Loading...

wisata ancol

Ilustrasi foto: Pixabay

Apakah kamu sudah punya rencana mau jalan-jalan kemana weekend kali ini? Jika belum, gimana kalau traveling ke tempat yang dekat aja, misalnya ke kawasan wisata Ancol. Lokasinya yang relatif dekat dan mudah dijangkau menjadi salah satu keunggulan yang membuat Ancol layak dipilih jadi tempat liburan di akhir pekan. Selain nggak memakan waktu perjalanan yang panjang, berwisata ke Ancol juga akan lebih menghemat budget liburan kamu, lho. Ada banyak wisata yang bisa kamu nikmati sekaligus saat berkunjung ke Ancol. 

Rekreasi Akhir Pekan di Kawasan Wisata Ancol

Kawasan Wisata Ancol pastinya sudah nggak asing lagi buat kamu. Tempat wisata unggulan warga Jakarta ini memang selalu menarik buat dikunjungi. Bukan hanya untuk anak-anak, Ancol juga menghadirkan destinasi wisata yang cocok buat orang dewasa. Bisa dibilang wisata Ancol adalah tempat yang sempurna bagi semua orang. Cari tau yuk, ada tempat wisata apa aja sih di Ancol?

1. Dunia Fantasi

wisata ancol

Foto: Instagram @infodufan

Ini dia primadona wisata Ancol, Dunia Fantasi! Biasanya orang-orang lebih akrab menyebutnya Dufan. Dunia Fantasi merupakan salah satu taman bermain tertua di Indonesia, lho. Beroperasi sejak tahun 1985, Dufan masih menjadi tujuan utama wisatawan saat ke Ancol. Ada puluhan wahana seru di sini yang dibagi menjadi tiga jenis, yaitu water ride, family ride, dan thrill ride. 

Water Ride adalah arena bermain bermain air. Ada beberapa wahana air yang asik seperti Ice Age Arctic Adventure, Niagara Gara, dan Arung Jeram. Karena kemungkinan kamu akan basah-bahasan, jangan lupa sediakan pakaian ganti sebelum mencoba wahana water ride ya, RedTraveler!

Buat yang datang bersama keluarga, arena family ride mungkin lebih cocok buat kamu datangi. Kamu bisa mencoba mengunjungi Hello Kitty Adventure, Treasure Land Temple of Fire, Istana Boneka, Bianglala, Fantasy Light Magic of Dufan, dan masih banyak yang lainnya. 

Sedangkan kalau kamu mencari wahana permainan yang bisa memacu adrenalin, thrill ride adalah jawabannya. Di sini kamu bisa nyobain naik Halilintar, Tornado, Hysteria, dan juga Kora-Kora yang dijamin bikin jantungmu berdegup kencang.

2. Faunaland

wisata ancol

Foto: Instagram @faunalandofficial

Kalau kamu menyukai keindahan satwa, kamu harus datang ke Faunaland. Tempat ini semacam kebun binatang mini yang menampung aneka satwa. Kamu bisa melihat beragam hewan yang pastinya jarang kamu temui sehari-hari. Mayoritas satwa di sini termasuk hewan yang dilindungi karena jumlahnya yang semakin langka. Di sini kamu juga bisa menikmati pertunjukan burung yang seru banget. Bird Show biasanya berlangsung setiap pukul 11 siang. Semua orang bisa duduk di tempat yang telah disediakan kemudian burung-burung akan terbang bebas mengelilinginya. Wah, asik banget kan!

3. Ocean Dream Samudra

wisata ancol

Foto: Instagram @oceandreamsamudra

Ocean Dream Samudra dikenal juga dengan sebutan Gelanggang Samudra. Tempat ini sudah ada dari tahun 1974, lho. Ocean Dream Samudra dibuat agar masyarakat Jakarta bisa lebih mengenal tentang potensi laut Indonesia. Makanya, tempat ini cocok banget buat wisata edukasi bersama keluarga. 

Di sini kamu bisa melihat atraksi dari salah satu hewan paling cerdas di dunia yaitu lumba-lumba. Mereka akan berenang  dan melompat mengikuti instruksi dari instrukturnya. Tingkah dari para lumba-lumba ini dijamin bikin kamu kagum sekaligus gemas. Selain atraksi lumba-lumba, di Ocean Dream Samudra juga ada wahana seru lainnya seperti Cinema 4D, Balloon Race, Boto-Boto, Taman Surga Burung, dan Scorpion Pirates. 

4. SeaWorld Ancol

wisata ancol

Foto: Instagram @seaworld.ancol

SeaWorld merupakan salah satu wisata edukasi lainnya yang ada di Ancol. Ada aneka ragam hewan laut yang bisa kamu lihat dari akuarium raksasa ini. SeaWorld Ancol memiliki 7.300 biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan dan 1 jenis reptil. Ada juga 11.500 biota air laut yang terdiri dari 139 jenis ikan avertebrata dan 3 jenis reptil. Banyak banget kan, RedTraveler!

Semua biota itu bisa kamu lihat dari akuarium super besar di SeaWorld. Selain itu ada juga kegiatan seru yang bisa kamu lakukan seperti Touch Pool, yaitu berinteraksi langsung dengan hewan laut yang bersahabat dengan manusia. Atau kamu juga bisa melihat pertunjukan yang menakjubkan dari kawanan ubur-ubur di Jelly Fish Exhibit.  Untuk melihat kekayaan biota laut di SeaWorld Ancol, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp85 ribu untuk weekdays dan Rp105 ribu untuk weekend.

5. Alive Museum & Alive Star

wisata ancol

Foto: Instagram @alivemuseum_ancol

Kalau wisata yang satu ini cocok banget buat si jagoan selfie. Namanya Alive Museum & Alive Star. Tempat wisata yang satu ini bisa dibilang cukup baru dibandingkan tempat wisata di Ancol lainnya. Alive Museum & Alive Star sebenarnya sudah ada di beberapa negara seperti di China, Turki, dan Thailand. Indonesia terhitung negara ke 18 yang memiliki Alive Museum & Alive Star. Jadi kalau kamu cari wisata kelas dunia di Jakarta, Alive Museum & Alive Star bisa jadi pilihannya. 

Berbeda dari museum biasanya yang menampilkan instalasi sejarah, di sini kamu justru disuguhkan wall art yang keren abis. Wall art di sini berupa gambar ilusi 3 dimensi yang membuatnya seolah-olah nyata. Ada beberapa zona yang bisa kamu coba yaitu zona fantasi, jalan gelap, horor, ekstrim, sirkus, dan travel. Menarik bukan? Makanya tempat ini nggak boleh dilewatkan bagi para pecinta foto. 

Liburan kan nggak harus pergi jauh, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Ada banyak wisata Ancol yang sudah menanti kamu dan pastinya sudah menerapkan protokol kesehatan. Biar rasa liburannya lebih terasa meskipun cuma di dalam kota aja, jangan lupa sekalian staycation. PIlih hotel di Ancol yang punya pemandangan laut mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Biar nggak repot, cari aja hotelnya di RedDoorz. Cek aplikasi RedDoorz dan temukan promo menarik buat liburan kamu. 

Press Enter To Begin Your Search
×