Loading...

Source: instagram.com/salmakhans

Lelah dengan hiruk pikuk kota Jakarta, pada liburan semester perkuliahan ini saya memutuskan untuk berlibur ke kota Malang. Well, technically saya tidak hanya berkeliling di sekitar kota malang saja tetapi ke Kota Wisata Batu dan Malang Selatan. Butuh waktu sekitar 8 jam perjalanan dari Jakarta ke Malang menggunakan kereta api. Saya pergi ke kota malang tidak hanya sendirian, tetapi juga bersama sahabat saya. Tujuan awalnya kami ke malang yaitu untuk mengunjungi sahabat kami yang sedang berkuliah di Malang dan sekalian jalan-jalan juga karena kami belum pernah ke kota Malang sebelumnya, sambil menyelam minum air gitu hehe.

DAY - 1

Destinasi pertama kami setelah sampai di kota Malang adalah ke kebun binatang. Yap, kebun binatang. Tibalah kami di Batu Secret Zoo yang berada di Jatim Park II. Sesuai namanya, kebun binatang ini berada di kota Batu, butuh sekitar 2 jam perjalanan dari malang kota dengan kendaraan pribadi. Tempatnya sangat bagus dan bersih, cocok untuk liburan bersama keluarga dan juga recomended buat kalian yang membawa anak-anak. Untuk harga tiket masuk Rp. 100.000 per-orang, kalian sudah bisa  berjalan-jalan mengitari kawasan wisata kebun binatang ini. Kita bisa melihat binatang dari dekat dan bisa memberi makan secara langsung beberapa binatang di sana, seperti burung dan harimau. Fakta menarik dari Batu Secret Zoo ini yaitu terdapat beberapa zona yang terbagi sesuai jenisnya seperti Safari Farm yang berisi hewan-hewan  ternak, zona Aquarium yang berisi berbagai jenis ikan baik air tawar maupun air laut, dan ada juga zona savanah yang berisi hewan yang berasal dari Benua Afrika.

Setelah puas berkeliling Batu Secret Zoo, setelah pintu exit terdapat juga museum satwa. Museum ini satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba dari berbagai Benua seperti di dalam film Night At the Museum tapi yang berbeda, satwa dan fosil disini tidak bisa hidup dan bergerak seperti di film yaa hehehe. 

Setelah puas berkeliling kebun binatang, lanjut ke destinasi selanjutnya yaitu Alun-Alun Batu yang terletak tidak begitu jauh dari Batu Secret Zoo. Apel besar yang berada di depan alun-alun menjadi ikon wisata kota batu, di alun-alun terdapat wahana bermain seperti bianglala yang tiket masuknya bikin shock karena cuma dengan Rp 5.000,- kamu bisa naik bianglala di alun-alun ini. Kalau ke alun-alun rasanya tidak lengkap jika tidak wisata kuliner di sekitar alun-alun. Banyak tempat makan yang sangat populer di sekitar sini, seperti Pos Ketan Legenda dan juga sempol ayam yang dijual pedagang yang berada di sekitaran alun-alun kota Batu.

Day - 2

Setelah cukup beristirahat dan menikmati Alun-Alun Batu, kami melanjutkan perjalanan kami ke Paralayang Batu. Butuh satu jam perjalanan dari Alun-Alun Batu untuk sampai ke paralayang. Tujuan kami ke paralayang batu adalah tidak lain dan tidak bukan untuk menikmati sunrise dari atas kota batu, bukan untuk naik paralayang karena kami takut ketinggian hehe. Pada saat malam hari, berada di paralayang batu ini adalah pilihan yang tepat karena kalian bisa menikmati pemandangan lampu warna-warni yang menyala baik dari kota Batu ataupun Malang. Disini juga berjejer kedai yang menyediakan makanan dan minuman, jadi tidak usah takut perut keroncongan selagi menunggu sunrise. Cukup dengan tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per-orang, kalian sudah bisa menikmati pemandangan yang keren banget dari atas sini. 

Source: instagram.com/salmakhans

 

Selain menikmati pemandangan pegunungan dari Paralayang Batu, disana juga menyediakan fasilitas kegiatan yang memicu adrenalin kalian. Bagi kalian yang tidak takut dengan ketinggian, wajib sekali untuk mencoba menaiki paralayang dengan biaya Rp 400.000, kalian bisa menikmati keindahan alam dengan ditemani instruktur yang disediakan. Kegiatan ini sangat bergantung pada cuaca dan angin, tidak setiap saat kalian bisa terbang, jadi pastikan reservasi terlebih dahulu ya sebelum kalian ingin mencoba paralayang.

Day - 3

Destinasi terakhir yang wajib banget dikunjungi yaitu pantai tiga warna yang terletak di malang selatan. Jaraknya sekitar 150 km dari pusat kota malang. Dinamakan pantai tiga warna karena pantai tersebut literally airnya terbagi tiga warna yang disebabkan oleh kedalaman air lautnya. Sebelum mengunjungi pantai tiga warna, kalian diharuskan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena pantai tersebut hanya dibatasi 100 pengunjung per hari. 

Source: instagram.com/salmakhans

Ketika kalian memasuki pintu masuk menuju pantai tersebut, kalian diharuskan menunjukkan semua barang bawaan yang nantinya akan berpotensi menjadi sampah. Barang yang kalian bawa akan didata oleh petugas di pantai tersebut, agar kalian tidak meninggalkan sampah di kawasan pantai. Kalian akan dipandu oleh guide untuk menyusuri pantai tiga warna dan pantai-pantai disekitar pantai tiga warna. Karena airnya yang jernih, kalian bisa menikmati keindahan dasar pantai yang tentunya menjadi spot yang bagus untuk snorkeling, cukup dengan Rp. 15.000 kalian sudah bisa menyewa peralatan snorkeling seperti kaca mata, alat bantu pernapasan dan baju pelampung. Bagi kalian yang ingin berkemah di kawasan pantai juga bisa banget, kebanyakkan pengunjung berkemah di pantai yang berada di sekitar pantai tiga warna ini, yaitu pantai gatra dan pantai clungup. Setelah puas berjelajah di pantai tiga warna, saya bisa menyimpulkan kalau Indonesia itu keren banget ya dan masih banyak tempat wisata yang tidak kalah kerennya dari Kota Malang ini. Semoga suatu hari nanti bisa berkeliling Indonesia. Have a nice trip guys!

Penulis: Salma Khansa Khairunnisa

Instagram: @salmakhans

Twitter: @salmakhanss

Facebook: Salma Khansa

Press Enter To Begin Your Search
×