Loading...

Sumber: www.pixabay.com

Coral Gardening liburan impian untuk membantu kelesatarian bawah laut.

Sociotravel adalah kegiatan berwisata dengan memperhatikan kebermanfaatan aktivitas travelling terhadap lingkungan masyarakat dan lingkungan alam sekitar tempat pariwisata. Sociotravel ini sangat cocok untuk di terapkan karena pariwisata yang semakin hari semakin diminati dan menjadi sektor paling berpengaruh dalam pembangunan Negara yang menimbulkan beberapa dampak yang terjadi dilapangan. Pariwisata Indonesia yang berfokus dalam pemanfaatan pariwisata natur atau alam yang membuat eksploitasi keindahan alam semakin merajalela baik oleh pemerintah atau suasta.

Sumber: www.yourney.id

Dari permasalahan pariwisata diatas banyak bermunculan organisasi atau komunitas pecinta alam yang menggaet pelaku wisata dan menyebarkan kesadaran dalam hal menjaga keselamatan lingkungan alam dalam sector pariwisata untuk senantiasa memperhatikan beberapa aspek kepariwisataan, baik itu Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan), 3R ( Reduce, Reuse, Recicle ), dan yang lainnya. Hingga saat ini sudah banyak pariwisata yang bertemakan EcoGreen  sehingga aktivitas wisatawan dalam berwisata bukan hanya menghabiskan waktunya untuk berwisata semata tetapi ikut andil dalam penyelamatan dan kelestarian lingkungan hidup, baik berupa wawasan lingkungan, keselamatan lingkungan, pelestarian alam, dan yang lainnya.

Sumber: www.kumparan.com

Impian saya yaitu berwisata ke Pulau Tidung Kepulauan Seribu untuk ikut merasakan yang namanya Coral Gardening. Coral Gardening yitu aktifitas berwisata berupa penanaman terumbu karang di daerah laut yang mulai menunjukan terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh aktifitas manusia saat menyelam. Tahapan Coral Gardening sendiri dilakukan dimulai dari pembuatan media tanam yang memanfaatkan barang bekas berupa paralon yang sudah tidak terpakai, kemasan mie instant cup sebagai citakan untuk tatakan dasar semen, kawat, dan juga semen, setelah media tanam selesai dibuat dan dirakit maka wisatawan dapat memilih calon bibit terumbu karang yang mereka minati sebagai “anak asuh” nya. Terumbu karang yang telah terpasang dengan media tanam akan diberi lebel sesuai nama wisatawan, kemudian terumbu karang itu akan ditanam oleh wisatawan di bawah laut kedalaman 2-4 meter sesuai instruksi yang diberikan oleh pemandu Coral Gardening. Dari aktifitas tersebut dalam jangka waktu satu tahun, dua tahun atau beberapa tahun yang akan datang apabila wisatawan tersebut berwisata lagi ke pulau Tidung Kepulauan seribu dapat melihat pertumbuhan “anak asuh” nya, sehingga dari kegiatan berwisata itu akan mendapatakan kepuasan wisatawan itu sendiri, wisatawan ikut menjaga kelestarian bawah laut, menambah penghasilan warga setempat yang menyediakan paket Coral Gardening.

Sumber: www.kompasiana.com

Impian saya berwisata ke Pulau Seribu dengan aktifitas Coral Gardening semoga dapat menjadi inspirasi bagi kaum milenial yang ingin berwisata sehingga mereka juga tergerak hatinya untuk senantiasa menjaga kelestarian lingkungan saat berwisata. Cara saya dalam menyebarkan informasi ini yaitu dengan meposting setiap kegiatan Coral Gardening yang saya lakukan di setiap media sosial yang saya punya sehingga dengan demikian informasi akan tersampaikan dengan cepat dan semoga setiap orang yang melihat dapat tertarik untuk berwisata dengan aktifitas yang dapat membantu pelestarian lingkungan hidup.   

Selain daripada itu kegiatan berwisata yang memperhatikan lingkungan juga bisa menjadi media edukasi bagi masyarakat terutama anak-anak yang berwisata sehingga tertanamlah rasa mencintai terhadap lingkungan alam dan akan senantiasa menjaganya disetiap kesempatan, bukan hanya pada saaat berwisata saja. Itulah liburan impian saya yang semoga diwaktu yang akan datang dapat terlaksana sesuai apa yang saya harapkan. Menjadi seorang pemuda itu bukan beban, maka nikmatilah setiap waktu dimasa mudamu untuk senantiasa berbahagia dan dapat menyebar kebaikan bagi orang banyak.

 

Nama Penulis: Dian Wardiana

Instagram: www.instagram.com/Ianwardiana/

Twitter: www.twitter.com/Dianwardiana

Facebook: Dian wardiana

Press Enter To Begin Your Search
×