Loading...

www.pixabay.com

Wherever You Go, Go With All Your Heart”- Confucius.

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan alam wisata yang indah dan memanjakan mata. Dari sabang hingga merauke, semuanya menjanjikan keindahan alam yang luar biasa. Untuk para metropolitan, setelah merasa penat dengan segala kesibukan yang ada, liburan adalah salah satu solusi yang tepat untuk menghilangkan penat yang ada. Kali ini aku bakal sharing sedikit travel story  aku ke salah satu tempat wisata alam yang ada di Langkat – Sumatera Utara.

Siapa disini yang followers-nya Nicholas Saputra?? Pasti tau banget dong kalau doi ini suka banget traveling. Pada beberapa kesempatan, Abang Nichol ini mem-posting foto yang menandakan bahwa doi ini sedang berada di Tangkahan. Apa itu Tangkahan???

Tangkahan adalah salah satu wisata alam yang berada di Kabupaten Langkat tepatnya di Namu Sialang, Batang Serangan, Sumatera Utara. Tangkahan sering disebut sebagai The Real Hidden Paradise karena keindahan alam disini diibaratkan sebagai keindahan dari surga yang tersembunyi. Tak heran banyak sekali tourist yang berkunjung ke sini.

Tahun 2019 , aku dikasi kesempatan untuk berkunjung ke hidden paradise-nya Langkat ini. Ini pertama kalinya aku berkunjung ke sini padahal jaraknya tidak begitu jauh dari rumahku yang berlokasi di Medan. Dari Medan, membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam perjalanan darat menggunakan mobil atau sepeda motor. Kalau aku kemarin pergi bersama teman kuliah dengan menggunakan mobil dan melalui jalan Tol Medan – Binjai, alhasil perjalanan tidak begitu melelahkan. Tetapi bagi kalian pengendara sepeda motor, mungkin akan tiba di lokasi sekitar 3-4 jam.

Dari Medan menuju lokasi wisata sebenarnya tidak begitu jauh. Hanya saja, ada beberapa jalan yang masih rusak dan jelek sehingga membuat perjalanan jadi lebih lama dan terasa lebih melelahkan. Setelah 2 jam menempuh perjalanan, akhirnya tiba di lokasi yang dituju, Tangkahan. Uang masuk awal, kami membayar 8.000 per orang. Selanjutnya kami mencari lokasi parkir yang pas kemudian membayar sebesar 10.000 sebagai uang parkir.

Eiittss… jangan senang dulu. Karena, sebelum tiba ke lokasi, kalian harus menyebrangi jembatan gantung yang lumayan panjang kalau menurut aku ya hahaa.. Bagi yang takut ketinggian seperti aku, pasti bakal deg-deg setengah mati deh jalan di atas jembatan itu. Untuk uang penyebrangan, cukup membayar 3.000 saja per orangnya yaa.. dan kapasitas jembatan ini maksimal 6 orang saja. Untung saja kami kemarin hanya ber-5 jadi tidak ada yang menyebrang sendirian. Nih, buat teman-teman sekalian, aku kasi liat deh foto jembatan gantungnya.

Balu’s Bridge Tangkahan. (Foto: Ade Indriani)

Gimana gimana??? Serem banget kan? Hahaha.. ini pertama kalinya aku nyebrang di atas jembatan gantung kayak begini. Pengalaman yang luar biasa menyenangkan sih kalau menurut aku. Apalagi dibawahnya itu langsung aliran sungai, jadi makin deg deg serr deh haha. Lanjut selesai nyebrang jembatan gantung, kami harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke tujuan. Di sepanjang jalan banyak terdapat villa untuk tempat menginap. Tetapi pada saat itu kami memutuskan untuk pulang-pergi saja tanpa menginap.

Setelah 10 menit berjalan kaki, tibalah di tempat yang ditunggu-tunggu.. The Real Hidden Paradise!!!

Tangkahan (Foto: KSMTour.com)

Sungguh pemandangan yang menyegarkan mata. Airnya dingin sekali dan udara di sini sangat sejuk. Juga, airnya berwarna hijau tosca. Begitu sampai di tempat tujuan, kaki ini sudah tidak tahan untuk langsung nyebur ke airnya. Setelah berganti pakaian, langsung deh nyebur ke air hahaha.. Ohiya, teman aku bilang bahwa disini juga ada air panasnya loh yang tempatnya itu berada dibelakang batu besar.

Karena penasaran, kami pun memutuskan untuk berjalan menuju air panas tersebut. Menyebrangi arus air yang cukup deras dan dalam banget… Ternyata air panas tersebut diapit lagi oleh dua tebing. Jadi tempatnya tidak luas, sempit sekali. Hanya beberapa orang saja yang bisa masuk dan berdiri disana. Selain air panas, ada juga air terjun mini yang lebih mirip ke air pancur sih kalau menurut aku hehe.. lokasinya juga tidak begitu jauh dari tempat kami menetap. Cukup jalan sekitar lima menit saja dan akan sampai ke tempat tujuan.

Tangkahan (Foto: Ade Indriani)

Berdiri dibalik air terjun tersebut asik banget loh ternyata.. apalagi duduk dibawah air yang jatuh itu, asik banget! Berasa dipijat jadinya hehe… Karena kemarin pengunjung tidak terlalu banyak yang berkunjung, alhasil kami bebas berlama-lama di sini. Rasanya jadi seperti punya kolam pribadi… di tambah dengan suara-suara burung, dan beberapa ekor kupu-kupu yang datang menghampiri. Asik deh!

Setelah cukup lama berada disini, kami pun memutuskan pulang. Sebelum pergi, jangan lupa membawa sampah kita sendiri yaa.. buang pada tempatnya! Kita datang ke tempat wisata, dan tempat itu bersih, maka dari itu ketika kita kembali juga harus bersih. Jangan sampai meninggalkan sampah ya.. Jaga selalu lingkungan mu!

Setelah berbenah, kami pun jalan menuju parkiran. Tidak lupa, harus menyebrang jembatan gantung itu (lagi). Tapi kali ini deg-deg nya sudah lumayan stabil tidak seperti yang awal tadi haha.. rasanya senang deh bisa menikmati keindahan alam yang ada ini. Suara alam yang tidak bisa kita dapatkan apabila hidup di kota. Bakalan rindu banget sama tempat ini. Semoga bisa kembali lagi ke sini. Setelah sampai, kami pamit kepada penjaga parkiran dan memulai perjalanan menuju Medan, kembali ke rutinitas yang ada.

Tangkahan, salah satu tempat favorit aku. Salah satu pengalaman yang paling berkesan bisa berkunjung kesini. Banyak tempat lain yang sudah aku kunjungi, tetapi Tangkahan memiliki ciri khas tersendiri dari yang lainnya.. Baiklah, mungkin cuma itu saja yang bisa aku bagikan kepada teman-teman sekalian. Semoga kalian suka yaa… dan jangan lupa pesan aku tadi, jaga selalu lingkunganmu dimanapun kamu berada…

See you guys, Jaga kesehatan selalu ya!! Jangan lupa pakai masker, cuci tangan, dan patuhi protokol kesehatan ya!!

 

Nama Penulis: Ade Indriani

Instagram: www.instagram.com/adeindriani_/

Facebook: Ade Indriani

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×