Loading...

*

Salah satu bagian menyenangkan dari liburan adalah belanja cinderamata khas daerah yang dikunjungi! Dari sederet itinerary, pasti ada jatah sendiri buat belanja, ya kan RedTraveler? Nah, kalau mau belanja begitu, baiknya dicai tau juga tempat belanja yang memberikan harga miring buat turis. Soalnya kalau kamu belanja di area wisata, biasanya harganya jauh lebih mahal dari di pusat oleh-oleh. Sama seperti kalau kamu mau beli Batik di Yogyakarta, ada tuh tempat khususnya!

Selain soal harga, bedanya belanja batik di tempat-tempat khusus mungkin akan memberikan kamu banyak pilihan corak, atau mungkin pengalaman dalam menggunakannya. Di tempat pengrajin batik misal, nggak cuma membeli, seringkali para pengunjung juga ditawarkan experience untuk membatik like a pro.

Berikut ini, RedDoorz rekomendasikan tempat-tempat nyari Batik di Yogyakarta. Beberapa memberi banyak pilihan model dan harga, beberapa lainnya menawarkan pengalaman yang mendalam soal batik. Yuk simak!

##Tempat Belanja Batik di Yogyakarta

###Jalan Malioboro

Dimulai dari yang paling umum dan mudah dijangkau semua wisatawan, di Jalan Malioboro ini kamu bisa punya banyaaaaak sekali pilihan pedagang batik yang menawarkan ragam model batik. Sepanjang jalan Malioboro, dari ujung ke ujung dipadati dengan para pedagang kaki lima yang siap menawarkan cinderamata.

Tips belanja di Malioboro: biasanya para pedagang juga menawarkan harga berkali-kali lipat dari harga jual aslinya, jadi jangan segan untuk tawar menawar. Jangan pula terpaku pada satu pedagang. Kalau nggak srek sama pedagang di titik A, kamu masih punya opsi B sampai Z untuk barang yang sama. Luangkan waktu aja untuk menelusuri jalan ini.

###Pasar Beringharjo

Masih di area jalan Malioboro, ada Pasar Beringharjo yang juga dipadati para pedagang batik dengan berbagai jenis, mulai dari kain batik meteran sampai batik dengan model formal. Range harganya juga luas, kamu bisa sesuaikan dengan budget yang kamu miliki, dan sama halnya dengan belanja di Malioboro, kemampuan tawar menawar kamu juga amat dibutuhkan di sini. Perlu diingat, harga yang ditawarkan mempengaruhi kualitas batiknya, dari segi bahan, warna, maupun jahitan. Jadi, kamu kira-kira ya layaknya gimana.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Camping Seru di Jogja

###Mirota Batik

Nyebrang sedikit dari pasar Beringharjo, ada Mirota Batik yang juga bisa diandalkan buat nyari oleh-oleh. Toko Mirota Batik, atau juga dikenal dengan nama Batik Hamzah, menawarkan berbagai jenis pakaian, kain, serta kerajinan batik dengan range harga cukup luas. Bentuknya juga toko dan ber-AC, sebagian wisatawan mungkin akan lebih nyaman berbelanja di tempat yang seperti ini.

Berbeda dengan dua tempat sebelumnya, barang-barang yang ditawarkan di Mirota Batik sudah memiliki banderol harga alias nggak bisa ditawar. Tapi jangan khawatir, ada banyak pilihan harga yang bisa disesuaikan dengan budget kamu kok.

###Toko Batik Winotosastro

Pecinta batik wajib ke sini! Di toko batik Winotosastro, kamu akan disuguhkan ragam pilihan batik dalam berbagai wujud, mulai dari kain lembaran sampai aksesoris yang dibuat langsung di sini. Plus, kamu juga bisa merasakan experience dalam menggambar di kainbatik itu sendiri. Ada kelas batik yang terbuka untuk para turis jika ingin belajar membatik. Di sini juga, mata kamu masih sepenuhnya dimanjakan dengan motif batik tradisional. Toko batik Winotosastro tetap mempertahankan nilai tersebut meski sekarang banyak motif batik print yang dengan warna yang mencolok. Oh iya, kalau mau ikut kelasnya, jangan lupa daftar dulu sebelum datang, ya!

###Batik Rumah

Lokasinya di Jalan Suryowijayan, dan merupakan salah satu langganan para turis sejak dulu. Model batik yang ditawarkan di toko ini beragam mulai dari kemeja sampai dress. Katanya juga, meski tergolong murah tapi kain batik yang ditawarkan cukup awet. Jadi kalau kamu nyari tempat belanja oleh-oleh batik di Yogyakarta, boleh lah coba kunjungi toko ini.

Tentu saja Yogyakarta masih punya jajaran sentra batik lain selain yang disebutkan RedDoorz di atas. Kalau mau yang benar-benar terjamin kualitasnya pun banyak, seperti kampung batik Giriloyo, Batik Seno, dan desa wisata krebet. Tinggal siap-siap aja merogoh kocek lebih dalam karena harganya juga lebih mahal, lebih cocok buat koleksi pribadi.

Jadi, mau belanja batik Yogyakarta di toko yang mana, RedTraveler?