Loading...

taman nasional way kambas

Ilustrasi Foto: Pixabay

Siapa yang nggak tau Taman Nasional Way Kambas? Taman Nasional Way Kambas melindungi hewan Gajah Sumatera yang kini terancam punah. Kawasan tersebut merupakan area yang dilindungi oleh pemerintah yang dikelilingi oleh hamparan padang rumput, hutan rawa, hutan pantai, dan juga semak belukar. 

Luas Taman Nasional Way Kambas sendiri yaitu sekitar 125 ribu hektar yang menampung kurang lebih 300 ekor gajah. Nantinya, gajah-gajah tersebut akan disebarkan ke seluruh kebun binatang yang ada di Indonesia.

Selain menjadi kawasan yang dilindungi, rumah untuk Gajah Sumatera ini bisa juga dikunjungi oleh wisatawan lho! Nah, kalau kamu tertarik dan berencana akan berkunjung ke sana, simak dulu beberapa fakta unik dari Taman Nasional Way Kambas ini. Check this out!

Didirikan oleh Belanda pada tahun 1937

taman nasional way kambas

Ilustrasi Foto: Pixabay

Taman Nasional Way Kambas terletak di Provinsi Lampung tepatnya di Lampung Timur. Tapi kamu tau nggak, ternyata taman nasional ini merupakan taman nasional tertua yang ada di Indonesia.

Tempat ini didirikan oleh Belanda pada tahun 1937 untuk melindungi hewan-hewan yang dilindungi dan terancam punah seperti Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Badak Sumatera, dan masih banyak lagi.

Memiliki rumah sakit khusus untuk hewan

taman nasional way kambas

Ilustrasi Foto: Pixabay

Pelestarian gajah di Taman Nasional Way Kambas bertujuan untuk menjadi rumah bagi hewan-hewan yang hampir punah dengan dikembangbiakkan untuk mencegah hal tersebut.

Salah satunya yaitu dengan adanya rumah sakit khusus hewan yang digunakan bagi hewan-hewan yang sakit di sana. Ternyata, rumah sakit di Taman Nasional Way Kambas ini juga termasuk rumah sakit hewan terbesar se-Asia tenggara, lho! Keren banget bukan?

Bisa dikunjungi oleh wisatawan

taman nasional way kambas

Ilustrasi Foto: Pixabay

Untuk kamu yang ingin melihat penangkaran Gajah Sumatera dan hewan-hewan lainnya secara langsung, kamu nggak perlu khawatir. Kamu bisa mengunjungi hewan-hewan tersebut untuk destinasi selanjutnya.

Selain bisa bertemu dengan hewan-hewan yang lucu, kamu juga bisa wisata edukasi di sini. Apalagi kalau mengajak keluarga dan juga anak-anak, wawasan mereka pastinya akan bertambah.

Terdapat sekolah khusus gajah

taman nasional way kambas

Ilustrasi Foto: Pixabay

Taman Nasional Way Kambas terletak di Kabupaten Lampung Timur. Salah satu hal menarik yang bisa kamu dapatkan di tempat ini yaitu adanya sekolah gajah khusus untuk gajah belajar. Sekolah gajah tersebut bernama Elephant Response Unit.

Tempat ini merupakan sekolah bagi gajah-gajah liar yang diselamatkan. Mereka akan diajarkan bagaimana melatih kepekaan alat indera, mengangkat belalai yang tinggi saat ada gajah liar, menginjak dan memecahkan ranting pohon, dan tata krama seperti memberi salam. Wah, jadi nggak sabar untuk bertemu dengan gajah-gajah unik!

Rumah bagi satwa dan tumbuhan lainnya

taman nasional way kambas

Ilustrasi Foto: Pixabay

Selain Gajah Sumatera, kamu juga bisa melihat aneka satwa tumbuhan lainnya juga, lho! Di antaranya adalah bangau tongtong, buaya, babi hutan, badak, harimau, beruang madu, kucing emas, rusa kambas, kijang, dan lain-lain.

Untuk tumbuhannya sendiri yaitu meranti, merbau, rengas, dan masih banyak lagi. Sangat beraneka ragam banget, deh!

Gimana? Kamu tertarik bukan untuk mengunjungi Taman Nasional Way Kambas ini? Cocok banget untuk dimasukkan ke dalam bucket list untuk trip kamu selanjutnya.

Tentunya akses ke sana nggak perlu pakai ribet. Kamu bisa menggunakan pribadi ke alamat yang dituju. Udah gitu, harga tiketnya sangat ramah di kantong. Pas untuk kamu yang ingin liburan hemat dan menyenangkan.

Lokasi

Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia

Harga Tiket Rp5 ribu (Wisatawan Lokal)

Rp150 ribu (Wisatawan Mancanegara)

Ngomongin tentang liburan hemat, kamu juga bisa lho memesan penginapan di RedDoorz. Ada banyak penginapan di RedDoorz yang bisa kamu pilih pastinya nyaman dengan harga yang affordable. Tinggal cari penginapan yang dituju dan booking melalui aplikasi RedDoorz.

Supaya bisa memesan kapanpun dan dimanapun dengan mudah, download juga aplikasi RedDoorz di smartphone kesayanganmu!

Press Enter To Begin Your Search
×