Loading...

Foto: unsplash.com

Rentan bertransmisi di kerumunan, pemerintah mengambil berbagai kebijakan yang mencegah masyarakat berkumpul. Kebijakan ini tentu berimbas pada tempat-tempat wisata, tak terkecuali tempat wisata Bandung, yang turut terkena himbauan pemerintah agar menghentikan segala aktivitas wisata sementara waktu. Walau sebagian besar wisata Bandung udah bisa kamu datangi, ternyata tempat-tempat wisata ini belum membuka atraksi mereka untuk publik. Punya plan ke Bandung dalam waktu dekat? Coba cek dulu apakah daftar tempat wisata yang hendak kamu sambangi masuk ke dalam daftar wisata yang masih tutup atau udah buka!

1. Dusun Bambu

Foto: instagram.com/dusun_bambu

Dusun bambu merupakan wisata Bandung pertama yang masih belum beroperasi sejak bulan Maret lalu. Selain sebagai upaya menanggulangi penyebaran Covid-19, alasan mengapa Dusun Bambu belum menerima kunjungan wisatawan hingga waktu yang belum ditentukan juga berkaitan dengan proses penggarapan ulang konsep wisata bertemakan lingkungan satu ini yang masih terus berjalan. Sebelum ditutup sementara, Dusun Bambu menjadi salah satu wisata Bandung yang selalu dipadati pengunjung.

Beralamatkan di Jalan Kolonel Mastutri KM.11, Kartawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Dusun Bambu menawarkan aneka jenis hiburan yang perlahan terkikis terutama di kota-kota besar, seperti menanam buah stroberi, bermain bersama kelinci-kelinci lucu, belajar membuat alat musik dari bambu, dan masih banyak lagi. Sudah unggul karena pemandangannya sungguh memanjakan mata, Dusun Bambu tetap menyediakan wahana khusus buat kamu yang tertarik berfoto-foto ria di spot selfie unik bernama Insta Forest. Insta Forest termasuk wahana paling baru yang ada di Dusun Bambu lho! Siapa yang penasaran untuk mencoba?

2. Museum Geologi Bandung

Foto: instagram.com/geomuzee

Siapa yang nggak mengenal teori Big Bang? Teori ini kerap disebut di tengah-tengah topik seputar pembentukan alam semesta. Kalau kamu gemar mengulik lebih dalam soal teori Big Bang dan pembahasan ilmu bumi lainnya, Museum Geologi Bandung adalah wisata Bandung yang tepat dikunjungi. Sayangnya, hingga saat ini, pihak pengelola Museum Geologi Bandung belum kunjung mengumumkan kapan museum akan kembali dibuka. Akan tetapi, nggak ada salahnya mencari tahu tentang museum ini terlebih dahulu bukan?

Seperti yang RedDoorz sempat bocorkan sebelumnya, Museum Geologi Bandung berisi segala informasi terkait perkembangan kehidupan Planet Bumi dari zaman pra-sejarah! Kamu bakal dibuat takjub melihat deretan koleksi artefak manusia purba dan fosil dinosaurus. Nggak cuma itu, Museum Geologi Bandung juga akan menjelaskan bagaimana kondisi alam di Indonesia yang dikelilingi oleh gunung berapi dan dampaknya terhadap ketersediaan sumber daya alam serta mineral. Supaya informasi bisa lebih mudah diserap, Museum Geologi Bandung juga menyediakan fasilitas auditorium yang bisa dimanfaatkan untuk pemutaran film. Menarik, kan?

3. NuArt Sculpture Park

Foto: instagram.com/nuartpark

Para pencinta seni tampaknya harus banyak-banyak bersabar nih. Sebab NuArt Sculpture Park yang terletak di Jalan Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat masih menutup pintu sampai waktu yang belum dapat dipastikan. Sesuai namanya yang menyelipkan kata “sculpture” atau dalam Bahasa Indonesia berarti patung, NuArt Sculpture Park memang menyimpan daya tarik tersendiri lewat kreasi seni pahat. Hasil karya yang berdiri di area seluas lebih dari 200m2 ini tercipta dari tangan sang penggagas, yaitu Nyoman Nuarta, dan seniman-seniman berusia muda, sejalan dengan misi para kurator NuArt Sculpture Park untuk mewadahi kecintaan mereka terhadap seni.

Sebelum ditutup sementara, berbagai pementasan, pemutaran film, pameran seni seringkali digelar di destinasi wisata Bandung satu ini. Usai puas membedah karya seni, kamu dapat menghabiskan waktu di Laxmi Resto atau ngemil sore-sore di kafe Copper and Brass. Kedua tempat makan ini terletak di NuArt Sculpture Park. Jadi, kamu nggak usah capek-capek mencari tempat makan yang enak sekaligus aesthetic. Sambil menunggu NuArt Sculpture Park beroperasi lagi, kamu dapat memanfaatkan layanan pesan antar untuk mencicipi hidangan lezat NuArt Sculpture Park lho!

4. Wisata Selfie “Rabit Town”

Foto: instagram.com/rabittown.bdg

Kemanapun travelers bepergian, spot selfie pasti selalu dicari. Nggak heran kalau Kota Bandung sebagai salah satu kota tujuan favorit para turis nggak mau ketinggalan memiliki wisata selfie. Wisata Selfie “Rabit Town” udah menjadi buah bibir masyarakat semenjak pertama kali diresmikan, karena mengusung konsep yang bright dan cheerful. Buat kamu yang belum pernah merasakan hunting foto di Wisata Selfie “Rabit Town” sekali, di masa pandemi Covid-19 ini kamu cuma bisa berkunjung pada akhir pekan.

Yup, berbeda dengan wisata Bandung sebelumnya yang tutup total, Wisata Selfie “Rabit Town” cuma tutup pada hari Senin-Kamis. Sedangkan hari Jumat-Minggu, Wisata Selfie “Rabit Town” menjalankan protokol kesehatan ketat, seperti mengenakan masker selama berwisata, demi menjaga keselamatan para pengunjung. Jam operasinya pun dibatasi, yakni pukul 09.00-17.00 WIB. Tak sampai disitu, pengunjung juga disarankan untuk memesan tiket secara daring melalui situs resmi mereka. Hal ini dilakukan untuk mengurangi adanya kontak langsung dengan staf.

Biasa memikat hati wisatawan, keempat wisata Bandung di atas rupanya masih menerapkan penutupan penuh maupun parsial. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir ya agar kamu dapat merealisasikan rencana eksplorasi wisata Bandung dalam situasi yang aman!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×