Loading...

(Sumber: www.unsplash.com)

Anda tentu punya wishlist mau traveling ke mana dong ya? Suasana pantai dengan elusan lembut pasir di kaki telanjang, hembusan angin dan suara ombak yang menenangkan hati memang banyak menjadi impian. Lokasi? Bali, Lombok atau Yogyakarta adalah pilihan tepat. Mau yang agak menantang? Pantai di kawasan Indonesia Timur boleh lho dicoba.  Bukan penggemar udara panas dan kering? Nah bagi anda yang suka dengan udara sejuk yang cocok untuk mendinginkan kepala dan suasana hati, pegunungan memang menjadi pilihan ya? Mana yang sudah anda kunjungi? Dieng? Bromo? Suasana dan view nya memang luar biasa ya..

Berbicara mengenai impian traveling, saya punya mimpi yang sebenarnya agak anti-mainstream. Bukan jalan-jalan ke luar negeri atau menyambangi berbagai pantai di penjuru negeri. Saya punya impian untuk berkeliling di seluruh situs percandian di seluruh negeri. Weew... aneh? Iya mungkin untuk sebagian orang, impian ini agak-agak nerd memang. Apa menariknya wisata ke situs bebatuan begitu? Mungkin bagi sebagian orang, sejarah bukan hal yang menarik untuk dibahas. Tapi bagi saya, si pecinta fairy tale ini mengunjungi situs kaya sejarah itu merupakan suatu pengalaman yang luar biasa. Ada aura istimewa saat mengunjungi situs yang sebagian besar tersebar di Pulau Jawa ini.

Kalau berbicara tentang Candi, Borobudur pasti situs pertama yang terlintas di benak anda. Tidak heran, candi yang satu ini memang luar biasa ya, UNESCO saja sampai memasukkannya dalam salah satu keajaiban dunia. Selain Borobudur? Prambanan adalah situs kedua yang jamak disebut. Candi anggun ini memang menawarkan view yang luar biasa. Bagi anda yang pernah berkunjung di siang hari dan terpukau dengan panoramanya, tidak afdol jika tidak mencoba menikmati Prambanan di kala malam. Pertunjukan sendratari Ramayana-nya bisa menjadi poin plus untuk menambah sensasi liburan anda. Jika anda mengunjungi Magelang, jangan lupa mampir ke kompleks candi Pawon. Memang tidak se-spektakuler candi Borobudur. Tapi tetap patut dijadikan pelengkap bagi perjalanan wisata percandian di Magelang.

Sebagai pecinta, percandian, dua candi di atas tentu tidak terlewat dalam list liburan saya. Menikmati pemandangan kota Magelang di tengah guyuran sinar matahari dari atas Borobudur adalah pengalaman tak terlupakan. Belum lagi dengan deretan ukiran batu yang luar biasa. Anda pernah ke Borobudur? Coba sesekali gunakan jasa tour guide,  dijamin, informasi dari tour guide bisa membuat anda memandang Borobudur dari sisi yang berbeda. Pengalaman saya di Prambanan sebenarnya agak kurang berkesan. Karena datang mepet sebelum jam kunjung, saya jadi agak kurang puas menikmati keindahan ketiga candi kembar yang ada di kota Yogyakarta ini. Cuaca yang kurang bersahabat juga menjadi salah satu alasan kenapa saya tidak bisa puas berkeliling. Pelajaran penting bagi anda, meski mengelilingi lahan luas di tengah terik matahari kurang mengesankan, percaya deh, perpaduan sinar matahari adalah hal yang lebih sempurna dari mendung atau hujan.

Bagi anda yang belum tau, Kota Jogja tidak hanya menawarkan candi prambanan sebagai destinasi wisata percandian. Ada banyak tujuan wisata yang bisa dimasukkan dalam list liburan anda. mau melihat kota Jogja dari ketinggian? Berkunjung ke candi Ijo bisa jadi pilihan. Candi yang dibangun di atas ketinggian kota Jogja ini menawarkan kompleks percandian yang indah. Terletak tidak jauh dari lokasi wisata tebing breksi, anda bisa menikmati paket tour  dengan jeep yang sangat cocok bagi anda si penyuka tantangan.

Bagaimana? Pemandangan langit dari depan candi ijo sangat luar biasa kan?

Jika mampir ke Jogja dalam perjalanan ke Solo, jangan lupa mampir ke kompleks Candi Kalasan. Terletak tepat di pinggir jalan raya, membuat candi ini memiliki akses transportasi yang sangat mudah di jangkau. Meski tidak menawarkan nuansa pemandangan alam yang ciamik, anda bisa menikmati pengalaman wisata unik. Kapan lagi menikmati suasana percandian ala-ala jaman Kerajaan Hindu Budha di Indonesia di tengah kesibukan kota?

Nah, berbicara tentang mimpi saya mengunjungi berbagai candi di Indonesia, ada dua situs yang berada di top two. Yang pertama ada kompleks Ratu Boko di Yogyakarta. Jaraknya, memang terlalu dekat untuk bisa dimasukkan ke dalam impian, yang membuatnya masih menjadi ‘impian’ sampai saat ini adalah masalah waktu. Persisnya mimpi saya adalah menyaksikan sunrise  di kompleks Ratu Boko. Bukan hal yang mudah, mengingat perjalanan dari kota domisili ke kompleks istana ratu Boko ini lebih dari dua jam perjalanan. Berfoto di gerbang Istana Ratu Boko dilatari dengan pemandangan sunrise  yang menawan memang sudah lama menjadi impian, sayangnya belum ada waktu yang tepat untuk merealisasikan. Bagi anda penikmat sunrise dan sunset,  Ratu boko bisa menjadi referensi spot yang sayang untuk dilewatkan. Selain golden moment  nya yang syahdu, jika candi yang lain pada jamannya dijadikan sebagai sebuah tugu peringatan atau makam, Ratu Boko adalah sebuah istana tempat tinggal, tidak heran jika view  yang ditawarkan berbeda dengan candi yang lain. Spot ini ada di list teratas mimpi travel saya. Selain karena memang sudah lama ‘mengendap’ di wishlist, spot ini adalah spot yang paling rasional.

(Sumber : Wisatabagus.com)

Bagaimana? Sudah bisa membayangkan berfoto cantik dengan latar pemandangan sunrise atau sunset yang istimewa kan?

Biasa mengunjungi candi yang dibuat dengan batu, Candi Muara Takus sukses masuk ke daftar wishlist travel saya. Dari berbagai situs percandian di luar Jawa, candi yang satu ini memiliki tempat favorit di wishlist saya. Situs peninggalan kerajaan Sriwijaya ini memang berbeda dengan candi yang biasa saya kunjungi, terbuat dari  batu bata dengan bentuk unik, membuat jiwa travel saya tergelitik. Perpaduan warna antara candi yang sewarna bata dengan birunnya langit dan hamparan rumputnya yang hijau, menghadirkan perasaan seperti tamasya di luar Indonesia.

(Sumber : Batiqa.com)

Sayangnya spot ini masih harus mengendap agak lama di wishlist saya. Kondisi pandemi memang memasung jiwa petualang ya?

Nggak pengen ke luar negeri? Pengen dong, Thailand berada di list teratas untuk acara temple run saya. Tapi nanti setelah semua candi di negeri sendiri habis dikunjungi. Bagi anda yang bahkan tidak pernah terlintas mengunjungi situs ini, boleh lho mulai sekarang dipertimbangkan. Kapan lagi bisa menikmati pemandangan ‘berbeda’ sekaligus wisata sejarah? Bagi anda si socmed addict, pemandangan yang ditawarkan situs-situs percandian ini sangat instagram-able  lho. Yuk, belajar mulai mencintai budaya negeri sendiri!

 

Nama Penulis: Astri Pramudianti

Instagram: www.instagram.com/apramudianti

Facebook: astripramudianti

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×