Loading...

(photo source: dokumentasi pribadi)

Hallo sobat Traveller semua!

Perkenalkan… Nama saya Irvano Farhan

Saya adalah Mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta, yang sekarang sedang menepuh perkuliahan ditingkat semester akhir alias “Semester Tua”.

Langsung saja, di sini saya ingin bercerita pengalaman traveling saya d isalah satu lokasi wisata yang ada di Yogyakarta. Sebelumnya, karena ini tentang travelling, tentu akan ada kaitanya dengan sektor pariwisata. Pariwisata merupakan sektor yang memiliki peran penting dalam usaha peningkatan pendapatan Negara.

Dimasa pandemik seperti ini, kegiatan traveling cukup sepi ya sobat traveller sekalian. Hal tersebut sesuai dengan imbauan pemerintah, dalam usaha memutus rantai penyebaran Covid-19. Yap! Partisipasi sobat traveller sekalian sangat berarti sekali. Namun, jangan sedih sobat traveller semua, kita masih bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat dengan hanya di rumah.

Saya ingin bercerita tentang pengalaman traveling saya kepada sobat traveller sekalian tentang perjalanan saya ke Bukit Pengilon, di kawasan Pantai Siung yang berlokasi di Tepus, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sesuai dengan nama lokasinya, yap betul sekali. Tempat tersebut merupakan sebuah bukit dengan hamparan tumbuhan dan langsung bersinggungan dengan samudra Hindia. Lokasinya masih satu kawasan dengan lokasi pantai Suing. Di sana sobat traveler juga dapat melakukan camping. Untuk sampai di lokasi bukit pengilon, sobat traveller harus melakukan tracking dengan estimasi 1-2 Jam dikarenakan memang belum ada akses jalan darat yang mampu dilalui motor atau mobil, hal tersebut dikarenakan kontur lokasi yang semi perbukitan yang tentunya terdapat medan tanjakan dan turunan.

(photo source: dokumentasi pribadi)

Ketika Tracking, sobat traveller disuguhkan view yang menakjubkan di sana, karena jalur tracking nya melalui tebing-tebing yang langsung bersinggungan dengan laut. Namun jangan khawatir ya sobat traveller, karena dijalur tracknya sudah dilengkapi dengan pembatas sehingga meningkatkan keaamanan bagi sobat traveller sekalian jika ingin berkunjung ke sana. Selain itu di sepajang tracking terdapat warung-warung milik warga masyarakat lokal yang menyediakan beberapa keperluan logistic serta terdapat juga toilet umum apabila sobat semua membutuhkan.

(photo source: dokumentasi pribadi)

Ketika sampai di lokasi Bukit Pengilon, sobat traveller sekalian akan langsung disuguhkan view samudra dengan beberapa bukit di sana. Tak hanya itu, pantai Suing pun tak luput juga menjadi view tersendiri yang akan langsung disuguhkan sobat traveller. Letih dan keringat perjalanan akan terbayar dengan view seindah itu, sobat traveller sekalian akan medapat pengalaman traveling yang menakjubkan di sana.

(photo source: dokumentasi pribadi)

Apabila sobat traveller sekalian ingin datang ke lokasi bukit pengilon, kurang lebih jarak dari pusat kota Yogyakarta 80 Km. Dengan estimasi jarak tempuh menggunakan sepeda motor/mobil selama 2-3 Jam. Menyusuri kawasan hutan jati dan banyak sekali hamparan pemandangan alam yang memanjakan mata disepanjang perjalanan. Untuk biayanya sendiri hanya sebatas tiket retribusi pariwisata sebesar Rp10 ribu per orang dan biaya parkir di lokasi.

Sekian cerita pengalaman travelling saya kali ini ya sobat traveller. Apabila sobat sekalian penasaran dengan lokasinya, sobat traveller sekalian bisa langsung mengunjungi lokasinya

Salam Lestari

 

Penulis: Irvano Farhan

Instagram: vanofrhn

Twitter: prayforplague

Facebook: Irvano Farhan

 

Press Enter To Begin Your Search
×