling Impian saya yaitu Kepulauan Raja Ampat Papua.

Foto: Kompasiana

Kenapa saya memilih Raja Ampat,Karena Raja Ampat merupakan salah satu wilayah kepulauan di Provinsi Papua Barat yang kaya akan wisata bahari, jadi,,,Siapa yang tidak tertarik dengan keindahan kepingan surga di ujung Indonesia ini? Selain dengan beranekaragam keindahan alam, Raja Ampat juga memiliki berbagai kebudayaan dan kesenian yang sangat unik dan menarik jadi tidak heran apabila Raja Ampat saat ini dianggap sebagai surga bawah laut tercantik di seluruh dunia yang banyak di minati.

Foto: Indonesiakaya

Destinasi wisata kepulauan Raja Ampat banyak menawarkan pesona keanekaragaman hayati, yang boleh dibilang cukup melimpah. Indonesia ini indah Indonesia Luar Biasa setiap sudut ada keindahan yang alami yang wajib kita syukuri. Walaupun menuju ke Raja Ampat memerlukan waktu yang lama dan biaya yang besar tapi tidak menutup harapan saya untuk mendapat kesempatan berkunjung menikmati Kepulauan Raja Ampat. Untuk mencapai Kepulauan ini, kita harus menginjakkan kaki di kota Sorong terlebih dahulu. Dan lanjut menggunakan sejenis kapal cepat yang biasa berlayar dua kali sehari menuju Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Selain keindahan alamnya yang membuat saya semakin tertarik dengan raja ampat adalah keunikan tradisi dan budaya raja ampat. Secara umum masyarakat Papua terdiri dari ribuan suku yang berbeda. Berbeda wilayah, berbeda juga aksen bicaranya. Keunikan ini tidak menjadikan perbedaan namun dikembangkan untuk dijadikan sebuah tradisi. Diantara ribuan suku yang ada, Dani dan Asmat adalah suku terbesar di Papua. Keduanya memiliki budaya yang unik dan tradisi yang dijadikan daya tarik wisata yang sangat kuat. Suku Dani terkenal dengan festival bakar batu di Wamena dan Suku Asmat terkenal dengan hasil kerajinan seni pahatnya yang berkelas dunia.

Hampir sebagian besar suku di Papua masih sangat primitif terutama budaya dan juga pakaian yang dikenakan. Kondisi inilah yang membuat saya semakin tertarik untuk segera berpetualang ke Raja Ampat, selain mendapatkan ke indahan alamnya saya juga ingin merasakan kebudayaan tradisi,kesenian, kuliner khas Raja Ampat serta legenda legenda sejarah Raja Ampat.

Foto: Tigapilarnews

Dan Raja Ampat kaya akan ragam seni budaya musik,tari-tarian dan kerajinan tangan khas papua yang sangat eksotis. Setiap suku yang tersebar di berbagai kepulauan Raja Ampat umumnya memiliki seni tari dan tata cara adat sendiri. Ciri umum dari seni tari dan musik dari Raja Ampat  adalah gerakan tarian yang umumnya ditampilkan dengan bersemangat serta diiringi oleh alat musik perkusi  khas papua yang bernama Tifa, gong (mambokon) dan tambur (bakulu).Selain alat musik perkusi, alat musik bersenar seperti gitar dan alat musik tiup seperti seruling dan alat musik tiup dari kerang laut juga sering digunakan 
untuk mengiringi tarian.

(Boleh berpetualang sejauh mungkin tapi belum sah kalo belum Raja Ampat,surganya Dunia Indonesia)

 

Penulis: Ika Putri Siregar

Instagram: Ikaputri_starfish

Facebook: IkaPutri Starfish

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×