Loading...

bromo

(Photo source: Pixabay.com

Bromo. Destinasi wisata berkelas. Melegenda di kalangan travelers dan backpackers. Bahkan turis mancanegara menempatkan Bromo sebagai destinasi wisata favorit. Mengapa? Sebab Bromo ibarat “Negeri Dongeng” dengan segala keindahannya.

Bro and Sist, rugi kalau nggak pernah ke Bromo. “Negeri Atas Awan” sebutan lain Bromo dan kawasan wisata pegunungan lainnya, panorama alamnya begitu memukau. Jutaan travelers dan backpackers dapat melihat langsung fenomena alam “The Golden Sunrise of Bromo”. Cipta pesona Tuhan Yang Maha Sempurna.

(photo source: dokumentasi pribadi)

Tidak semua orang beruntung melihat penampakan Sunrise di Bromo. Jika suasana langit cerah, maka Sunrise akan menyapa dengan senyum menawan. Decak kagum tak akan terhenti. Percaya deh.

“Sang Fajar” akan muncul dari peraduan. Menerangi manjapada di atas deretan pegunungan yang masih mendengkur. Pesona kemunculannya dibarengi dengan tarian memukau gerombolan kabut putih yang meliuk-liuk menggemaskan. Memanjakan mata tiada tara.

Untuk mendapatkan point of view yang presisi, Bro and Sist harus hunting tempat favorit dan waktu yang tepat. Butuh perjuangan juga perhitungan kapan dan dari mana perburuan Sunrise dimulai.

(photo source: dokumentasi pribadi)

Pananjakan, Seruni Point, Bukit Kingkong, dan Mentigen merupakan point of view yang menjadi tujuan travelers dan backpackers dari arah Probolinggo. Penulis merekomendasikan Pananjakan. Tempat terfavorit berburu Sunrise di Bromo. Mengapa Pananjakan, Bro and Sist?

Penanjakan menyediakan fasilitas lengkap keinginan wisatawan. Deretan kedai makanan dan minuman lengkap dengan toilet siap menyambut. Bro and Sist nggak perlu kelaparan dan kedinginan. Makanan dan minuman hangat siap saji dapat dinikmati dengan harga terjangkau.

Namanya pegunungan, pasti udaranya dingin. Angin yang berhembus kencang menambah dinginnya suasana. Jangan khawatir, di Pananjakan terdapat sewa selimut untuk membentengi tubuh dari serangan dingin yang menusuk.       

Ada tips untuk bisa ambil tempat di point of view Pananjakan. Cara ini seringkali diremehkan. Apa itu Bro and Sist? Harus tepat waktu berangkat ke Pananjakan.

Jika berangkat dari sekitaran Kota Probolinggo, Pukul 02.00 WIB sudah harus meluncur ke Bromo. Andai menginap di Sukapura dan sekitarnya, Pukul 03.00 WIB sudah harus bergerak ke Pananjakan.

Mengapa sedini itu waktunya? Agar kendaraan Bro and Sist bisa mencapai Puncak Pananjakan tanpa halangan. Sebab banyak kendaraan yang saling berebut tempat parkir di sepanjang jalan menuju point of view Pananjakan.

Ratusan kendaraan merayap naik. Ribuan wisatawan berlomba menuju Pananjakan. Apalagi di hari libur nasional dan “Peringatan Kasada”.

Tepat waktu, kata kunci untuk menggapai point of view Pananjakan. Bagaimana seandainya jalanan sudah penuh dan kendaraan tertahan cukup jauh dari Bukit Penanjakan? Seruni Point, Bukit Kingkong, dan Bukit Mentigen alternatif yang bisa dituju.

Pernah dengar cuitan Jirote Wangcharoen? Turis asal Thailand ini mengaku "digetok" harga tinggi untuk tarif transportasi dari Probolinggo menuju Bromo. Pernahkah juga Bro and Sist baca berita karena ulah “oknum”, tarif jeep wisata di kawasan Gunung Bromo berlipat? Ada tips untuk menghindari kejadian menjengkelkan ini. Ingat, daripada “dirampok” harta dan perasaan terdalam, mending “nambah” biaya perjalanan.

Apa itu Bro and Sist? Gunakanlah jasa perjalanan wisata yang mampu memberikan layanan memuaskan. Telusuri info di berbagai media. Buat catatan penting kapan waktu terbaik berburu Sunrise ke Bromo.

Jika sudah mendapatkan jasa pariwisata terbaik, minta dan catat nomor kontak penting yang sewaktu-waktu dapat dihubungi. Termasuk nomor kontak sopir jeep di seputaran Sukapura. Nomor kontak ini penting untuk kembali dihubungi, jika sewaktu-waktu ingin kembali berkunjung ke Bromo.  

(photo source: dokumentasi pribadi)

Semoga Bro and Sist puas menikmati fenomena alam Bromo dan sekitarnya. Selamat Hunting “The Goden Sunrise of Bromo”. 

Probolinggo, 22 Agustus 2020

 

Penulis: Arif Rohman Saleh

Instagram: Ariefrsaleh9999

Twitter: Arifsaleh

Facebook: Arief R. Saleh

 

Press Enter To Begin Your Search
×