Loading...

Foto: unsplash.com

Apa yang terbesit di benakmu saat mendengar “Garut”? Hampir sebagian besar akan menjawab, “dodol,” cemilan manis berbahan dasar tepung, santan kelapa, dan gula ini memang sudah bertahun-tahun menjadi ikon bagi Garut. Tapi apa kamu tahu kalau Garut juga disebut sebagai “Swiss Van Java”? Julukan ini diberikan kepada Garut, karena pemandangan alamnya dikenal seindah Swiss di Eropa. Sama-sama berhiaskan deretan pegunungan, tak salah jika Garut menyabet predikat tersebut. Selain pegunungan, banyak orang sengaja menghabiskan liburan di Garut. Berikut ini RedDoorz merangkum tempat-tempat wisata di Garut. Check it out!

Tempat Wisata di Garut

1. Kebun Mawar Situhapa

Foto:Instagram.com/kebunmawar

Daftar tempat wisata di Garut kali ini dibuka oleh Kebun Mawar Situhapa. Bertajuk “bunga mawar”, Kebun Mawar Situhapa sebenarnya memiliki kurang lebih 500 jenis bunga, pepohonan, dan tumbuh-tumbuhan terhampar di lahan seluas 5 hektar. Kebun Mawar Situhapa terdiri dari beberapa zona yang dibagi berdasarkan jenis tanaman. Ada Zona Azalea, Zona Tanaman Air, Zona Begonia, dan masih banyak lagi. Namun zona yang paling luas tentunya Zona Mawar Damacena. Saking luasnya, zona ini menghasilkan wangi tersendiri. Berada di ketinggian 1.100 mdpl dan dikelilingi oleh sederet pegunungan, suasana yang sejuk dan asri menjadi tujuan utama mengapa kamu harus menyempatkan waktu di Kebun Mawar Situhapa.

2. Karacak Valley

Foto:Instagram.com/karacak_valley

Tak kalah indah dari hutan pinus di Kota Malang atau Yogyakarta, hutan pinus milik Karacak Valley di Kampung Pakuwon, Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut juga memikat hati wisatawan. Berbeda dari wisata hutan pinus pada umumnya, Karacak Valley berbatasan langsung dengan perkebunan kopi. Hal ini semakin menambah daya tarik Karacak Valley, bukan? Dari 92 hektar lahan hutan pinus yang dikelola oleh lembaga masyarakat setempat, baru 10 hektar yang dijadikan obyek rekreasi. Selain menawarkan panorama hutan pinus dan perkebunan kopi, Karacak Valley juga memberimu kesempatan menikmati lanskap Kabupaten Garut dari Puncak Dogar, wisata air di Curug Ngebul, dan area perkemahan.

3. Kawah Talaga Bodas

Foto:Instagram.com/talagabodasgarut

Wilayah Garut yang notabene berada di dataran tinggi praktis membuat temperaturnya lebih rendah. Tak heran bila baik wisatawan maupun penduduk mengincar wisata di Garut yang cenderung lebih hangat, seperti pemandian air panas. Salah satu destinasi favoritnya adalah kolam air panas di Kawah Talaga Bodas. Kawah Talaga Bodas sendiri merupakan bekas letusan Gunung Papandayan yang membentuk danau. Uniknya, danau ini menghasilkan air berwarna putih kehijauan. Sehingga pengunjung yang tak tertarik berendam di pemandiannya pun tetap bisa mengagumi keelokan Kawah Talaga Bodas. Sebelum memutuskan kunjungan ke sini, perlu diingat bahwa akses menuju Talaga Bodas agak sulit, karena jalannya masih cukup berbatu. Tapi semuanya akan terbayar begitu kamu menyaksikan sendiri keindahan Kawah Talaga Bodas!

4. Leuwi Paranje

Foto: Instagram.com/rivertubinggarut

Jika selama ini arung jeram yang kita kenal dilakukan berkelompok, Leuwi Paranje menantang para pengunjung melakukan arung jeram sejauh 1-3 km secara individu. Aktivitas ini biasa disebut river tubing. Pengunjung akan diminta mengendarai sebuah ban besar yang telah memenuhi standar kenyamanan dan keamanan diri. Jadi, kamu nggak perlu khawatir saat beradu dengan derasnya air sungai. Lain halnya dengan wisata “Leuwi” kebanyakan, Leuwi Paranje menyediakan welcome drink, nasi liwet untuk 1 kali makan, coffee break, dan tour guide melalui paket yang dibanderol seharga Rp75 ribu atau Rp35 ribu tanpa nasi liwet. Kedua paket ini sudah termasuk peralatan river tubing kok! Tertantang mencoba salah satu wisata di Garut yang memacu adrenalin?

5. Papandayan Leisure Park

Foto: Instagram.com/papandayan_leisure

Mencari tempat wisata di Garut yang menyenangkan, tetapi tetap aman bagi anak-anak? Papandayan Leisure Park boleh menjadi alternatif wisata kamu dan keluarga nih. Berlokasi di kaki Gunung Papandayan, Papandayan Leisure Park mudah dijangkau. Dilengkapi pula oleh berbagai fasilitas yang menunjang jadwal kumpul-kumpul bersama keluarga. Mulai dari permainan anak-anak di area outbound dan area Bukit Teletubbies, camping ground, hammock area, hingga menara pandang. Khusus fasilitas terakhir, spot ini hampir tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin dibuat terperangah oleh pesona Garut, terutama Gunung Papandayan. Untuk memasuki kawasan wisata di Garut yang tergolong seru dan nyaman ini bakal dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10 ribu perorang. Ekonomis, ‘kan?

Itulah 5 tempat wisata di Garut terpopuler versi RedDoorz. Ada baiknya sebelum berkunjung ke Garut, kamu membuat daftar wisata yang ingin disambangi terlebih dahulu. Biar nggak ada wisata terpopuler yang terlupa. Tempat wisata mana yang paling bikin kamu penasaran?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×