Loading...

pemandangan alam

Foto: Shutterstock

Ngomongin pesona alam Indonesia pasti nggak akan pernah ada habisnya. Ada banyak tempat yang membuat kita dengan mudahnya tersihir dengan keindahannya. Tanpa banyak basa-basi kita lihat, yuk, tempat-tempat dengan pemandangan alam yang indah dan wajib kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. 

5 Tempat dengan Pemandangan Alam Terbaik di Indonesia

Tempat-tempat di bawah ini mungkin sebagian sudah pernah kamu dengar atau bisa jadi justru terasa asing. Meskipun begitu, kamu nggak perlu meragukan soal keindahanya. 

1. Pulau Alor

Pulau Alor merupakan sebuah pulau kecil nan cantik yang berada di sebelah timur Nusa Tenggara Timur. Area pesisirnya tentu menjadi daya tarik utama Pulau Alor. Ada banyak pemandangan alam pantai berpasir putih dan masih sangat bersih seperti Pantai Liang’al, Pantai Batu Putih, Pantai Mali, Pantai Welolo, dan masih banyak yang lainnya. 

Selain pantainya area perairan di sekitar Pulau Alor juga menawarkan pemandangan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Bahkan Taman Laut Pantar Pulau Alor dinobatkan sebagai tempat salah satu tempat diving terbaik di dunia, lho. 

2. Kepulauan Raja Ampat

pemandangan alam

Foto: Shutterstock

Wah, kalau Kepulauan Raja Ampat pasti udah nggak asing buat kamu. Raja Ampat merupakan destinasi wisata tujuan traveler mancanegara. Kepulauan ini terdiri dari 4 pulau besar dan 1.847 pulau-pulau kecil. Jika dilihat dari atas, pulau-pulau ini tersebar sangat cantik di birunya air laut. Mungkin ini lah yang disebut zamrud khatulistiwa. 

Tidak hanya indah dilihat dari ketinggian, kawasan Kepulauan Raja Ampat juga memiliki surga bawah laut, Keindahannya bahkan membuat Raja Ampat menjadi destinasi wisata impian banyak orang. Meskipun mengundang banyak turis,sayangnya transportasi untuk ke Raja Ampat masih sangat terbatas. 

3. Dataran Tinggi Dieng

pemandangan alam

Foto: Shutterstock

Kalau Kepulauan Raja Ampat relatif sulit dijangkau karena berada di Pulau Papua, mungkin tempat yang satu ini  bisa jadi alternatif lain untuk kamu kunjungi. Dataran Tinggi Dieng menawarkan pemandangan alam pegunungan yang sangat mempesona.

Dataran Tinggi Dieng berada di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Ketinggiannya yang mencapai 2.000 mdpl membuat kawasan ini sangat dingin, bahkan sesekali diselimuti es. Udara yang dingin ini sering membuat Dataran Tinggi Dieng berkabut tebal. Namun justru itulah yang membuat pemandangan alam di sini indah banget. 

Kamu bisa melihat Candi Arjuna yang samar tertutup kabut atau pemukiman penduduk yang seolah berada di atas awan. Dataran Tinggi Dieng adalah tempat yang akan membawa kamu ke tempat yang tak terlupakan. 

4. Kepulauan Kei

Pemandangan alam terindah yang ada di Indonesia berikutnya yaitu Kepulauan Kei. Kepulauan ini berada di wilayah timur Indonesia tepatnya di Maluku Tenggara. Kalau kamu memburu pemandangan alam pantai yang eksotis dan eksklusif, tempat ini harus kamu kunjungi. 

Kepulauan Kei punya 112 pulau dengan puluhan destinasi wisata yang menarik. Selain personal alamnya yang membuat Kepulauan Kei menarik untuk dikunjungi yaitu budaya masyarakatnya. Masyarakat di Pulau Kei masih memegang sebuah hukum adat yang dinamakan Hukum Larvul Ngabal yaitu sebuah hukum yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. 

5. Tana Toraja

pemandangan alam

Foto: Shutterstock

Kalau tempat-tempat sebelumnya menawarkan destinasi kepulauan, tempat yang satu ini agak berbeda. Tana Toraja menawarkan pemandangan alam pedesaan yang masih sangat kental. Lokasi Tana Toraja berada di Sulawesi Selatan. 

Ada banyak hal yang bisa kamu temukan di sini. Salah satu yang paling diburu traveler karena keunikannya yaitu wisata budaya masyarakat Toraja. Ada sebuah makam di tebing batu. Di tebing batu ini terdapat gua-gua yang dijadikan tempat menaruh jenazah orang-orang yang telah meninggal. 

Tidak heran di sini terdapat banyak sekali tengkorak dan tulang belulang. Meskipun terdengar agak menyeramkan tapi ini adalah tradisi masyarakat Toraja yang masih berjalan hingga sekarang. Kekayaan budaya yang sangat tak ternilai harganya. 

Nah, itu dia pemandangan alam terbaik yang bisa kamu temukan di Indonesia. Selain tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, tentu aja masih banyak tempat lainnya yang nggak kalah mempesona. Jangan ragu untuk mengeksplorasi destinasi wisata alam di Indonesia karena kamu nggak akan pernah kecewa.  

Untuk menemani perjalanmu menjelajah Indonesia, pilih RedDoorz sebagai akomodasinya. Download aplikasi RedDoorz dan temukan tempat menginap di mana pun kamu berada. 

Press Enter To Begin Your Search
×