Loading...

tempat wisata di jogja

Kalibiru jadi Spot wisata di jogja yang paling hits (Source:pexels.com)

Anak kost kadang bisa penat dengan banyaknya tugas yang dikerjakan, belum lagi kalau ada yang sambil mengerjakan usaha sampingan. Nah biar pikiran dan mood bisa fresh Kembali, anak kost juga butuh liburan dan melupakan kepenatannya sementara waktu. Misalnya ke tempat wisata di Jogja.

Untuk kamu yang kost di Jogja, nggak perlu khawatir karena ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan biaya yang bersahabat dengan anak kost pastinya. Pokoknya dijamin nggak akan menguras kantong deh, apalagi sampe ngorbanin uang makan.

Biar makin seru, kamu bisa ajak teman kost atau teman kampus kamu untuk pergi wisata bareng, selain bisa seru-seruan bareng, jadi lumayan bisa hemat ongkos transportasi lho, karena bisa patungan, atau bahkan kalau ada teman yang punya mobil jadi nggak perlu sewa lagi, tinggal patungan uang bensin dan parkir aja, kan. 

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja

Tempat wisata di Jogja sangat beragam, mulai dari wisata pantai, pegunungan, hutan, sungai, Goa, sampai wisata tempat-tempat yang Instagramable. Nah selain bisa menghilangkan penat, pergi ke tempat wisata juga bisa jadi bahan untuk posting di sosial media kamu. Yuk simak rekomendasi tempat wisata di Jogja yang cocok untuk kantong anak kostan.

Wisata Pantai di Jogja

tempat wisata di jogja

Bukit Paralayang di sekitaran Pantai Karangtritis yang memesona (source:Pexels.com)

Dikarenakan beragam dan banyaknya destinasi wisata di Jogja, mungkin akan dimulai dari Wisata Pantai di Jogja. Untuk kamu yang suka pantai, destinasi wisata pantai di Jogja ini pas banget buat kamu yang bisa bikin mood kamu Kembali happy.

Pantai Ngrawe

Salah satu wisata Yogyakarta yang sedang hits saat ini adalah Pantai Ngrawe atau sering disebut dengan pantai Mesra, jadi salah satu destinasi wisata untuk pasangan yang sedang memadu kasih, dan nggak sedikit yang melakukan sesi pemotretan Prewedding di Pantai ini, karena memang pesonanya yang romantis banget.

Pemandangan di pantai ini nampak seperti di luar negeri, dengan pasir putih yang membentang sepanjang pantai, dan berjajar pohon palem dengan rapi, membuat wisatawan yang berkunjung tidak sedang merasa di Indonesia.
Tiket masuk ke Pantai ini pun nggak akan menguras kantong kamu, hanya dengan merogoh kocek Rp10.000 per orang kamu sudah bisa menikmati pesona keindahan Pantai Ngrawe.

Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Pantai Sinden punya pesona yang bikin mata jadi segar, tidak seperti pantai Ngrawe yang punya hamparan pasir putih di sepanjang pantainya. Pantai Sinden ini justru memiliki tebing tinggi yang berbatasan dengan tepi laut. 

Tidak hanya itu, pantai ini berdekatan dengan Pulau Kalon yang nggak kalah memesona. Buat kamu yang suka tantangan dan memacu adrenalin, kamu cocok banget dengan destinasi wisata ini, karena untuk menuju pulau Kalong kamu diharuskan untuk menaiki jembatan gantung yang di mana di bawah jembatan tersebut adalah laut dengan terjangan ombak besar yang pastinya bikin perjalanan menuju Pulau Kalong semakin seru.

Untuk bisa masuk ke area pantai tersebut biaya per orangnya hanya Rp10.000 dan kalau mau nyebrang ke Pulau Kalong untuk melewati jembatan kamu hanya dikenakan tarif Rp25.000 per orang. 

Pantai Parangtritis 

Parangtritis menjadi salah satu pantai yang paling ikonik di Jogja, pasalnya pantai ini selain jadi tujuan wisatawan juga sering digunakan untuk syuting film-film Indonesia. Pantai dengan pesona pasir hitam dan ombak yang cukup besar membuat keindahan pantai ini berbeda dari pantai lainnya yang ada di Jogja.

Banyak spot untuk berfoto di pantai ini, dan ada beberapa tempat yang juga memesona di dekat pantai ini, ada Pantai Parangkusumo, dan juga Bukit paralayang yang jarak tempuhnya hanya 10 menit.

Fasilitas di Pantai Parangtritis juga sudah lengkap seperti ada mushola, toilet umum, rumah makan, kolam renang dan penginapan buat kamu yang ingin stay di lokasi wisata ini. untuk biaya masuk pun masih sangat terjangkau untuk kantong mahasiswa, yakni kisaran Rp5000-Rp10,000 per orang.

Rekomendasi Wisata Alam di Jogja 

tempat wisata di jogja

Pemandangan alam dengan dominasi warna hijau bikin sejuk mata (source:pexels.com)

Setelah pantai, kita akan lanjut ke wisata alam di Jogja, mulai dari pegunungan, Goa, dan juga air terjun. Selain bisa ambil spot foto yang bagus, wisata alam juga bikin pikiran jadi lebih fresh sepulang jalan-jalan.

Taman Nasional Kalibiru 

Pergi sejenak meninggalkan hingar bingar kota dan kebisingan sepeda motor, Taman Nasional kalibiru jadi solusinya. Udara yang sejuk, jalan yang sepi dan pastinya pemandangan pegunungan yang memanjakan mata bikin kamu jadi betah berlama-lama di sini.
Fasilitas di area wisata Kalibiru juga dilengkapi dengan beberapa spot untuk kegiatan outbond seperti Flying Fox, panjat tebing, dan beberapa spot foto yang bikin kamu nggak sabar ingin segera posting di Sosmed. Karena kamu bisa duduk di atas kayu yang dengan angel tertentu terlihat background pegunungan yang menakjubkan.

Untuk masuk ke kawasan Taman Nasional kalibiru ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp10.000 dan untuk berfoto di spot yang sangat keren, kamu dikenakan akan dikenakan tarif Rp10.000 - Rp30.000 per spot foto. Karena saat foto kamu akan mengenakan beberapa peralatan keamanan supaya kamu bisa merasa aman saat di foto.

Tebing Breksi 

Lokasi wisata Tebing Breksi ini dulunya adalah lokasi tambang batu breksi, dengan perubahan dari lokasi tambang hingga menjadi lokasi wisata membuat warga sekitar Tebing  Breksi ini beralih profesi. Kawasan wisata ini menyuguhkan pemandangan tebing batu breksi yang sangat cantik, ditambah wisatawan bisa naik ke atas "gunung batu breksi" dan melihat keindahan alam dari atas yang memesona.

Beberapa lokasi wisata lainnya pun bisa dikunjungi dari Lokasi ini. Untuk kamu yang punya budget lebih bisa patungan untuk naik Jeep dan memasuki lokasi wisata seperti Candi Banyunibo, Selo langit, Watu Payung, Candi Ijo, dan masih banyak lagi.
Untuk masuk kawasan Lokasi Tebing Breksi ini gratis. Kamu hanya perlu bayar parkir kendaraan. hanya saja untuk naik jeep dikenakan tarif Rp450.000 per mobil isi 4 orang. Jadi bisa patungan, per orang kena Rp112.500, tapi dengan spot foto dan pemandangan yang disuguhkan biaya segitu tetap worth sih buat kamu.

Goa Pindul 

Ingin pergi ke tempat wisata menantang lainnya? Goa Pindul bisa jadi salah satu alternatifnya. Kamu akan mengeksplorasi sungai Malas dan masuk ke dalam batu besar dengan stalaktit dan stalagmit yang memanjakan mata sembari melintas di atas aliran air yang bersih dan bening.

Nggak bisa berenang? Jangan khawatir, di sana sudah disediakan pelampung badan dan juga ban bekas supaya kamu bisa menyusuri pantai dengan nyaman dan mudah. Serunya, nih kamu bisa bersenang-senang bareng teman kamu dan bermain air layaknya di waterpark tapi lebih seru, karena kamu main airnya di waterpark yang terbentuk dari alam.

Untuk bisa menikmati keseruan ini, biaya masuknya Rp10.000 per orang dan Cave Tubing Rp40.000 jadi total Rp50.000 kamu sudah bisa menyelusuri keindahan sungai dan goa Pindul.

Pinus Pengger 

Lokasi wisata Pinus Pengger ini sangat menawan dengan deretan pohon pinus yang tertata rapi dan menjulang tinggi yang membuat suasana hutan pinus semakin cantik. Ketenangan dan kebahagiaan kumpul bersama teman, menghilangkan penat dan kesibukan kuliah, bisa kamu dapatkan dengan berwisata ke Pinus Pengger.

Selain dari hutan pinus yang cantik, ada banyak spot foto di kawasan wisata ini. Salah satu yang sedang hits adalah rumah pohon, tangga cinta, tempat yang menyerupai telapak tangan raksasa, dan juga sarang burung raksasa.

Untuk lokasi tersebut tidak hanya di siang hari kamu bisa mendapatkan pemandangan yang memesona, di malam hari pun kamu akan mendapatkan pemandangan cantik dari hamparan cahaya lampu di kota Jogja dan juga hamparan bintang yang berkelap kelip nan indah.

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp3.000 dan untuk spot foto cukup Rp3000 - Rp4.000 saja.

Tamansari 

Ingin melihat arsitektur eropa abad ke-18? Kamu bisa kunjungi tempat wisata Taman Sari. Di sini kamu bisa melihat kolam pemandian yang dibangun untuk para istri penguasa di Jogja saat itu. Selain itu juga terdapat bunker yang menghubungkan antara lokasi Taman Sari dengan Keraton dan juga Pulo Kenongo.

Banyak sekali lorong dan tempat-tempat tersembunyi. Uniknya lagi, di Tamansari terdapat masjid bawah tanah yang bila sang imam sedang memimpin solat, suaranya akan terdengar ke seluruh penjuru ruangan.

Untuk bisa masuk ke area yang cantik ini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000 per orang.

Wisata Malam di Jogja yang Instagramable 

Wisata di Jogja hits saat ini dan jadi incaran para anak muda untuk mengejar foto Instagramable yang bagus untuk diposting di sosial media mereka, pokoknya bikin mata fresh dan juga hasil jepretan yang keren walau cuman modal kamera handphone.

wisata di jogja

Wisata dengan pemandangan malam dilihat dari atas bukit (source:Pexels.com)

Candi Prambanan

Menjadi salah satu situs warisan budaya, Lokasi Wisata Candi Prambanan wajib kamu kunjungi. Apalagi kalau kamu kuliah dan kost di Jogja jangan sampai belum pernah mengunjungi candi ini karena selain Borobudur, Candi Prambanan juga salah satu tempat wisata yang Ikonik di Jogja.

Di siang hari kamu bisa menikmati dan menjelajah arsitektur kuno dari candi ini, dan di malam, hari jangan lewatkan pertunjukan Sendratari Ramayana yang sangat terkenal di sana.

Bukan hanya pertunjukan tari saja, tapi kamu juga akan disuguhkan dengan kecantikan candi ketika disorot dengan lampu saat malam hari. Pokoknya dijamin seru dan keren. Untuk bisa masuk ke area wisata Candi Prambanan kamu diharuskan untuk merogoh kocek sebesar Rp50.000 – Rp75.000.

Bukit Bintang

Untuk wisata di Jogja saat malam hari, lokasi Bukit Bintang sangat menarik untuk dikunjungi. Indahnya kota Jogja dengan pemandangan kelap kelip lampu yang membuat terlihat indah bisa kamu dapatkan dari lokasi wisata Bukit Bintang. Belum lagi ditambah dengan pemandangan hamparan bintang yang semakin membuat mata dimanjakan dengan keindahan malam yang memesona.

Untuk bisa menikmati itu semua, kamu bisa datang ke lokasi ini sejak sore agar bisa langsung mencari kedai kopi dan kafe sederhana. Biaya masuknya tidak ada, kamu hanya butuh biaya untuk sekedar beli kopi atau makan di kedai atau kafe tersebut.

Taman Pelangi Monjali

Butuh asupan foto Instagramable lainnya? Kamu bisa kunjungi Taman Pelangi Monjali, dan kalau ke sini coba deh datang di malam hari. Ada banyak hamparan lampu yang menyala tampil cantik.

Taman Pelangi Monjali ini sebagai salah satu wisata malam Jogja yang memberikan pemandangan  Lampu warna warni yang menyala seperti membentuk taman yang berbeda, pokoknya dijamin kamu bisa ambil foto dan keren untuk dibagikan di sosmed kamu.

Tarif masuk pun hanya Rp10.000 di weekdays, atau Rp15.000 di weekend.

Itu dia pilihan tempat wisata di Jogja yang bisa kamu jadikan sebagai tempat menghilangkan penat saat beraktifitas dalam kuliah kamu. Diharapkan dengan kembalinya kamu dari tempat wisata tersebut bisa membuat mood happy dan semangat lagi menjalani hari-hari kamu.

Untuk kamu yang akan kuliah di Jogja dan mencari kost di Jogja, jangan khawatir. Selain Jogja punya banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, juga punya banyak pilihan kost-kostan dengan fasilitas yang beragam. Bila ingin cari kost dengan fasilitas ok tetapi harga terjangkau, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz. Jadi, kamu bisa sewa kost langsung dari smartphone kamu, tinggal buka Aplikasi RedDoorz lalu cari kost berdasarkan lokasi. 

Misalnya kamu mengetik KoolKost Jogja, dan kamu akan diberikan banyak daftar kost yang ada di Jogja. Tentunya sudah disuguhkan dengan informasi harga sewa harian, bulanan, fasilitas, alamat beserta mapnya, lengkap kan? Selain itu, ada juga informasi tempat wisata atau hiburan terdekat dengan kost. Pastinya nggak ketinggalan juga juga mengenai info kampus terdekat dari kost tersebut. Sudah siap jadi anak kostan dan eksplor tempat wisata di Jogja?
 

Press Enter To Begin Your Search
×